Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

12 Pantai di Manggarai Timur NTT, Cocok Dikunjungi Saat Libur Panjang

BORONG, KOMPAS.com - Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur menyuguhkan keindahan alam yang menarik untuk dieksplorasi lebih jauh, termasuk bagi pencinta wisata pantai.

Setidaknya, ada 12 pantai di Manggarai Timur yang berlokasi di bagian selatan dan utara kabupaten tersebut, yang dapat kamu kunjungi.

Banyak di antaranya yang masih sangat asri dan belum banyak dikunjungi wisatawan. Ada beberapa alasan yang membuat pantai-pantai tersebut belum dapat dikembangkan secara optimal, misalnya tempatnya yang belum terkelola dengan maksimal atau aksesnya yang masih minim.

Selama ini, destinasi wisata pantai di Manggarai Timur masih lebih banyak dikenalkan secara mandiri oleh masyarakat melalui media sosial, sehingga jangkauannya sangat terbatas.

Jika sedang mengunjungi Manggarai Timur dan penasaran dengan pantai-pantainya yang cantik, berikut beberapa rekomendasi pantai yang bisa kamu kunjungi:

Pantai Mbolata terletak di pesisir selatan dari Kabupaten Manggarai Timur. Pantai ini berada di Kelurahan Watunggene, Kecamatan Kota Komba.

Lokasinya tidak jauh dari Jalan Trans Flores Maumere-Ende-Boawae, Nagekeo-Bajawa-Waelengga-Borong-Ruteng-Labuan Bajo.

Sebelum pandemi Covid-19, pantai ini juga banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.

Kini, Pantai Mbolata mulai kembali dikunjungi oleh orang lokal dan wisatawan nusantara. Namun, terpantau belum ada wisatawan mancanegara yang berkunjung.

Deburan ombak menyentuh bibir pantai menambahkan eksotisme Pantai Mbolata. Garis pantainya juga sangat panjang dan luas.

Dari pantai Mbolata, kamu juga bisa melihat gunung Komba di bagian barat dan gunung Inerie di bagian Timur.

Dari pantai ini, kamu bisa menyaksikan matahari terbit sekaligus matahari terbenam di bagian barat.

Tak jauh dari pantai Mbolata, ada juga Pantai Pasir Putih Padang Mausui. Selain menikmati keindahan pantai berpasir putih, wisatawan juga melihat padang terluas di bagian selatan dan ternak milik warga setempat.

Padang ini biasa dipakai untuk syuting video klip dari para musisi Manggarai Timur.

3. Pantai Nangarawa

Bergeser lagi ke sisi barat, kamu bisa menemukan Panta Nangarawa dengan pasir putihnya.

Pantai ini berlokasi di Desa Bamo, Kecamatan Kota Komba. Desa Bamo sudah ditetapkan menjadi salah satu Desa Wisata di Manggarai Timur.

Wisatawan lokal kerap menghabiskan waktu akhir pekannya di sini untuk berwisata di pantai sekaligus menikmati luasnya kawasan Laut Sawu.

Bebatuan yang penuh lumut warna hijau menambahkan keindahan pantai tersebut. Pantai ini tak jauh dari jalan Trans Flores bagian selatan dan tengah dari Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

Lokasi pantai ini tak jauh dari Pantai Nangarawa. Letaknya berada di kaki gunung Poco Ndeki.

Hanya sebagian kecil orang berwisata di pantai tersebut. Kebanyakan, orang-orang yang tergabung dalam komunitas trail di Kota Borong yang berwisata di sana.

Akses jalan yang masih berupa tanah menjadi salah satu penyebabnya. Selain itu, pantai ini juga terbilang masih tersembunyi, sehingga belum banyak wisatawan nusantara dan mancanegara yang mengetahuinya.

Biasanya, warga lokal berkunjung ke sini untuk menangkap ikan air laut.

Pantai Liang Mbala yang berada di bawah kaki Gunung Poco Ndeki adalah pantai berpasir putih yang ramai dikunjungi orang lokal, serta wisatawan nusantara dan mancangara.

Hampir setiap akhir pekan pantai ini ramai dikunjungi wisatawan, terutama yang berasal dari Kota Ruteng, Kabupaten Manggarai, dan beberapa kabupaten tetangga.

Pantai yang terletak di Kelurahan Kota Ndora, Kecamatan Borong ini banyak digunakan sebagai lokasi foto prewedding dan pengantin baru.

Photografer Manggarai Timur, Rellys Gagu mengatakan kepada Kompas.com bahwa ia sering mendapatkan klien untuk foto pengantin di lokasi tersebut.

"Saya sering mengambil gambar di Pantai Lia Bala, lazim disebut Liang Mbala oleh masyarakat Manggarai Timur," jelasnya.

Sementara itu, seorang guru di Manggarai Timur, Krispinus Lois Gonzales adalah salah satu wisatawan yang senang berkunjung ke sana.

"Saya selalu menyisihkan waktu akhir pekan untuk berwisata di Pantai Lia Bala. Pasir putihnya asyik dan menyenangkan. Bahkan, ada kolam-kolam kecil di cela-cela batu di pantai tersebut," jelasnya.

Tak jauh dari Pantai Liang Mbala terdapat Pantai Cepi Watu, lokasinya hanya dibatasi muara Waebobo dan Waereca.

Adapun "cepi" artinya sendirian atau berteduh, sementara "watu" artinya batu.

Jadi, Cepi Watu jika diterjemahkan menjadi pantai teduh batu. Ini sesuai dengan situasi di sana, di mana terdapat banyak batu-batu besar yang teduh dan kokoh jika terempas ombak.

Pantai ini cukup ramai dikunjungi wisatawan dan dikelola oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai Timur.

Pantai ini terletak di Desa Nanga Labang, Kecamatan Borong. Pada saat liburan panjang dan akhir pekan, kita akan melihat banyak wisatawan berkunjung untuk merasakan sensasi batu teduh yang tak pernah goyang walaupun dihantam gelombang tinggi.

Tak diketahui siapa yang memberikan nama itu, namun namanya sudah dikenal luas.

Pantai Toka, Kampung Toka, di Desa Nanga Lanang masih belum banyak dikunjungi wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara. Hanya warga lokal dan para nelayan yang sering berkunjung ke sana.

Kendati demikian, pantai ini sebetulnya memiliki keunikan karena jalan masuknya yang harus melintasi pematang sawah Toka.

Di pantai ini ada juga hamparan pasir putih untuk tempat berjemur yang bisa kamu jajal sambil menikmati indahnya panorama.

8. Pantai Ligota

Pantai Ligota berada di Desa Compang Ndejing, Kecamatan Ranamese dan menjadi salah satu tujuan wisatawan nusantara untuk melepas penat, terutama warga lokal Manggarai Timur.

Dari pantai ini dapat melihat puncak gunung Poco Ndeki dan Pulau Mules di Manggarai, serta bentangan bukit di Taman Wisata Alam Ruteng.

Menurut Staf Desa Compang Ndejing, Edy Dahal, pemerintah desa sudah berupaya menata pantai tersebut agar lebih banyak mengundang kunjungan wisata.

"Pemdes Desa Compang Ndejing sudah menata dengan membangun tempat gazebo untuk tamu-tamu beristirahat. Pantai ini sangat cocok untuk berjemur di bebatuan pada pagi dan sore hari. Ayo ke Pantai Ligota Manggarai Timur," katanya kepada Kompas.com.

Pantai Nanga Lirang menjadi salah satu spot terbaik di bagian utara Manggarai Timur. Berada di Dampek, Desa Satar Padut, Kecamatan Lambaleda Utara (LAUT), obyek wisata ini menyuguhkan garis pantai yang luas dan hamparan pasir yang dapat digunakan untuk bermain atau melakukan aktivitas pantai bersama keluarga.

Selain pantai, ada agrowisata dengan hamparan persawahan Dampek yang juga bisa dijajal.

10. Pantai Laing Lewe

Guru Petrus Piatu Nalele menjelaskan kepada Kompas.com, Jumat, (29/4/2022) bahwa pantai ini memiliki hamparan pasir putih dan tempat berjemurnya Komodo Dampek.

Orang Dampek menyebutnya Rughu atau komodo yang hidup di alam Dampek sampai di kawasan Hutan Pota.

"Saya sering mendengarkan cerita dari warga Dampek bahwa komodo atau Rughu sering berjemur di Pantai Laing Lewe. Komodo ini juga sangat liar. Bahkan, Komodo juga tinggal di goa-goa di kawasan hutan di sepanjang bentang alam Dampek sampai Pota," jelasnya.

Pantai Watu Payung berada di Pota, Ibukota Kecamatan Sambirampas.

Dinamakan Pantai Watu Payung karena ada sebuah batu raksasa di pinggir pantai berbentuk payung. Maka, warga setempat menamakannya Pantai Watu Payung.

Deretan pantai di bagian utara dari Manggarai Timur ini sangat elok, terutama untuk berburu matahari terbit dan terbenam.

Bahkan, di sebelah Watu payung itu ada goa tempat tinggal Rughu atau Komodo Pota.

Tak jauh dari Pantai Watu Payung, ada danau teratai besar yang diklaim terbesar kedua di dunia.

12. Pantai Nanga Lok

Tak jauh dari Pantai Watu Payung, ke arah bagian Timur, ada Pantai Nanga Lok Tanjung Lok sangat dikenal luas oleh masyarakat Flores.

Sebab, tempat ini kerap dijadikan lokasi berfoto. Di atas bukit, terdapat lokasi yang dikenal sebagai bukit cinta.

Albertus Nandul mengatakan kepada Kompas.com, Selasa, (03/05/2022) tentang pengalamannya mengelilingi bagian utara  Manggarai Timur dengan berwisata di sejumlah pantai yang berderetan, dari arah barat ke timur.

Ia sudah mencoba bermain di pinggir pantai dan mandi di pantai bersama para tamu yang menyewa kendaraannya.

"Pantai di bagian utara sangat indah ditambah gelombang yang tidak terlalu tinggi," katanya. katanyaBermain, dan mandi di pantai-pantai itu sudah dijelajahinya bersama tamu yang menyewa kendaraannya," jelasnya.

https://travel.kompas.com/read/2022/05/06/070200327/12-pantai-di-manggarai-timur-ntt-cocok-dikunjungi-saat-libur-panjang

Terkini Lainnya

Rusa Jadi Ancaman di Beberapa Negara Bagian AS, Tewaskan Ratusan Orang

Rusa Jadi Ancaman di Beberapa Negara Bagian AS, Tewaskan Ratusan Orang

Travel Update
5 Rekomendasi Playground Indoor di Surabaya untuk Isi Liburan Anak

5 Rekomendasi Playground Indoor di Surabaya untuk Isi Liburan Anak

Jalan Jalan
Pilot dan Pramugari Ternyata Tidur pada Penerbangan Jarak Jauh

Pilot dan Pramugari Ternyata Tidur pada Penerbangan Jarak Jauh

Travel Update
Desa Wisata Tabek Patah: Sejarah dan Daya Tarik

Desa Wisata Tabek Patah: Sejarah dan Daya Tarik

Jalan Jalan
Komodo Travel Mart Digelar Juni 2024, Ajang Promosi NTT ke Kancah Dunia

Komodo Travel Mart Digelar Juni 2024, Ajang Promosi NTT ke Kancah Dunia

Travel Update
Tips Pilih Makanan yang Cocok untuk Penerbangan Panjang

Tips Pilih Makanan yang Cocok untuk Penerbangan Panjang

Travel Tips
Harapan Pariwisata Hijau Indonesia pada Hari Bumi 2024 dan Realisasinya

Harapan Pariwisata Hijau Indonesia pada Hari Bumi 2024 dan Realisasinya

Travel Update
5 Tips Menulis Tanda Pengenal Koper yang Aman dan Tepat

5 Tips Menulis Tanda Pengenal Koper yang Aman dan Tepat

Travel Tips
Turis China Jatuh ke Jurang Kawah Ijen, Sandiaga: Wisatawan agar Dipandu dan Mengikuti Peraturan

Turis China Jatuh ke Jurang Kawah Ijen, Sandiaga: Wisatawan agar Dipandu dan Mengikuti Peraturan

Travel Update
8 Kesalahan Saat Liburan Berkelompok, Awas Bisa Cekcok

8 Kesalahan Saat Liburan Berkelompok, Awas Bisa Cekcok

Travel Tips
Sandiaga Bantah Iuran Pariwisata Akan Dibebankan ke Tiket Pesawat

Sandiaga Bantah Iuran Pariwisata Akan Dibebankan ke Tiket Pesawat

Travel Update
Hari Kartini, 100 Perempuan Pakai Kebaya di Puncak Gunung Kembang Wonosobo

Hari Kartini, 100 Perempuan Pakai Kebaya di Puncak Gunung Kembang Wonosobo

Travel Update
Artotel Gelora Senayan Resmi Dibuka April 2024, Ada Promo Menginap

Artotel Gelora Senayan Resmi Dibuka April 2024, Ada Promo Menginap

Travel Update
Artotel Group Akuisisi Hotel Century Senayan, Tetap Ada Kamar Atlet

Artotel Group Akuisisi Hotel Century Senayan, Tetap Ada Kamar Atlet

Travel Update
Lokasi dan Jam Buka Terbaru Kebun Binatang Bandung

Lokasi dan Jam Buka Terbaru Kebun Binatang Bandung

Jalan Jalan
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke