Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Imbauan Beli Tiket Pesawat Lion Air, Batik Air, dan Wings Air 2022

KOMPAS.com - Anggota Lion Air Group, yakni Lion Air (Kode JT), Wings Air (kode IW), Batik Air (kode ID), mengimbau calon penumpang saat musim ramai (peak season), khususnya periode liburan dan Lebaran 2022, agar mempersiapkan rencana perjalanan dengan lebih baik.

"Baik tamu maupun penumpang, diminta untuk dapat lebih awal, bijaksana, teliti, dan lebih memahami informasi saat melakukan pembelian tiket pesawat udara," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (4/5/2022).

  • Syarat Naik Pesawat Lion Air, Wings Air, Batik Air per 20 April 
  • Cara Check In Online Batik Air di Web, Aplikasi, dan Traveloka

Informasi sistem penjualan tiket pesawat

Penjualan tiket pesawat secara sistem akan memberikan informasi terperinci mengenai sejumlah hal, di antaranya rute, frekuensi penerbangan, nomor penerbangan, maskapai, dan tarif.

Oleh karena itu, jika:

1. Ketersediaan kursi (seat) untuk penerbangan langsung tertera atau tertulis: N/A (not available atau tidak tersedia), dan

2. Sold out (terjual habis),

maka sistem pada mesin pencari pada situs web, aplikasi, tour and travel, ticketing office, dan call center akan menawarkan atau memberikan alternatif.

Sehingga sistem akan menampilkan (publish) pilihan baru rute lain sebagai solusi agar pemesan (calon penumpang) bisa sampai di tujuan akhir melalui transit dan transfer – singgah di bandara tertentu sesuai rekomendasi sistem.

Penerbangan transit dan transfer

Untuk diketahui, penerbangan transit dan transfer merupakan:

1. Kombinasi (multiple flight and multiple airport) layanan penerbangan dari maskapai sendiri atau bersama maskapai lain.

2. Di penerbangan Batik Air, jika harga tiket kelas ekonomi habis terjual dan masih tersedia kelas bisnis, maka akan terjadi kombinasi harga kelas bisnis dengan kelas ekonomi maskapai lain.

Dengan demikian, ini secara otomatis akan memunculkan harga jual total tiket dari keseluruhan sektor transit menjadi satu informasi harga tiket yang harus dibeli atau dibayar oleh pemesan (calon penumpang).

Praktik dan penjelasan

Berikut contoh dan penjelasan informasi sistem penjualan tiket serta penerbangan transit atau transfer.

Misalnya penerbangan dari Kota A tujuan akhir Kota B:

Dalam upaya memenuhi kebutuhan masyarakat selama masa liburan dan Lebaran, maskapai menambah penerbangan (extra flight) non-stop (tanpa henti), namun semua kursi (seat) sudah terjual habis.

- Penerbangan langsung (non-stop/tanpa transit) = tidak tersedia atau semua kelas kursi penerbangan terjual habis (sold out).

Maka sistem memberikan alternatif agar calon penumpang dapat menuju tujuan akhir Kota B dengan transit dan transfer (singgah dan ganti pesawat) menggunakan maskapai lain melalui bandara di Kota C.

- Penerbangan dari Kota A tujuan Kota C dengan maskapai Batik Air (transit di bandara kota C).

Penerbangan dari Kota C tujuan akhir Kota B dilanjutkan dengan maskapai Wings Air (transfer di bandara kota C).

  • Wings Air Buka Rute Pontianak-Palangkaraya PP, Tiket Mulai Rp 902.000
  • Wings Air Akan Buka Rute Semarang-Pontianak PP, Harga Mulai Rp 794.600
  • Lion Air Layani Rute Bali-Yogyakarta PP, Harga Mulai Rp 490.200

https://travel.kompas.com/read/2022/05/05/091500527/imbauan-beli-tiket-pesawat-lion-air-batik-air-dan-wings-air-2022

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke