Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Wisata Yogyakarta Baru yang Bisa Dikunjungi Saat Lebaran 2022

KOMPAS.com - Momen libur Lebaran biasanya dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengunjungi tempat wisata bersama dengan keluarga. Tak heran, obyek wisata selalu ramai saat libur Lebaran. 

Jika kamu dan keluarga berada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), banyak tempat wisata yang bisa kamu sambangi. Sejumlah obyek wisata di Yogyakarta tersebut, baru beroperasi dalam beberapa tahun terakhir atau sekitar tahun 2020. 

Berikut delapan wisata Yogyakarta terbaru yang bisa dikunjungi saat Lebaran 2022:

Jika kamu dan keluarga ingin mengisi waktu libur Lebaran dengan menikmati pemandangan Kota Gudeg dari ketinggian, maka HeHa Sky View merupakan pilihan tepat. 

Dikutip dari Kompas.com, Sabtu (8/2/2020), HeHa Sky View menyediakan restoran berkonsep modern dan food stall. Food stall merupakan area kuliner dengan konsep street food, sehingga penjual menjajakan makanan dari kontainer-kontainer. 

Sementara itu, restoran terdiri dari empat lantai dengan berbagai fasilitas. 

HeHa Sky View mempunyai beberapa spot foto Instagramable bagi pengunjung, antara lain Sky Ballon, Love Box, dan Sky Glass yang merupakan spot foto ikonik di atas lantai kaca. Untuk menjajal setiap spot foto tersebut, pengunjung harus membayar tiket tambahan.

HeHa Sky View berlokasi di Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. 

Pada Hari Raya Idul Fitri 2022 HeHa Sky View tetap beroperasi. Namun, ada perubahan jam buka dan tarif tiket pada periode 2-8 Mei 2022. 

Rinciannya, pada 2 Mei 2022, jam buka mulai pukul 13.00 hingga 21.00 WIB. Sedangkan, pada 3-8 Mei 2022, jam buka mulai 08.00 hingga 21.00 WIB. 

Tarif tiket pada periode tersebut mulai dari Rp 25.000 per orang. Untuk anak usia dua tahun ke atas, tetap berlaku tiket harga penuh. 

Berlibur di Yogyakarta, tak lengkap rasanya jika belum melihat Pantai Selatan. Salah satu wisata pantai di Kota Pelajar adalah HeHa Ocean View yang menawarkan pemandangan laut selatan dari tepi tebing.

Menurut Kompas.com, Kamis (4/2/2021), keunikan HeHa Ocean View adalah area yang berundak-undak karena berada di perbukitan dan tepian tebing. Terdapat tiga area di HeHa Ocean View yang bisa dinikmati pengunjung, yakni area atas, tengah, dan bawah. 

HeHa Ocean View juga menyediakan spot foto Instagramable bagi pengunjung. Terdapat sekitar  11 spot foto di HeHa Ocean View dengan pemandangan laut selatan. 

Selain foto di spot Instagramable, wisatawan bisa duduk santai di area taman dan kolam sambil menikmati penampilan live music. Pengunjung juga bisa membeli makanan dari restoran, food stall atau konter makanan, dan angkringan.

Ada jam buka dan tarif khusus pada libur Lebaran 2022, berdasarkan informasi dari akun Instagram @hehaoceanview.

Pada 2 Mei 2022, HeHa Ocean View buka pada pukul 13.00 hingga 21.00 WIB. Sedangkan, pada 3-16 Mei 2022, obyek wisata ini buka mulai pukul 08.00-21.00 WIB.

Tarif tiket selama libur nasional mulai dari Rp 25.000 per orang. HeHa Ocean View berlokasi di Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul. 

Dari Obelix Hills, wisatawan bisa menyaksikan panorama Yogyakarta dari ketinggian. Dilansir dari situs web resminya, obyek wisata ini mengusung tagline sunset on the rock. 

Tak berlebihan, sebab pengunjung bisa menikmati pemandangan matahari terbenam (sunset) dari tebing.

Dilaporkan oleh Kompas.com, Rabu (12/5/2021), perbedaan Obelix Hills dengan tempat wisata perbukitan lainnya di Yogyakarta adalah Obelix Hills berdiri di atas perbukitan dengan batu asli.

Selain itu, tersedia 30 spot foto Instagramable bagi pengunjung yang dapat diakses dengan cuma-cuma, berdasarkan informasi dari situs web resminya. Salah satu spot foto favorit pengunjung adalah Eagle Nest. 

Spot foto ini cukup menguji adrenalin pengunung, karena menawarkan sensasi berada di atas jaring tali dari ketinggian

Berdasarkan informasi dari akun Instagram @obelixhills, obyek wisata ini buka pada pukul 10.00-21.00 WIB pada Senin-Jumat. Sedangkan, pada akhir pekan serta libur nasional buka pukul 07.00-21.00 WIB. 

Harga tiket pada Senin hingga Kamis mulai dari Rp 15.000 per orang. Sedangkan, pada akhir pekan dan libur nasional, harga tiket masuknya mulai dari Rp 20.000 per orang.

Pengunjung dapat membeli tiket secara daring di situs Obelix Hills dan aplikasi Explore Jogja. Lokasi Obelix Hills berada di Wukirharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. 

Mahaloka Paradise merupakan sebuah restoran yang menghadirkan suasana alam. Para tamu yang berkunjung akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan sawah dan perbukitan Menoreh. 

Mahaloka Paradise berada di Pronosutan View. Hamparan persawahan ini terletak di Dusun Pronosutan, Desa Kembang, Kecamatan Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. 

Berdasarkan informasi dari Kompas.com, Sabtu (21/11/2020), para wisatawan yang datang ke Pronosutan View dapat melakukan berbagai aktivitas. Mulai dari berfoto, bersepeda, hingga wisata kuliner. 

Spot foto favorit adalah jalan beton yang membelah hamparan sawah. Penduduk sekitar juga menyediakan sepeda sewaan bagi pengunjung yang ingin berfoto. 

Menurut akun Instagram @mahaloka_paradise, tiket masuk pada Senin-Kamis mulai dari Rp 15.000 per orang. Sedangkan, tarif masuk pada Jumat-Minggu serta libur nasional mulai dari Rp 20.000 per orang. 

Dengan membayar tiket tersebut, pengunjung sudah mendapatkan jajanan pasar, air minum dalam kemasan, dan akses ke spot foto. 

Tempat 2isata kuliner ini buka setiap hari dari pukul 10.00 hingga 21.00 WIB. Menu yang disajikan di Mahaloka Paradise merupakan kuliner khas Nusantara, antara lain nasi kuning, nasi ayam, nasi cumi, sop ayam, dan aneka rice bowl.

Geblek Menoreh View mengusung konsep yang serupa dengan Mahaloka Paradise, yaitu restoran yang menghadirkan panorama alam. 

Bedanya, kuliner di Geblek Menoreh View merupakan menu angkringan khas Yogyakarta, seperti dikutip dari Kompas.com, Sabtu (26/12/2020). 

Beberapa menu yang tersedia di Geblek Menoreh View, antara lai, nasi kucing, geblek, bakwan, sate ati, sate usus, sate telur puyuh, tempe mendoan, dan pisang goreng. 

Sembari menyantap sajian khas Yogyakarta, pengunjung tentunya bisa berfoto dengan latar belakang panorama sawah dan perbukitan Menoreh. Wisatawan juga bisa menyewa sepeda yang disediakan oleh warga sekitar. 

Berdasarkan informasi dari akun Instagram, @geblekmenorehview angkringan ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 19.00 WIB. 

Namun, saat ini tengah tutup  dan akan kembali buka pada tanggal 3 Mei 2022, mulai pukul 07.00 hingga 19.00 WIB. Jadi, kamu dan keluarga bisa mengunjungi Geblek Menoreh View saat libur Lebaran nanti. 

Sekilas, South Shore tampak seperti kafe yang berada di Santorini, Yunani. Namun, siapa sangka kafe Instagramable ini berada di Gunungkidul, Yogyakarta. 

Dilansir dari Kompas.com, Rabu (16/9/2020), South Shore mengusung konsep pool bar & cafe. Para pengunjung bisa menikmati sajian makanan dan minuman dari balkon yang menghadap langsung ke Pantai Selatan.

Selain itu, pengunjung bisa berenang di infinity pool South Shore, dengan panorama laut selatan. 

South Shore mempunyai beberapa spot Instagramable, antara lain anak tangga yang membelah bebatuan karang dan dikelilingi pepohonan. 

Kemudian, area makan dan kolam renang yang berhadapan langsung dengan pemandangan pantai selatan. Wisatawan bisa menyaksikan pemandangan Pantai Krakal hingga Indrayanti dari lokasi kafe ini. 

Berdasarkan informasi dari akun Instagram @southshore.yk pada libur Lebaran, kafe ini tetap buka. Adapun tarif berkunjung pada periode 3-8 Mei 2022 terdiri dari tiga sesi. 

Pertama, sesi pagi mulai pukul 08.00-11.00 seharga mulai dari Rp 100.000 per orang. Paket ini termasuk tiket masuk dan vocer makanan dan minuman senilai Rp 70.000. 

Kedua, sesi siang mulai pukul 12.00-15.00 seharga mulai dari Rp 100.000 per orang. Paket ini termasuk tiket masuk dan vocer makanan dan minuman senilai Rp 70.000. 

Ketiga, sesi sore mulai pukul 16.00-19.00 seharga mulai dari Rp 150.000 per orang. Paket ini termasuk tiket masuk dan vocer makanan dan minuman senilai Rp 100.000.

Setiap pengunjung wajib melalukan reservasi terlebih dahulu melalui https://southshore.id/reservation/. 

Suwatu By Mil & Bay merupakan restoran yang menyajikan pemandangan Candi Prambanan, Candi Sojiwan, Candi Sewu, Gunung Merapi, Gunung Lawu, Gunung Sumbing, dan Bukit Menoreh. 

Dilaporkan oleh Kompas.com, Jumat (27/11/2020), keunikan lainnya adalah desain restoran yang mengusung konsep Bali lengkap dengan atribut dan pernak-pernik khas Pulau Dewata. 

Restoran ini menyajikan aneka kuliner lokal. Menariknya, 95 persen bahan-bahan baku restoran didapatkan langsung dari masyarakat setempat serta diolah oleh koki lokal, berdasarkan informasi dari situs web resminya.

Restoran Suwatu By Mil & Bay menawarkan paket makan siang pada pukul 11.00-14.00 WIB, serta makan malam pada 16.00-20.00 WIB. Restoran hanya buka pada Selasa hingga Minggu.  

Setiap pengunjung wajib melakukan reservasi melalui nomor yang tertera pada akun Instagram @suwatu.by.milandbay. 

Selain restoran, Suwatu By Mil & Bay juga menyediakan fasilitas vila, tak jauh dari restoran. Vila ini mempunyai kolam renang, tiga kamar tidur, tiga kamar mandi, area parkir, dapur, ruang makan, WiFi, AC, dan pemanas air. Kapasitas vila mampu menampung hingga enam orang.

Lokasi Suwatu By Mil & Bay berada di Sumberwatu, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. 

Tumpeng Menoreh merupakan tempat wisata baru yang terletak di perbukitan Menoreh. Lokasinya berada di Jalan Kebun Teh Nglinggo, Plono Timur, Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. 

Sesuai namanya, restoran ini memiliki bangunan berbentuk heksagonal seperti tumpeng, dikutip dari Kompas.com, Jumat (6/2/2022)

Tempat wisata kuliner yang baru dibuka pada Mei 2021 ini dibangun oleh musisi Erix Soekamti, bersama pemuda setempat yang dinamakan komunitas Gelangprojo. 

Tumpeng Menoreh menawarkan pemandangan alam di sekitar restoran. Saat pagi hari, para tamu bisa melihat panorama matahari terbit atau sunrise. 

Pada siang hari, pengunjung bisa menyantap hidangan sambil menikmati pemandangan Bukit Menoreh dan tiga gunung di Jawa, yaitu Gunung Merapi, Merbabu, dan Sindoro-Sumbing. 

Saat matahari terbenam, Tumpeng Menoreh menyalakan lampu yang berwarna-warni. Selain itu, wisatawan bisa menikmati panorama kota Yogyakarta dan sekitarnya pada malam hari. 

Tiket masuk ke Tumpeng Menoreh mulai dari Rp 50.000 per orang. Nantinya, pengunjung mendapatkan voucer makan Rp 25.000 yang dapat ditukarkan dengan aneka menu di Tumpeng Menoreh. 

https://travel.kompas.com/read/2022/04/29/181505427/8-wisata-yogyakarta-baru-yang-bisa-dikunjungi-saat-lebaran-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke