Salin Artikel

12 Wisata Batu yang Pas Dikunjungi Saat Lebaran 2022 

KOMPAS.com - Wisatawan biasanya memadati berbagai obyek wisata saat libur Lebaran. Tak terkecuali, destinasi wisata di  Kota Batu di Malang, Jawa Timur.

Tak hanya memiliki udara segar khas dataran tinggi, Kota Batu juga mempunyai banyak destinasi wisata. Selain itu, mayoritas wisata di Kota Batu dapat dinikmati dari berbagai kalangan tua hingga muda, sehingga cocok untuk liburan bersama keluarga. 

Berikut 12 wisata di Batu yang pas dikunjungi saat Lebaran 2022:

1. Museum Angkut 

Selain wisata saat Lebaran, Museum Angkut bisa menjadi pilihan keluarga untuk wisata edukasi.

Mengutip Kompas.com (31/2/2022), berbagai jenis mobil klasik dipamerkan di musem yang luasnya hampir empat hektar ini.

Museum ini juga memamerkan beragam mobil bersejarah, misalnya kendaraan yang dipergunakan presiden pertama RI, Soekarno.

Museum Angkut juga memajang Presidential Helicopter yang merupakan helikopter kepresidenan.

Kamu dan keluarga juga bisa berfoto di spot-spot Instagramable untuk mengabadikan momen Lebaran. Mulai dari Pasar Apung Nusantara, Buckingham Palace, Gangster Town, F1 Simulator, China Town, dan Flight Simulator. 

2. Jatim Park 1

Tak lengkap rasanya mengunjungi Kota Batu tanpa mampir ke Jawa Timur Park (Jatim Park). Tempat wisata ini terdiri dari Jatim Park 1, 2, dan 3. 

Jatim Park 1 mengusung konsep theme park yang menyediakan banyak wahana permainan dan hiburan. Jadi, libur Lebaran kamu dan keluarga makin seru dengan menikmati berbagai wahana di Jatim Park 1. 

Ada beragam wahana yang bisa dinikmati bersama keluarga di Jatim Park 1, seperti Himalaya Coaster, Sky Swinger, Funtastic Swimming Pool, Gold Mining Coaster, Flying Tornado, dan lainnya. 

Selain wahana, Jatim Park 1 juga menyediakan wisata edukasi seperti taman fisika, taman sejarah, dan galeri etnik. 

3. Jatim Park 2

Jika Jatim Park 1 menyediakan banyak wahan permainan, maka Jatim Park 2 lebih mengusung tema edukasi. Wisata ini memiliki tiga wisata utama, yakni Batu Secret Zoo, Museum Satwa, dan Eco Green Park. 

Batu Secret Zoo merupakan kebun binatang dengan fasilitas lengkap. Wisatawan tak hanya melihat ragam koleksi binatang, namun juga bisa menikmati wahana lainnya seperti River Adventure, Tiger Land, Safari Farm, Baby Zoo, waterpark, dan savana. 

Berdiri di lahan seluas 14 hektar, pengunjung dapat melihat dari dekat berbagai satwa dari hutan tropis Asia, padang gurun Afrika, hingga dasar Samudera Pasifik. 


4. Eco Green Park 

Eco Green Park masih berada di kawasan Jatim Park 2. Konsepnya hampir serupa dengan Batu Secret Zoo.

Selain wisata saat Lebaran, Eco Green Park bisa menjadi pilihan untuk wisata edukasi bersama keluarga. Beragam burung langka dan dilindungi dapat dijumpai di Eco Green Park.

Mulai burung elang, kakaktua, lady amherst pheasant, golden pheasant, flamingo, hingga scarlet ibis, semua ada. Pengunjung juga bisa merasakan sensasi petualangan alam liar di Jungle Adventure. 

5. Taman Selecta

Taman Selecta merupakan kebun bunga yang berada di Kota Batu. Bunga di Taman Selecta terdiri dari berbagai macam warna dan jenis, serta ditata dengan rapi, sehingga tampak apik. 

Kebun bunga tersebut menjadi spot Instagramable untuk foto bersama sanak keluarga atau teman-teman. 

Selain taman bunga, pilihan wisata Malang ini dilengkapi dengan fasilitas kolam renang, sky bike, dan perahu ayun. 

6. Batu Night Spectacular (BNS) 

BNS mengangkat konsep pasar malam modern. Obyek wisata ini menyajikan beragam wahana dan atraksi yang bisa dinikmati berbagai kalangan umur. 

Jadi, libur Lebaran kamu akan semakin berkesan dengan keseruan menikmati berbagai wahana di BNS. Sebut saja, perang laser, rumah hantu, roller coaster, dan film 4D.

Pengunjung juga bisa mengabadikan momen dengan berfoto di balon udara, replikasi menara Eiffel, dan kereta Cinderella di taman lampion. 


7. Kusuma Agro Wisata

Kusuma Agro Wisata menjadi pilihan wisata jika kamu dan keluarga ingin menghabiskan libur Lebaran dengan mencicipi apel khas Kota Malang.

Wisatawan bisa merasakan sensasi memetik apel sekaligus berlibur bersama keluarga. Pengunjung bisa memetik apel langsung dari perkebunan.

Selain apel, pengunjung juga bisa memetik buah stroberi, jambu dan jeruk. Kusuma Agro Wisata juga menyediakan waterpark dan lokasi khusus bagi yang ingin berfoto, yakni De Tjangkul.

8. Batu Flower Garden

Sesuai namanya, obyek wisata ini menyajikan keindahan taman bunga. Mengutip Kompas.com (22/1/2017), Batu Flower Garden berada di Lereng Gunung Panderman pada ketinggian 1.000 sampai 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Sesuai dengan namanya, Batu Flower Garden menghadirkan berbagai jenis bunga. Wisatawan dapat berfoto pada berbagai spot Instagramable dengan latar belakangan pemandangan eksotis. 

Salah satu spot favorit ada;ah ayunan yang dipenuhi dengan karangan bunga. Tepat di belakang ayunan itu terdapat air terjun Coban Putri yang masih asri. 

9. Paralayang, Gunung Banyak

Obyek wisata ini merupakan landasan pacu (take off) paralayang di Gunung Banyak, Kota Batu. Wisatawan dapat menikmati pemandangan Kota Batu dari ketinggian Gunung Banyak.

Dilansir dari Kompas.com, Minggu (28/4/2019), wisatawan dapat menguji adrenalin dengan menaiki paralayang ditemani instruktur.

Jangan lupa untuk meminta bantuan instruktur mengabadikan momen selagi melayang di ketinggian. Wisatawan yang tidak menaiki paralayang dapat menikmati pemandangan dari atas Gunung Banyak. 

Selain itu, wisatawan juga dapat mengunjungi Omah Kayu Paralayang. Mengutip Kompas.com, Kamis (5/11/2021), Omah Kayu merupakan rumah pohon yang berada di Gunung Banyak di sekitar landasan pacu. 

Lokasi Omah Kayu dikelilingi dengan hutan pinus sehingga udaranya sejuk. Jadi, lokasi ini sangat tepat dikunjungi ketika libur Lebaran sembari melepas penat. 


10. Taman Langit

Masih berada di kawasan Gunung Banyak, Taman Langit menawarkan beragam spot foto Instagramable. Jadi, kamu dan keluarga bisa mengabadikan momen libur Lebaran dengan panorama indah. 

Kompas.com (13/6/2021) memberitakan, konsep dari Taman Langit ini adalah menggambarkan tujuh Cahaya Cakra Manusia atau bidadari. Oleh karenanya, tempat wisata ini dihiasi dengan dua patung perempuan bersayap sebagai penggambaran bidadari. 

Selain patung bidadari, terdapat tiga patung lainnya yakni, Angsa Wahana Brama, Garuda Wahana Wisnu, dan Singa Wahana Shiwa. 

11. Alun-alun Wisata Kota Batu 

Jika kamu dan keluarga ingin liburan sederhana di Kota Batu, maka bisa mendatangi Alun-alun Wisata Kota Batu. Ada sejumlah wahana di Alun-alun Kota Wisata Batu, seperti bianglala. 

Jika tak ingin naik wahana, kamu bisa wisata kuliner. Kuliner yang tidak boleh dilewatkan di Alun-alun Kota Wisata Batu adalah ketan aneka toping dari Pos Ketan Legenda. 

Pos Ketan Legenda merupakan salah satu kuliner ikonik di Batu, Malang yang sudah berdiri sejak 1967. 

Mengutip Kompas.com, (4/9/2018), Pos Ketan Legenda buka dari pukul 10.00 WIB hingga 02.00 WIB. Jadi, kuliner ini cocok menjadi pemberhentian terakhir kegiatan liburan sehari di Malang.

Makanan ketan disajikan dnegan aneka toping seperti durian, bubuk kacang kedelai, parutan kelapa, dan gula jawa cair.

12. Batu Love Garden

Batu Love Garden atau yang disingkat Baloga ini menawarkan  beragam jenis bunga, buah, dan sayuran seperti dikutip dari Kompas.com (28/12/2020). 

Saat cuaca cerah, wisatawan dapat melihat panorama Gunung Arjuno. Tempat wisata ini mempunyai ruangan indoor dan outdoor. 

Untuk wahana indoor, bunga yang disajikan adalah replika. Sedangkan wahana outdoor dipenuhi tanaman bunga dalam beragam bentuk. 

Terdapat sekitar 600 jenis bunga di Batu Love Garden. Sekitar 30 persen dari bunga tersebut berasal dari luar negeri, seperti jenis bunga petunia yang didatangkan dari Amerika Serikat.

Batu Love Garden yang merupakan bagian dari Jawa Timur Park Group ini berada di Jalan Raya Pandanrejo Nomor 91, Kota Batu. 

https://travel.kompas.com/read/2022/04/30/121200827/12-wisata-batu-yang-pas-dikunjungi-saat-lebaran-2022-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.