Salin Artikel

Wisata Hutan Pinus di Bantul Diharapkan Bangkit Saat Libur Lebaran

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Libur Lebaran diharapkan menjadi momentum kebangkitan pariwisata kawasan hutan pinus di Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Kunjungan meningkat sejak libur Lebaran," kata Ketua Koperasi Notowono yang mengelola sejumlah obyek wisata di Kapanewon Dlingo, Purwo Harsono, saat dihubungi wartawan melalui sambungan telepon, Kamis (5/5/2022)

Pada hari H Lebaran, lanjutnya, jumlah wisatawan yang berkunjung di Pengger mencapai 911 orang, Becici 308 orang, Pinus Asri 36 orang, Lintang Sewu 45 orang, Pinus Sari 1.006 orang, Seribu Batu 289 orang, dan Panguk 40 orang. 

  • 33.000 Wisatawan Kunjungi Bantul pada Hari Kedua Lebaran 2022
  • Libur Lebaran, Kunjungan Wisata Bantul Naik
  • Antisipasi Pelaku Usaha Nuthuk Harga, Bantul Siapkan Langkah Ini

Sementara itu, pada H+1 Lebaran, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pengger 1.807 orang, Becici 1.22 orang, Pinus Asri 139, Lintang Sewu 79 orang, Pinus Sari 2.632 orang, Seribu Bantu 613 orang, dan Panguk 65 orang. 

Selanjutnya, pada H+2 atau Rabu (4/5/2022), kunjungan ke Pengger mencapai 2.177 orang, Becici 1.746 orang, Pinus Asri 265 orang, Lintang Sewu 104 orang, Pinus Sari 3.739 orang, Seribu Batu 962 orang, serta Panguk 115 orang.

"Pengger dan Pinus Sari masih menjadi tempat yang favorit dikunjungi wisatawan," kata Ipung, panggilan akrab Purwo Harsono.

Ipung mengatakan, jika kondisi lebih baik ke depannya, dirinya akan mengemas quality tourism (pariwisata berkualitas) dan tak hanya mengandalkan mass tourism (pariwisata massal) seperti saat ini.

"Ke depan, jika kondisi pandemi terus membaik dan pendapatan terus meningkat tentu kita akan menyiapkan atraksi wisata, layanan wisata juga kita perbaharui," kata dia. 

"Semoga semakin membaik dan perekenomian kembali normal," imbuhnya. 

  • 7 Wisata Alam Bantul dengan Panorama yang Indah
  • 6 Wisata Hutan Pinus di Yogyakarta, Banyak Spot Foto Instagramable
  • 13 Wisata Pantai Yogyakarta, Pas Dikunjungi Saat Libur Lebaran 2022

Sementara itu, Kepala Seksi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Markus Purnomo Adi mengatakan, untuk tempat wisata yang ditarik retribusi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul terus mengalami peningkatan kunjungan.

Pada H+2 lebaran kemarin, jumlah kunjungan wisatawan mencapai 40.486 orang.

"Kunjungan paling banyak di kawasan Pantai Parangtritis dengan jumlah kunjungan 26.900 orang. Sisanya berkunjung ke Pantai Samas, Pantai Gua Cemara, dan destinasi wisata lain seperti Gua Selarong," kata Markus. 

https://travel.kompas.com/read/2022/05/05/150500827/wisata-hutan-pinus-di-bantul-diharapkan-bangkit-saat-libur-lebaran

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.