Salin Artikel

15 Tempat Wisata Lintas Selatan Jawa, Bisa Mampir Saat Mudik Lebaran

KOMPAS.com - Lintas selatan Pulau Jawa merupakan alternatif jalur mudik lebaran 2022.

Di sepanjang jalur ini, terdapat sejumlah obyek wisata yang bisa menjadi tempat singgah pemudik untuk melepas lelah sembari berlibur.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga mengatakan pihaknya akan menyiapkan destinasi wisata sepanjang jalur tersebut. 

"Jalur lintas selatan ini dimulai dari Jakarta, menuju Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), hingga Jawa Timur," papar Sandiaga dikutip dari Kompas.com (25/04/2022). 

Kemenparekraf mempersiapkan travel plan (rencana perjalanan) untuk sejumlah kota meliputi, Garut, Tasikmalaya, Pangandaran, Cilacap, Kebumen, dan Purworejo. 

"Lanjut ke Yogyakarta, dan beberapa kabupaten seperti Pacitan, Blitar, sampai ke Malang. Lalu akhirnya bisa mencapai Lumajang, Jember, dan Banyuwangi," tambahnya.

Sementara itu, obyek wisata pada jalur lintas selatan Jawa ini didominasi oleh Pantai Selatan Jawa (Pansela). Mengutip situs Kementerian PUPR, jalur Pansela merupakan jaringan jalan yang melintas di pesisir selatan Pulau Jawa. 

Pansela menghubungkan rute yang sejajar dengan Jalur Pantura yaitu Cilegon, Anyer, Pangandaran, Yogyakarta, dan Banyuwangi.

Jalur ini sejajar dengan garis pantai selatan Jawa dimana setidaknya melewati lima provinsi yakni Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur. 

Berikut 15 destinasi wisata sepanjang jalur lintas selatan Jawa yang bisa disinggahi pemudik. 

Pemudik bisa singgah menikmati Kota Bandung di tengah perjalanan. Salah satu obyek wisata yang bisa dikunjungi di Kota Bandung adalah Gedung Sate. 

Mengutip Kompas.com (20/01/2020), Gedung Sate dibangun pada 1924, namun masih kokoh hingga saat ini. Selain kantor Gubernur Jawa Barat, Gedung Sate menyediakan ruangan museum di lantai dasar. 

Pengunjung bisa melihat berbagai macam koleksi seni seperti batu kali, batu gelas, dan baja Swedia yang digunakan untuk membangun Gedung Sate.

Ada pula permainan Augmented Reality (AR) bersama animasi orang Belanda dan para pekerja pembangun Gedung Sate. 

Sekitar Gedung Sate, tersedia banyak penginapan yang bisa dimanfaatkan pemudik untuk istirahat.

Selain itu, terdapat sejumlah destinasi wisata dekat Gedung Sate, seperti Jalan Dago, Alun-alun Kota Bandung, Trans Studio Bandung, Museum Geologi Bandung, dan lainnya. 

Ketika melintasi Tasikmalaya, pemudik bisa berwisata di Taman Wisata Karangresik yang lokasinya berada di pusat kota. 

Mengutip Kompas.com (24/10/2020), destinasi ini merupakan wisata edukasi, sejarah, dan taman hiburan. Lokasinya berada di Jalan Mohamad Hatta, Desa Sukamanah, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya. 

Fasilitas Taman Wisata Karangresik terbilang lengkap, antara lain taman bunga, farm house, wahana air, flying fox, istana tanaman hias, spot foto Instagramable, dan lainnya. 

Selain melepas penat dalam perjalanan, pemudik bisa berwisata bersama keluarga di Taman Wisata Karangresik. 

Pangandaran, Jawa Barat tersohor akan wisata pantai yang indah. Jika kamu singgah ke Pangandaran dalam perjalanan mudik, jangan lewatkan untuk mengunjungi Pantai Pangandaran. 

Mengutip Kompas.com, (17/09/2021), Pantai Pangandaran terkenal dengan keindahan pasir putih serta lingkungan yang masih asri. 

Berbagai macam aktivitas dapat dilakukan di Pantai Pangandaran seperti olahraga air, banana boat, jet ski, dan lainnya.

Saat senja, wisatawan dapat duduk-duduk santai di pinggiran pantai sembari menikmati pemandangan matahari terbenam.

Fasilitas di pantai ini tergolong lengkap, termasuk penginapan dan area kuliner.


4.Baturraden, Banyumas 

Bila kamu singgah di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah maka salah satu destinasi wisata yang tak boleh terlewatkan adalah Baturraden.

Mengutip Kompas.com (21/09/2018), wisatawan bisa menikmati udara sejuk di Kebun Raya Baturraden yang dipenuhi pepohonan tinggi nan rimbun.

Ada miniatur sejumlah landmark negara-negara di dunia, seperti Opera House Australia, Menara Miring Pisa, Colosseum Roma Italia, Taj Mahal India, Menara Eiffel Perancis, Tower Bridge Inggris, dan lainnya. 

Selain itu, wisatawan bisa mendatangi curug, kolam air hangat, arung jeram, dan lainnya.

Pantai Menganti, Kebumen kerap dijuluki Selandia Baru ala Indonesia karena memiliki panorama pantai dengan perbukitan hijau, seperti dikutip dari Kompas.com (11/12/2018). 

Lokasinya berada di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Kawasan pantai pasir di Pantai Menganti berada di sisi barat yang merupakan pantai nelayan. 

Ketika siang hari, banyak perahu nelayan yang berlabuh di tepi pantai. Tak hanya itu, pengunjung mendatangi kawasan bukit yang berada di timur-selatan Pantai Menganti. 

Bukit ini berada di Tanjung Karangbata dan sering disebut sebagai Bukit Gazebo, karena ada beberapa gazebo sederhana di lereng bukit. 

Menurut masyarakat, nama Menganti berasal dari kata “menanti”.

Konon, dulu ada panglima perang Majapahit yang menanti kekasihnya di tepi pantai namun sang kekasih tak kunjung datang. 

Selain Pantai Menganti, Kebumen memiliki jajaran pantai lain yang tak kalah indah. Meliputi, Pantai Sarumanis, Pantai Suwuk, Pantai Sumut, Pantai Petanahan, dan lainnya.

Singgah ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tentunya tak boleh dilewatkan pemudik yang ingin mencari obyek wisata menarik.

Jika kamu ingin wisata di sekitar Kota Yogyakarta, maka tidak boleh melewatkan ikon Kota Yogyakarta, yakni Jalan Malioboro. 

Apalagi, saat ini Jalan Malioboro sudah punya wajah baru. Mengutip Kompas.com (06/02/2022), kawasan Malioboro kini lebih tertata karena para pedagang tak lagi berjualan di area trotoar.

Sejak Selasa (01/02/2022), pedagang Malioboro mulai menempati lokasi baru yang disiapkan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu Teras Malioboro. 

Pemudik bisa singgah di Malioboro untuk membeli buah tangah bagi keluarga di rumah. Mulai dari batik, kerajinan tangan, bakpia khas Yogyakarta, dan lainnya.

Tak jauh dari Malioboro, kamu bisa mengunjungi Taman Sari yang merupakan sebuah taman di kompleks Keraton Yogyakarta.

Menurut buku Sekilas Bangunan Pesanggrahan Taman Sari karya Theresiana Ani Larasati yang dikutip Kompas.com, (30/08/2021), Taman Sari dapat diartikan sebagai tempat yang dibangun untuk bercengkerama dan rekreasi. 

Hal tersebut dapat dilihat dari lorong-lorong, taman bunga, dan kolam pemandian yang lebar dan tidak terlalu dalam.

Daya tarik Taman Sari terletak pada Umbul Pasiraman yang merupakan kolam pemandian bagi sultan, para istri, selir, serta putra-putri raja.

Jika waktu berkunjung di Yogyakarta cukup lama, pemudik bisa mengunjungi Candi Prambanan yang berada di Kranggan, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman.

Jaraknya sekitar 17 kilometer (km), atau 35 menit perjalanan dari Jalan Malioboro. 

Wisatawan yang datang dapat mengagumi kompleks Candi Hindu terbesar di dunia ini sudah ditetapkan sebagai sebagai Warisan Budaya Dunia (world heritage) oleh UNESCO, seperti dikutip dari Balai Pelestarian Cagar Budaya DIY. 

Candi Prambanan memiliki tiga halaman yang ditata dengan memusat atau pola konsentris. Setiap halaman dibatasi dengan pagar keliling. 

Pada halaman I atau pusat, terdapat 16 candi antara lain, tiga candi utama (Candi Brahma, Candi Siwa, Candi Wisnu), dan tiga candi wahana (Candi Garuda, Candi Nandi, Candi Angsa). 

Selanjutnya, dua candi apit (apit utara dan apit selatan), empat candi kelir, dan empat candi patok. 

Pada halaman II terdapat Candi Perwara yang berjumlah 224 dengan. Candi-candi tersebut tidak semuanya dalam kondisi utuh karena sebagian besar telah runtuh. 

Sedangkan, pada halaman III tidak ditemukan candi, hanya terdapat sebagian struktur gapura dan pagar.

Kabupaten Pacitan, Jawa Timur memiliki deretan pantai dengan pemandangan eksotis. Sebaiknya, pemudik meluangkan waktu untuk menikmati keindahan alam ini.

Salah satu pantai di Pacitan yang tersohor keindahannya adalah Pantai Klayar.

Pantai Klayar mempunyai ciri khas air laut biru, pasir putih, seruling samudera, dan Sphinx van Java, seperti dikutip dari Kompas.com (30/01/2020). 

Seruling Samudera adalah sebuah lubang atau celah batu karang yang dapat menyemburkan air laut pada waktu tertentu.

Tinggi semburan air laut dari celah batu karang itu bisa mencapai tujuh meter jika ombak besar menerjang.

Saat ombak datang, celah tersebut akan menghasilkan suara seperti seruling yang diiringi dengan semburan air, sehingga dinamai Seruling Samudera. 

Sementara itu, tepat di belakangnya berdiri formasi batuan karang yang mirip sphinx, atau makhluk mitos asal Mesir yang bertubuh singa berkepala manusia. Batuan karang itu dijuluki Sphinx van Java. 

Perpaduan laut biru, pasir putih, dan batuan karang raksasa menghasilkan panorama sunset yang luar biasa di Pantai Klayar.

Lokasinya berada di Dusun Kalak, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan.

10. Goa Gong, Pacitan 

Tak hanya pantai, Kabupaten Pacitan juga mempunyai destinasi wisata alam lainnya yang tak kalah eksotis. Salah satunya adalah Goa Gong. 

Mengutip Kompas.com, Rabu (28/04/2021), Goa Gong merupakan goa sepanjang 256 meter. Goa Gong menjadi tujuan wisata favorit karena memiliki beragam stalaktit dan stalakmit. 

Beberapa stalaktit dan stalakmit tersebut memiliki nama antara lain Selo Jengger Bumi, Selo Bantaran Angin, Selo Pakuan Bomo, dan Selo Citro Cipto Agung.

Konon, salah satu batu di dalam Goa Gong mampu mengeluarkan bunyi mirip suara alat musik gong, sehingga dinamakan Goa Gong. 

Selain dihiasi dengan stalaktit dan stalakmit, Goa Gong juga memiliki lima mata air atau sendang, yaitu ada lima yaitu Sendang Jampi Rogo, Sendang Panguripan, Sendang Relung Jiwo, Sendang Kamulyan, dan Sendang Relung Nisto. 

Meskipun goa, namun penerangan di dalam Goa Gong sangat baik. Bahkan, pengelola memasang lampu warna-warna yang menambah keindahan stalaktit di dalam Goa Gong. 

Goa Gong berada di Jalan Salam, Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Bomo.


11. Pantai Kedung Tumpang, Tulungagung

Tak hanya Pacitan, Kabupaten Tulungagung di Jawa Timur juga memiliki jajaran pantai yang indah.

Namun, jika pemudik hendak menikmati panorama pantai di Tulungagung, sebaiknya menyisihkan waktu luang. 

Salah satu pantai yang sudah familiar di kalangan wisatawan adalah Pantai Kedung Tumpang.

Daya tarik Pantai Kedung Tumpang adalah keberadaan kolam alami yang terbentuk dari batuan karang, seperti dikutip dari Kompas.com (24/07/2020). 

Air dalam kolam tersebut berwarna hijau kebiruan, dengan gradasi kuning jika dilihat dari atas tebing pada waktu-waktu tertentu.

Bentuknya yang tidak beraturan justru menambah daya tarik kolam batuan karang tersebut.

Pantai Kedung Tumpang juga dikelilingi oleh barisan batuan karang yang eksotis.

Wisatawan dapat menikmati pemandangan sunset dari balik jajaran batuan karang tersebut. Lokasinya berada di Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung.

Malang, Jawa Timur merupakan destinasi wisata favorit karena mempunyai banyak obyek wisata.

Jika pemudik singgah di Kota Malang, maka bisa berjalan-jalan santai ke Kampung Warna Warni Jodipan yang lokasinya berada di tengah kota. 

Mengutip Kompas.com (02/09/2020), Kampung Warna Warni Jodipan merupakan kampung tematik yang menawarkan banyak sekali spot Instagramable bagi pengunjung.

Sama seperti namanya, seluruh bangunan di Kampung Warna-warni Jodipan dicat dengan berbagai macam warna yang mencolok bahkan sampai ke atap rumah dan jalan di kampung tersebut. 

Apabila kamu berkunjung saat matahari sedang terik, kamu bisa berteduh sejenak di lorong payung.

Lorong payung merupakan sebuah jalan kecil yang diapit deretan rumah warna-warni serta dipenuhi payung yang menggantung. 

Hampir setiap sudut di Kampung Warna Warni Jodipan dapat menjadi spot foto Instagramable. 

Jika kamu mempunyai waktu luang, maka tak boleh melewatkan wisata ke Kota Batu.

Ada banyak destinasi wisata terkenal yang sayang untuk dilewatkan, salah satunya adalah Jawa Timur Park (Jatim Park) 1. 

Mengutip Kompas.com (30/01/2022), Jatim Park 1 mengusung konsep theme park yang menyediakan banyak wahana permainan dan hiburan

Selain wahana, Jatim Park 1 juga menyediakan wisata edukasi seperti taman fisika, taman sejarah, galeri etnik, dan lainnya. Jadi, obyek wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. 

Jatim Park 1 berdiri di atas lahan seluas 22 hektar sehingga sangat luas.

Ada beragam wahana yang bisa dinikmati bersama keluarga di Jatim Park 1, seperti Himalaya Coaster, Sky Swinger, Funtastic Swimming Pool, Gold Mining Coaster, Flying Tornado, dan lainnya. 

Jatim Park 1 berlokasi di Jalan Kartika dua Kota Wisata Batu, Kota Batu, Malang. Obyek wisata ini bisa dicapai hanya dalam 10 menit dari pusat Kota Batu. 

Selain Jatim Park 1, kamu bisa mengunjungi Jatim Park 2 dan Jatim Park atau Eco Green Park. Selain itu, ada Museum Angkut, Taman Selecta, Batu Night Spectacular (BNS), dan lainnya. 

14. Pantai Boom, Banyuwangi 

Kabupaten Banyuwangi yang berada di ujung timur Pulau Jawa ini mempunyai sejumlah destinasi wisata menarik bagi pemudik.

Jika kamu ingin menikmati obyek wisata di dekat Kota Banyuwangi, maka coba singgah di Pantai Boom. 

Mengutip Kompas.com, (14/08/2021), Pantai Boom merupakan bekas dermaga bongkar muat kapal.

Pantai ini terletak tak jauh dari pusat kota atau tepatnya di Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi.

Pantai Boom telah mengalami perombakan dengan pembangunan sarana penunjang wisata berupa jembatan berata unik dan kursi-kursi santai di pinggir pantai. 

Tak jauh dari Pantai Boom, wisatawan bisa menikmati destinasi wisata lainnya seperti Pantai Sobo, Pantai Cemara, Pantai Cemara Gading, dan Pantai Cungkingan. Selain itu, terdapat sejumlah penginapan di dekat Pantai Boom. 

Obyek wisata ini merupakan ikon Banyuwangi, yakni Taman Nasional Alas Purwo. Lokasinya berada di Kecamatan Tegaldimo, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi.

Taman nasional ini merupakan bentang alam dengan 700 jenis flora, 50 jenis mamalia, 320 jenis burung, 15 jenis amfibi, dan 48 jenis reptil.

Pengunjung dapat secara langsung mengamati kehidupan burung merak, rusa, dan banteng Jawa secara lepas di Taman Nasional Alas Purwo. 

Selain Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi juga memiliki Taman Nasional Baluran. Namun, lokasinya berada di pesisir utara Banyuwangi yang berbatasan dengan Kabupaten Situbondo

https://travel.kompas.com/read/2022/04/28/123600927/15-tempat-wisata-lintas-selatan-jawa-bisa-mampir-saat-mudiklebaran

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Batik Air Resmikan Rute Medan Kualanamu-Singapura Mulai 1 Juli 2022

Batik Air Resmikan Rute Medan Kualanamu-Singapura Mulai 1 Juli 2022

Travel Update
Candi Plaosan, Saksi Cinta Beda Agama di Desa Wisata Bugisan Jateng

Candi Plaosan, Saksi Cinta Beda Agama di Desa Wisata Bugisan Jateng

Jalan Jalan
Mahalnya Tiket Pesawat Pengaruhi Kunjungan Wisatawan ke Lombok Tengah

Mahalnya Tiket Pesawat Pengaruhi Kunjungan Wisatawan ke Lombok Tengah

Travel Update
Piala Dunia 2026 Digelar di 3 Negara dan 16 Kota, Simak Stadionnya

Piala Dunia 2026 Digelar di 3 Negara dan 16 Kota, Simak Stadionnya

Jalan Jalan
Kapan Waktu Menyampaikan Ucapan Idul Adha? Jangan Sampai Telat

Kapan Waktu Menyampaikan Ucapan Idul Adha? Jangan Sampai Telat

Travel Tips
Mengenal Rumah Paling Terpencil di Dunia di Islandia

Mengenal Rumah Paling Terpencil di Dunia di Islandia

Jalan Jalan
Jangan Bawa Barang Saat Evakuasi Darurat dari Pesawat, Ini Alasannya

Jangan Bawa Barang Saat Evakuasi Darurat dari Pesawat, Ini Alasannya

Travel Tips
Kenapa Idul Adha Disebut Lebaran Haji? Simak Penjelasannya 

Kenapa Idul Adha Disebut Lebaran Haji? Simak Penjelasannya 

Jalan Jalan
147 Desa di Sikka NTT Diimbau Prioritaskan Sektor Pariwisata

147 Desa di Sikka NTT Diimbau Prioritaskan Sektor Pariwisata

Travel Update
10 Wisata Alam Subang, Bisa Dikunjungi Saat Hari Libur

10 Wisata Alam Subang, Bisa Dikunjungi Saat Hari Libur

Jalan Jalan
Wacana Biaya Kontribusi Konservasi TN Komodo Rp 3,75 Juta, Ketahui 10 Hal Ini

Wacana Biaya Kontribusi Konservasi TN Komodo Rp 3,75 Juta, Ketahui 10 Hal Ini

Travel Update
Disneyland Shanghai Buka Lagi Setelah Tutup Sejak 21 Marer 2022

Disneyland Shanghai Buka Lagi Setelah Tutup Sejak 21 Marer 2022

Travel Update
6 Tradisi Idul Adha di Arab Saudi, Bagi Daging Kurban Lintas Negara

6 Tradisi Idul Adha di Arab Saudi, Bagi Daging Kurban Lintas Negara

Jalan Jalan
Pasca-Kecelakaan Kapal Wisata di Labuan Bajo, Nakhoda Diminta Lebih Profesional

Pasca-Kecelakaan Kapal Wisata di Labuan Bajo, Nakhoda Diminta Lebih Profesional

Travel Update
Info Shalat Idul Adha 2022 di Masjid Istiqlal, Jam Mulai sampai Tips

Info Shalat Idul Adha 2022 di Masjid Istiqlal, Jam Mulai sampai Tips

Travel Update
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.