Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wisata ke Singapura Bebas Tes Covid-19 Mulai 26 April

KOMPAS.com - Beberapa negara sudah melonggarkan aturan masuk negara mereka karena kasus pandemi Covid-19 yang semakin melandai, termasuk Singapura. Wisatawan yang akan berkunjung ke Negeri Singa tidak perlu lagi melakukan tes Covid-19 sejak Selasa (26/04/2022).

Kebijakan bebas tes Covid-19 ini berlaku bagi semua pengunjung yang sudah divaksinasi penuh (dua dosis), dan masuk melalui pintu udara atau laut.

"Dengan langkah ini, berarti wisatawan yang sudah divaksinasi lengkap dan sehat tidak memerlukan tes apapun untuk masuk ke Singapura," kata Kementerian Kesehatan Singapura (MOH), dilansir dari Channel News Asia, Kamis (28/04/2022). Secara lengkap, aturan terbaru juga dirilis melalui situs resmi kementerian pada tautan ini.

  • Mulai 1 Mei, Wisata ke Malaysia Tidak Perlu Tes Covid-19
  • Singapura Hidup Berdampingan dengan Covid-19, Pakai Masker di Ruang Terbuka Opsional

Aturan penghapusan syarat tes pra-keberangkatan ini juga berlaku untuk anak-anak berusia 12 tahun ke bawah yang belum divaksinasi lengkap.

Dengan demikian, aturan syarat masuk Singapura bagi mereka yang telah divaksinasi penuh, nyaris kembali seperti sebelum pandemi Covid-19.

Adapun kebijakan ini merupakan yang terbaru dalam rangkaian upaya yang dilakukan Pemerintah Singapura dalam beberapa pekan terakhir untuk melonggarkan pembatasan perjalanan.

Termasuk beberapa kebijakan sebelumnya seperti Vaccinated Travel Framework pada 1 April dan penghapusan persyaratan saat tes kedatangan.

Departemen Kesehatan Singapura mengatakan bahwa tidak ada perubahan persyaratan masuk untuk pelancong yang belum divaksinasi lengkap.

Pelancong berusia 13 tahun ke atas yang belum divaksinasi lengkap harus mengikuti beberapa persyaratan masuk. 

  • 5 Aktivitas Wisata Outdoor untuk Keluarga di Singapura
  • 5 Wisata Indoor Ramah Anak di Singapura, Ada Perang Laser

Di antaranya persyaratan tersebut adalah melakukan tes pra-keberangkatan dalam waktu dua hari sebelum pergi ke Singapura, menjalani aturan karantina di rumah selama tujuh hari, dan mengikuti tes PCR setelah masa karantina tujuh hari berakhir.

Syarat dan panduan masuk Singapura terbaru

Dikutip Kompas.com dari akun Instagram resmi Badan Pariwisata Singapura (@visit_singapore), berikut panduan dan syarat masuk terbaru ke Singapura per 26 April 2022.

1. Menunjukkan bukti vaksinasi yang berlaku.

2. Menunjukkan tiket penerbangan ke Singapura.

3. Mengunduh aplikasi tracing Covid-19, Trace Together, dan melengkapi profil traveler.

4. Wisatawan wajib mengisi SG Arrival Card tiga hari sebelum kedatangan sebagai syarat masuk ke Singapura di laman resmi Immigration & Checkpoints Authority (ICA) https://www.ica.gov.sg/enter-depart/entry_requirements/sg-arrival-card.

5. Traveler bisa berkunjung ke Singapura dengan aman.

https://travel.kompas.com/read/2022/04/28/150400327/wisata-ke-singapura-bebas-tes-covid-19-mulai-26-april

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke