Salin Artikel

4 Tips Libur Lebaran ke Kebun Raya Bogor, Beli Tiket Online

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebun Raya Bogor menjadi salah satu destinasi wisata favorit yang banyak dituju saat libur lebaran.

Untuk tahun ini, pengunjung yang datang tak hanya bisa menikmati pemandangan hijau yang menenangkan tetapi juga bisa mampir ke bazar bertajuk Taman Hari Raya.

Acara ini berlangsung mulai 2 Mei sampai dengan 8 Mei mendatang.

Acara tersebut menghadirkan beragam hiburan tambahan seperti bazar kuliner, lelang tanaman hias, live music, pertunjukan seni dan budaya, serta pembukaan area taman bermain anak (kids playground).

Jika kamu berencana mampir pada momen libur lebaran kali ini, berikut sejumlah tips berkunjung ke Kebun Raya Bogor dari Corporate Communication Kebun Raya Bogor, Muhammad Djohari:

1. Beli tiket secara online

Pembelian tiket masuk Kebun Raya Bogor bisa dilakukan secara langsung (on the spot) maupun secara online.

Namun, Muhammad Djohari tetap mengimbau calon pengunjung agar membeli tiket Kebun Raya Bogor secara online lewat situs kebunraya.id. Ini dilakukan guna menghindari antrean panjang, khususnya selama periode libur lebaran.

"Tiket bisa dibeli offline maupun online, namun disarankan untuk beli online saja karena banyaknya jumlah oengunjung menyebabkan antrian cukup panjang," terangnya kepada Kompas.com, Selasa (03/05/2022).

Di samping itu, ada berbagai kemudahan untuk pembayaran tiket yang dibeli secara online, seperti pembayaran dengan aplikasi uang elektronik, ATM, hingga kartu kredit.

Pengunjung di Kebun Raya Bogor terbagi atas tiga kategori waktu, yaitu pagi, siang, dan malam.

Djohari mengatakan, pengunjung yang datang di pagi hari bisa melakukan aktivitas berolahraga ringan, seperti lari pagi atau naik sepeda.

"Pengunjung diperbolehkan membawa sepeda ke dalam, nanti ada tiket khusus. Kalau mau sewa sepeda juga bisa, harga mulai dari Rp 25.000," ucapnya.

Selanjutnya, bagi pengunjung yang datang di siang hari, bisa sambil membawa tikar untuk makan siang lesehan sambil menikmati panorama alam yang asri.

Sedangkan untuk yang datang di sore hari bisa membawa kamera untuk berburu foto matahari terbenam atau sunset.

"Sunset di kebun raya bagusnya di area resto. Memang kami tutup jam 16.00, namun pengunjung diperbolehkan stay sampai pukul 17.30 WIB," sambung Djohari.

3. Syarat vaksinasi

Adapun sebelum masuk ke kawasan Kebun Raya Bogor, calon pengunjung harus sudah divaksinasi Covid-19 minimal dosis kedua.

Pengunjung juga dianjurkan sudah mengunduh aplikasi PeduliLindungi, sehingga bisa melakukan pemindaian di pintu masuk.

Selama libur lebaran, ada penyesuaian tarif tiket masuk. Tiket masuk Kebun Raya Bogor dibanderol sebesar Rp 26.500 per orang, untuk semua usia di atas dua tahun.

Sedangkan biaya masuk untuk sepeda motor adalah Rp 15.000 dan mobil Rp 50.000.

"Pintu masuk untuk motor bisa melalui pintu konservasi setelah pintu 1. Untuk mobil itu bisa masuk lewat pintu 3 di depan RS Siloam," terang Djohari.

Bagi pengunjung yang tertarik mengelulingi Kebun Raya, ada opsi menggunakan kendaraan listrik seperti skuter listrik, sepeda listrik, dan shuttle bus.

Adapun tarif untuk satu kali putaran selama 20 menit menggunakan shuttle bus yaitu seharga Rp 25.000 per orang. Sementara untuk penyewaan sepeda juga dimulai dari Rp 25.000.

https://travel.kompas.com/read/2022/05/03/201450627/4-tips-libur-lebaran-ke-kebun-raya-bogor-beli-tiket-online

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.