Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menparekraf Akan Kenalkan Minyak Atsiri ke Delegasi G20 di Solo

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno akan memperkenalkan minyak atsiri kepada delegasi dari negara-negara anggota G20, khususnya yang hadir di Side Event International Wellness Tourism Conference & Festival (IWTCF) di Solo, Jawa Tengah.

Berdasarkan situs web resmi Side Events G20, IWTCF akan diselenggarakan pada 5 - 7 Agustus 2022 di hotel Alila Solo.

Minyak atsiri atau minyak esensial adalah ekstrak minyak harum yang didapat dari hasil penyulingan tanaman, bunga, akar, kayu, atau biji buah,  dilansir dari Kompas.com, Selasa (12/6/2018).

  • Rumah Atsiri, Peninggalan Bung Karno yang Tak Banyak Diketahui
  • 4 Tempat Wisata Herbal di Tawangmangu, Ada Rumah Atsiri
  • Serunya Bereksperimen dengan Minyak Esensial di Rumah Atsiri

Salah satu manfaat minyak tersebut adalah untuk relaksasi atau menenangkan pikiran.

“Dahulu di tahun sebelum kemerdekaan, minyak atsiri Indonesia ini sudah dikenal di Eropa. Kesempatan kita nanti untuk me-relaunch atau me-launching kembali (meluncurkan kembali) supaya kita bisa mengambil pasar ekspor produk berbasis kesehatan,” ujar Sandiaga, dikutip dari keterangan resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sabtu (30/4/2022).

Dalam IWTCF bertema A Sustainability Strategy for The World Tourism Recovery and Growth Through Wellness Tourism For All (strategi keberlanjutan untuk pertumbuhan dan pemulihan pariwisata dunia melalui wisata kebugaran bagi semua) itu, pihaknya berencana untuk mempromosikan destinasi dan produk wisata wellness di Indonesia. 

Adapun wellness tourism atau wisata kebugaran merupakan liburan yang menitikberatkan tujuan memelihara, mengelola, dan meningkatkan kesehatan serta kondisi tubuh secara keseluruhan, sebagaimana dilaporkan oleh Kompas.com, Selasa (7/12/2021).

  • Kembangkan Wellness Tourism, Yuk Kenali Rekomendasi Wisata Sehat di Korea
  • Wisata Kebugaran Berbasis Rempah, Apa Itu?
  • Wisata Kebugaran dan Wisata Kesehatan, Apa Bedanya?

"Kami akan mendeklarasikan pengembangan pariwisata wellness di Indonesia, memamerkan, dan mempromosikan destinasi dan produk wellness tourism Indonesia, serta membangun jaringan dan kolaborasi," tuturnya.

Ia juga berencana menampilkan produk ekonomi kreatif Indonesia yang telah lolos kurasi dalam acara side event tersebut.

Sebagai informasi, Indonesia menjadi presidensi atau tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, yang berlangsung mulai 1 Desember 2021 hingga 30 November 2022, menurut Kompas.com, Jumat (28/1/2022).

https://travel.kompas.com/read/2022/05/01/081600727/menparekraf-akan-kenalkan-minyak-atsiri-ke-delegasi-g20-di-solo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke