Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

River Tubing di Manggarai Timur NTT, Rasakan Sejuknya Air dan Alam Asri

BORONG, KOMPAS.com - River Tubing di Desa Golo Loni, Kecamatan Ranamese, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) menawarkan pengalaman tersendiri bagi para wisatawan yang menyukai aktivitas pemacu adrenalin.

Jika kamu salah satunya, menjajal aktivitas river tubing di Daerah Aliran Sungai (DAS) Wae Dingin di Danau Ranamese bisa menjadi pilihan.

Adapun "Ranamese" mengandung arti tersendiri. Rana artinya kolam atau danau, sementara mese berarti besar.

Itulah mengapa Ranamese digunakan untuk mengebut danau terbesar di Manggarai Timur itu.

Untuk menjajalnya, wisatawan perlu mampir ke kawasan Desa Wisata Golo Loni.

Desa Golo Loni secara geografis berada dekat dengan Taman Wisata Alam Ranamese, yang merupakan wilayah konservasi sumber daya alam dengan potensi wisata yang cukup menjanjikan.

Seperti namanya wae dingin air sungai terasa sejuk dan dingin saat menyentuh kulit. Sambil merasakan sejuknya air, wisatawan bisa menikmati alam yang asri dengan suara-suara burung endemik Flores bersahutan.

Staf Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai Timur, Albertus Jehamin mengatakan, wisata river tubing tersebut sedang dipromosikan secara lebih luas.

"Aliran air sungai dengan debit yang cukup stabil membuka peluang untuk pemanfaatan wahana wisata tirta, seperti river tubing," kata Albertus melalui pesan elektronik kepada Kompas.com, Selasa (03/05/2022).

  • Mangrove Mageloo di Sikka, Pilihan Wisata Saat Libur Lebaran di NTT
  • Puncak Waringin, Tempat Terbaik Nikmati Senja di Labuan Bajo NTT

Adapun river tubing adalah atraksi wisata air yang dilakukan di medan sungai, aliran irigasi, dan sungai yang mengalir di dalam goa.

Sarana atau alat yang digunakan untuk river tubing adalah ban karet.

Menurutnya, aliran sungai Wae Dingin cukup ideal untuk mengembangkan aktivitas tersebut.

"Aliran Sungai Wae Dingin di Desa Golo Loni dengan arusnya yang tidak terlalu besar cukup ideal untuk dijadikan wahana river tubing," jelasnya.

Pada umumnya, wisatawan yang datang berasal berbagai daerah di NTT seperti dari Kupang, Labuan Bajo, Manggarai, dan Manggarai Timur.

Wisata ini tengah dikembangkan bersama dengan jenis wisata lain di Desa Golo Loni, seperti kawasan pertanian, Geowisata Air Terjun, dan wisata minat khusus pengamatan burung (bird watching).

  • Belum Banyak Dilirik, Ini Sejumlah Obyek Wisata di Manggarai Timur NTT
  • Wisata Danau Rana Kulan di Manggarai Timur NTT, Pas untuk Petualang

Wisata yang baru dibuka sejak pertengahan 2021 itu menawarkan dua paket track, yakni short track (track pendek), medium track (track sedang), dan long track (track panjang).

Jehamin mengatakan, selama liburan Idul Fitri, river tubing yang dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata tersebut menawarkan paket khusus, yakni paket river tubing dan makan siang dengan menu ikan air tawar yang banyak terdapat di Desa Golo Loni.

Kasmir Jarung, anggota DPRD Kabupaten Manggarai yang berkunjung ke Desa Golo Loni dan mencoba wahana river tubing mengaku sangat senang dengan adanya pilihan atraksi wisata baru tersebut.

Jaraknya yang dekat dengan Kota Ruteng dan akses jalan yang cukup bagus membuat atraksi ini menurutnya layak direkomendasikan.

"Dengan adanya atraksi river tubing ini diharapkan akan meningkatkan pendapatan desa pada khususnya dan pendapatan daerah pada umumnya," kata dia.

https://travel.kompas.com/read/2022/05/04/070311527/river-tubing-di-manggarai-timur-ntt-rasakan-sejuknya-air-dan-alam-asri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke