Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lebaran 2022, Pelaku Pariwisata di Kota Batu Optimistis Jumlah Kunjungan Naik

BATU, KOMPAS.com - Peningkatan pengunjung di tempat wisata di Kota Batu, Jawa Timur, mulai terlihat pada Sabtu (30/4/2022) siang.

Salah satunya terpantau di Taman Rekreasi Selecta. Direktur Utama Taman Rekreasi Selecta, Sujud Hariadi, mengatakan, pada beberapa hari lalu dalam sehari rata-rata tempat wisata tersebut dikunjungi sekitar 250 wisatawan.

Dia optimistis dan memprediksi bahwa hari Sabtu ini dapat tembus sekitar 500 pengunjung.

  • 12 Wisata Batu yang Pas Dikunjungi Saat Lebaran 2022 
  • Mudik Lebaran 2022, Pemesanan Kamar Hotel di Kota Batu Naik 30 Persen

"Sudah ada peningkatan kalau dibandingkan momen liburan sebelumnya, tapi sampai siang ini belum ada ribuan, belum ada 500 (orang), tapi kita optimis sampai sore nanti bisa tembus sampai segitu, kemarin sehari 250 (orang)," kata Sujud saat dihubungi via telepon, Sabtu.

Dia memperkirakan, puncak keramaian pengunjung akan mulai terjadi pada dua hari setelah Lebaran 2022. Sujud berharap, setiap harinya nanti dapat dikunjungi sekitar 5.000 orang.

"Estimasi kami di hari plus dua (H+2) ada peningkatan lebih, harapan kami setiap hari bisa sampai 5.000 (orang), kalau bisa lebih dari itu ya Alhamdulillah, harapan kami bisa sampai H plus 14 (H+14)," katanya.

Namun, ia juga masih pesimistis karena menurutnya antusiasme pengunjung yang datang diperkirakan juga masih belum maksimal. Dia menilai para pemudik lebih memprioritaskan untuk menghabiskan waktu berkumpul bersama keluarga besar di kampung halaman.

"Tetapi untuk wisata nomor dua, harapan kami mereka yang berkumpul dengan keluarganya bisa berwisata bareng-bareng," katanya.

Lebih lanjut, untuk harga tiket masuk setiap pengunjung dikenakan tarif Rp 40.000. Dengan harga tersebut, wisatawan dapat berenang di kolam renang dengan air yang jernih dan bisa melihat pemandangan taman bunga.

"Untuk syarat masuk, pengunjung harus sudah tervaksinasi Covid-19 hingga dosis kedua, tetapi kalau wisatawan misal masih dosis pertama di tempat rekreasi kami menyediakan gerai vaksin yang bekerjasama dengan instansi terkait," katanya.

Kemudian, perlu diketahui bahwa tempat wisata hanya diperbolehkan menerima kunjungan sebesar 75 persen dari kapasitas normal. Hal itu dikarenakan Kota Batu menyesuaikan dengan aturan PPKM (Peraturan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang berlaku di Level 2.

"Selecta kapasitas maksimal 10.000 (orang), sekarang yang diperbolehkan karena berada Level 2 yakni 75 persen atau 7.500 pengunjung, kalau lebih dari itu kita tolak," ujarnya. 

Sementara itu, Marketing & PR Jawa Timur Park Group, Titik S Ariyanto optimistis bahwa kunjungan wisatawan akan meningkat pada hari-hari setelah lebaran. Saat ini, tingkat kunjungan setiap park yang ada hanya berkisar 30 persen dari kapasitas normal.

"Ya masih sedikit dibandingkan dengan high season masih jauh, paling sekitar 30 persen, biasanya h plus mulai ada peningkatan," ujar Titik.

  • 10 Vila di Batu dengan Private Pool Instagramable, Pas buat Keluarga
  • Itinerary Wisata Sehari Kota Batu, Paralayang dan Makan Ketan Ikonik

Dia berharap nantinya, setelah Lebaran, tingkat kunjungan bisa mencapai 90 persen. Menurutnya, tempat wisata Jatim Park Group yang masih menjadi favorit, di antaranya Jatim Park 1, Jatim Park 2 dan Jatim Park 3.

"Kemudian Milenial Glow Garden karena masih baru dibuka sebelum pandemi jadi orang masih banyak datang ke sana, Baloga (Batu Love Garden) harapan saya cukup banyak peminatnya karena wisatanya beda, bagus dan itu baru juga," katanya.

Beberapa tempat wisata di Jatim Park Group juga dilakukan pembenahan untuk menyambut pengunjung yang datang. Tujuannya untuk memberikan suasana baru kepada wisatawan.

Titi melanjutkan, salah satunya Museum Angkut di zona Pasar Apung dari konsep Nusantara menjadi sembilan negara.

"Yang awalnya itu Nusantara ada zona Kalimantan, Lombok, Jawa, Madura sekarang dirombak menjadi Zona Indonesia, Cina, Korea, Jepang, Thailand, Middle East (Timur Tengah), dan lainnya biar ada suasana baru, UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) juga masih ada kita berdayakan," katanya.

https://travel.kompas.com/read/2022/04/30/200300527/lebaran-2022-pelaku-pariwisata-di-kota-batu-optimistis-jumlah-kunjungan-naik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke