Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Syarat Wisata ke Taman Nasional Komodo NTT, Wajib Punya Surat Sehat

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Balai Taman Nasional Komodo (BTNK), Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), mewajibkan semua calon wisatawan yang hendak berkunjung untuk menunjukkan surat sehat dari fasilitas kesehatan.

Kepala Balai Taman Nasional Komodo, Lukita Awang, mengatakan, aturan itu diberlakukan karena dalam tiga tahun terakhir (2019-2022), frekuensi kecelakaan saat beraktivitas di dalam kawasan Taman Nasional Komodo tercatat mencapai enam kejadian.

Hal itu, lanjut dia, utamanya disebabkan oleh kelelahan dan serangan jantung saat wisatawan melakukan trekking atau snorkeling di dalam kawasan.

  • Viral Video Wisatawan Sulut Petasan di TN Komodo, Menparekraf Beri Tanggapan
  • Pesona Pulau Kalong di TN Komodo, Habitat Ribuan Kelelawar
  • Tidak Cuma Komodo, Ini 7 Keindahan Pariwisata NTT

Ia menegaskan, agen atau biro perjalanan wisata bertanggungjawab dalam mengetahui kondisi kesehatan wisatawan selama berada di dalam kawasan Taman Nasional Komodo.

Pendamping wisatawan juga harus menguasai teknik dan membawa peralatan standar PPGD (Pertolongan Pertama Gawat Darurat).

"Wisatawan bertanggungjawab menyampaikan informasi riwayat penyakit kepada agen atau biro perjalanan wisatanya, khususnya riwayat penyakit jantung dan membahayakan lainnya. Wisatawan berkewajiban membuat surat Sehat di fasilitas kesehatan terdekat sebelum beraktivitas di dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Surat tersebut agar ditunjukkan kepada ranger yang bertugas di dalam kawasan," jelas Awang saat ditemui Kompas.com di Labuan Bajo belum lama ini.

Ia menambahkan, para wisatawan perlu tahu bahwa suhu tertinggi di wilayah ekosistem sabana di Taman Nasional Komodo dapat mencapai 55 derajat celsius (Harlow, et al., 2010).

Maka, wisatawan diimbau untuk beraktivitas hanya pada jam kunjungan yang telah ditentukan.

  • Protokol Penanganan Wisatawan Serangan Jantung di Pulau Komodo
  • Danau Rana Tonjong, Wisata Alternatif di Flores Selain Melihat Komodo
  • Pulau Komodo Disarankan Terbuka untuk Umum, Bukan Wisata Super Premium

Wisatawan juga diminta agar membawa serta topi, tabir surya (sunblock), dan air minum yang cukup saat beraktivitas di kawasan ini.

Taman Nasional Komodo, tambahnya, bukan theme park atau wahana wisata, melainkan sebuah destinasi wisata alam minat khusus. Sehingga wisatawan perlu memperhatikan dan merencanakan berbagai hal sebelum melakukan kunjungan.

"Gunakan agen atau biro perjalanan wisata terpercayamu yang dapat membuat perjalananmu disini nyaman dan aman," katanya.

https://travel.kompas.com/read/2022/04/28/071956927/syarat-wisata-ke-taman-nasional-komodo-ntt-wajib-punya-surat-sehat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke