Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Banyak Wisatawan Tenggelam di Air Terjun Cunca Wulang, Dinas Pariwisata Mesti Siap Alat Renang

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Ketua DPRD Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) Martinus Mitar menyoroti banyaknya wisatawan yang tenggelam di spot wisata air terjun Cunca Wulang, Desa Cunca Wulang, Kecamatan Mbeling.

Menurutnya, persoalan tersebut harus menjadi bahan evaluasi bersama Dinas Pariwisata dan juga pemerintah desa.

Dinas Pariwisata, lanjut dia, harus menyiapkan fasilitas yang memadai untuk menghindari terjadinya kecelakaan saat wisatawan berenang di kolam air terjun Cunca Wulang.

"Selama ini kan sudah beberapa nayawa melayang di tempat itu. Semuanya terjadi di kolam saat berenang. Itu dikarenakan tidak ada fasilitas renang yang mesti digunakan setiap pengunjung saat berenang," kata Martinus kepada Kompas.com, Jumat (22/4/2022).

Dia juga meminta agar Dinas Pariwisata dan Pemdes agar bersinergi mengelola tempat itu. Mulai dari protap pengelolaannya.

Adapun, sistem itu meliputi pelayanan tamunya seperti apa hingga fasilitas apa yang diberikan saat wisatawan hendak berkunjung.

"Ini penting. Karena sudah ke sekian kali wisatawan tenggelam yang mengakibatkan wisatawan meninggal," ujarnya.

Ia menyebutkan bahwa dari aspek penganggaran, DPRD pasti mendukung program pemerintah yang bertujuan untuk menjamin keselamatan wisatawan yang berkunjung ke wisata itu.

https://travel.kompas.com/read/2022/04/23/150300327/banyak-wisatawan-tenggelam-di-air-terjun-cunca-wulang-dinas-pariwisata-mesti

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke