Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Indonesia International Tourism & Creative Economy Forum 2022 Ikut Dukung G20

KOMPAS.com - Indonesia International Tourism & Creative Economy Forum (IITCEF) 2022 ikut mendukung perhelatan G20 2022, karena menjadi salah satu acara dalam rangkaian G20 Spirit. 

Untuk diketahui, G20 Spirit merupakan sebuah inisiatif swasta di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif untuk mendukung presidensi Indonesia di G20.

Adapun Indonesia menjadi presidensi atau tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 2022, mulai 1 Desember 2021 hingga 30 November 2022, dikutip dari Kompas.com, Jumat (28/1/2022).

  • Indonesia International Tourism and Creative Forum 2022, Wadah Pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
  • KTT G20, Momen Perkenalkan Produk Ekraf Labuan Bajo pada Dunia
  • Kemenparekraf Akan Gelar Acara Road to G20 di Bangka Belitung

"Kita akan menghadirkan, tidak saja wakil-wakil dari negara G20, tetapi juga G20 plus plus. Jadi akan ada negara-negara lainnya juga yang akan ikutan di dalam event ini, baik itu pameran maupun terlibat dalam diskusi-diskusi di dalam forum diskusi terbuka, maupun juga dalam aktivitas lainnya di industri kreatif," kata CEO GlobalExhibit sekaligus Founder G20 Spirit, Grace Sabandar, saat peluncuran IITCEF di Jakarta Selatan, Kamis (28/4/2022). 

Digelar pada 11-13 Agustus 2022, IITCEF 2022 merupakan wadah bagi para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif. Acara tersebut akan digelar secara hybrid di The Kasablanka Hall, Jakarta Selatan, dan daring. 

IITCEF 2022 diadakan oleh Pacific Asia Travel Association (PATA) Indonesia Chapter, Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA), TRANS EVENT, dan GlobalExhibit. 

Grace mengatakan, IITCEF 2022 lebih dari sekadar travel fair (pameran perjalanan) karena pihaknya ingin mengajak pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk bangkit bersama. 

"Bukan hanya masalah diskon-diskon tiket, bukan sekadar itu. Tapi kita juga mau memperlihatkan sisi lain dari tourism, misalnya sports tourism (wisata olahraga)," ujarnya. 

  • Sandiaga Targetkan hingga 15.000 Lapangan Kerja dari Side Events G20
  • Kemenparekraf Akan Luncurkan Side Events Parekraf di G20 2022
  • Intip 4 Pesona Obyek Wisata Indonesia yang Bisa Disambangi Sambil Ikut Kegiatan Presidensi G20

Adapun beragam sisi dari industri ekonomi kreatif akan dilibatkan, di antaranya film dan musik. 

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berharap agar dampak positif semakin terasa melalui acara ini.

"Harapan saya, melalui forum ini, dampak positif semakin terasa, kebangkitan ekonomi semakin terealisasi, peluang usaha semakin terbuka, dan lapangan kerja semakin tercipta seluas-luasnya pascapandemi," kata Sandiaga. 

https://travel.kompas.com/read/2022/04/29/165518927/indonesia-international-tourism-creative-economy-forum-2022-ikut-dukung-g20

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke