Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lebaran di Jakarta Bisa Nonton Lenong dan Rebana Gratis, Ini Lokasinya

KOMPAS.com - Masyarakat yang merayakan Idul Fitri 1443 H di DKI Jakarta dapat menikmati sejumlah pertunjukan seni. Menariknya, pertunjukkan tersebut bisa disaksikan secara gratis alias tidak dipungut biaya. 

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Helma Dahlia mengatakan bahwa pertunjukan seni tersebut digelar di beberapa ruang publik Ibu Kota.

“Untuk dapat menikmati atraksi ruang publik tidak membayar tiket atau gratis,” ujarnya kepada Kompas.com, Minggu (1/5/2022). 

Berdasarkan dokumen Lebaran di Jakarta dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, terdapat lima pertunjukan seni selama libur Lebaran 2022. 

Meliputi, musik rebana dan tari Betawi, pertunjukan musik tradisional, dan kesenian lenong. Kelima pertunjukkan seni tersebut digelar di sejumlah lokasi, antara lain Jakarta International Stadium, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan Tebet Eco Park.  

Adapun pertunjukan di Jakarta International Stadium sudah diadakan pada Minggu (1/5/2022).

Khusus pertunjukkan seni di TMII, Helma menuturkan, masyarakat hanya perlu membayar tiket masuk. Selebihnya, tidak dipungut biaya untuk menonton pertunjukan seni.   

“Hanya saja untuk lokasi yang berada di anjungan TMII perlu membayar tiket masuk TMII,” imbuhnya. 

Berikut jadwal empat pertunjukan seni dan lokasinya sebagaimana dikutip dari dokumen Lebaran di Jakarta dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta. 

1. Musik rebana dan tari Betawi 

Pertunjukkan seni khas Betawi ini akan digelar pada Sabtu (7/5/2022). Lokasinya bertempat di Anjungan Provinsi DKI Jakarta, TMII, Jakarta Timur.

Jadwal pertunjukan seni tersebut adalah 10.00 WIB-12.00 WIB.

2. Pertunjukan musik 

Atraksi seni ini akan menampilkan pertunjukkan musik dari Bale Keroncong. Rencananya, pertunjukkan seni itu akan digelar pada Sabtu (7/5/2022) dan Minggu (8/5/2022) pada pukul 15.00 WIB-18.00 WIB. 

Lokasinya bertempat di Tebet Eco Park, Jakarta Selatan. 

3. Gambang Kromong 

Pertunjukan alat musik tradisional ini dijadwalkan berlangsung pada Minggu (8/5/2022) pada pukul 10.00 WIB-12.00 WIB. Lokasinya bertempat di anjungan Provinsi DKI Jakarta, TMII, Jakarta Timur.

4. Kesenian Lenong 

Kesenian Lenong rencananya akan digelar pada Minggu (8/5/2022) pukul 13.00 WIB-15.00 WIB. Lokasinya bertempat di Anjungan Provinsi DKI Jakarta, TMII, Jakarta Timur.

Masyarakat bisa datang langsung ke lokasi pertunjukkan seni tanpa melakukan reservasi lebih dulu. Namun, Helma mengimbau warga untuk mempersiapkan aplikasi PeduliLindungi. 

“Tidak perlu reservasi. Sebagai informasi semua lokasi yang dipergunakan atraksi ruang publik saat libur Lebaran sudah dilengkapi dengan aplikasi PeduliLindungi,” terangnya. 

Sementara itu, jumlah pengunjung dibatasi sebesar 75 persen dari total kapasitas ruang publik. Hal ini sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2022 Tentang PPKM Level 3, Level 2, dan Level 1. 

Aturan tersebut menyatakan bahwa fasilitas umum, area publik, taman umum, tempat wisata umum dan area publik lainnya diizinkan buka dengan kapasitas maksimal 75 persen.

Helma juga mengimbau masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan ketat. 

“Meskipun obyek wisata di Jakarta sudah dibuka, penerapan protokol kesehatan tetap menjadi prioritas dan harus selalu diterapkan demi kenyamanan dan keamanan wisatawan, serta pengelola destinasi wisata,” katanya.

  • Jangan Kecele, Museum Nasional Tutup Saat Tanggal Merah Lebaran
  • 7 Spot Foto Instagramable di Tebet Eco Park, Ada Jembatan Estetik

Khusus untuk pertunjukkan seni di TMII, ada sejumlah syarat  yang wajib dilakukan oleh pengunjung sebagai berikut:

1. Sudah melakukan vaksinasi Covid-19 minimal dosis pertama.

2. Wajib melakukan check-in dan check-out melalui aplikasi PeduliLindungi di gerbang masuk dan gerbang keluar.

3. Pengunjung boleh masuk jika indikator di aplikasi PeduliLindungi berwarna hijau atau kuning. 

4. Sedangkan, bagi Pengunjung yang indikatornya berwarna merah atau hitam, tidak diperkenankan masuk

5. Tiket bisa dibeli secara langsung atau dipesan online melalui situs web www.tamanmini.com.

6. Anak usia 6 - 12 tahun bisa masuk ke TMII dengan pendamping yang sudah divaksinasi.

7. Wajib memakai masker dan mematuhi protokol kesehatan selama berada di area TMII.

8. Pengunjung wajib masuk di pintu 3 dan keluar di pintu 2, sedangkan pintu 4 hanya dibuka pada Sabtu dan Minggu. Sementara itu, pintu 1 ditutup karena revitalisasi TMII.

9. Mematuhi jam operasional TMII yakni pukul 06.00 WIB - 18.00 WIB.

https://travel.kompas.com/read/2022/05/02/055834127/lebaran-di-jakarta-bisa-nonton-lenong-dan-rebana-gratis-ini-lokasinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke