Salin Artikel

Perempuan Manggarai Timur, NTT Rayakan Hari Kartini di Pantai Lia Mbala

BORONG, KOMPAS.com - Biasanya, kaum perempuan di Kabupaten Manggarai Timur, NTT memperingati Hari Kartini di ruang kelas dengan acara-acara seremonial.

Anak-anak sekolah dari tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi maupun kelompok perempuan memperingati Hari Kartini dengan mementaskan tari-tarian, membaca puisi, dan perlombaan lainnya.

Kali ini, peringatan yang sangat berbeda dilakukan Unit Pelaksana Teknis Daerah Dinas Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Timur di Kabupaten Manggarai Timur. Hari Kartini dirayakan di pantai Lia Mbala, Kelurahan Kota Ndora, Kecamatan Borong.

Sejumlah kaum perempuan yang bekerja di dinas itu mengenakan Deng kain songke, dipadukan baju kebaya, berwisata di Pantai Mbala. Mereka mengikuti lomba Hari Kartini dari Dinas Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Timur.

UPTD Dinas Kehutanan di Kabupaten Manggarai Timur pun mendapatkan apresiasi dari Dinas Kehutanan Provinsi NTT atas kreasi dan inovasi dari Manggarai Timur.

Hal ini dijelaskan Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Kehutanan NTT di Kabupaten Manggarai Timur Doni Nggaro kepada Kompas.com, Jumat, (22/4/2022) melalui sambungan telepon.

Awalnya, pihaknya memilih tempat lomba foto di kawasan hutan. Namun, cuaca hujan di Manggarai Timur membuat mereka beralih ke pantai Lia Mbala sambil berwisata dan memperkenalkan pantai itu kepada publik.

Nggaro menjelaskan, ia juga memperkenalkan dan mempromosikan kain songke Manggarai Timur.

Sebab, kain songke identik dengan kaum perempuan yang selalu Deng atau memakai kain songke dalam berbagai acara adat, upacara kenegaraan, upacara adat, bahkan tari-tarian di Manggarai Timur yang dilakukan kaum perempuan selalu memakai kain songke.

Keunikan Pantai Lia Mbala

Adapun, Pantai Lia Mbala adalah salah satu tempat wisata yang ada di Kabupaten Manggarai Timur.

Selain suara desiran ombak air laut dari Pantai Selatan dengan kawasan Laut Sawu, keunikan pantai ini adalah adanya kolam-kolam kecil yang berada di celah-celah batu.

Di kolam itu, wisatawan bisa merendam untuk mandi sambil merasakan empasan ombak. Ada juga gua alam yang luas di pinggir pantai dan pasir putih untuk berjemur.

Saat sore hari yang cerah, wisatawan bisa menyaksikan indahnya sunset. Tampak pula dari Pantai Lia Mbata, Pulau Mules di Kabupaten Manggarai.

Biasanya, para pengantin baru di Manggarai Timur memilih panorama alam untuk prewedding di Pantai Lia Mbala. Hal ini diakui wisatawan Lokal Ambrosius Adir dan Krispinus Lois Gonzales kepada Kompas.com, Jumat, (22/4/2022).

"Setiap akhir pekan, saya bersama keluarga biasa berwisata di pantai Lia Mbala untuk menikmati alam yang sangat eksotis di bagian selatan dari Manggarai Timur," jelasnya.

Sebelum pandemi Covid-19, Pantai Lia Mbala menjadi salah spot wisata turis asing dan lokal. Hanya saja, belum ada kamar mandi dan toilet.

https://travel.kompas.com/read/2022/04/22/221000027/perempuan-manggarai-timur-ntt-rayakan-hari-kartini-di-pantai-lia-mbala

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.