Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Aktivitas Seru di Taman Suroboyo Jawa Timur dan Sekitarnya

KOMPAS.com - Taman Suroboyo bisa jadi salah satu opsi menarik untuk nongkrong gratis sembari menikmati keindahan tepi pantai di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Di tengah taman ada sebuah patung ikonik, yaitu Patung Suro dan Boyo yang berdiri megah.

Selain itu, kamu juga bisa melihat aktivitas para nelayan tradisional, jaraknya sekitar 50 meter dari lokasi taman. Apa saja aktivitas seru di sekitar area ini?

Taman Suroboyo tidak punya spot-spot foto kekinian berupa miniatur bangunan khas dari berbagai negara seperti tempat wisata lain. Namun, ketika berada di tempat ini, pengunjung bisa mengabadikan gambar berlatar patung ikonik Suro dan Boyo.

Tak hanya itu, hijaunya pemandangan sekitar berkat pepohonan rindang nan tersusun rapi, menjadikannya spot foto yang unik.

Beranjak sekitar 50 meter dari taman, kamu bisa melihat Pantai Kenjeran.

Tepat di bibir pantai ini, tampak sederet perahu milik nelayan setempat yang sedang bersandar. 

Usai puas menikmati suasana pantai, kamu bisa bergeser ke lantai dua Sentra Ikan Bulak, persis di seberang taman.

Di tempat ini, ada banyak tempat makan yang menyajikan olahan hasil laut segar, di antaranya udang crispy, sate kerang, cumi asam manis, gulai kepala kakap, dan kotokan ikan asap.

Kompas.com pada Rabu (27/4/2022) berkesempatan mencoba ikan asap goreng yang dihidangkan bersama sambal bawang segar, didampingi lalapan dan sepiring nasi.

Adapun harga menu ikan asap goreng di Kedai Firdaus dibanderol mulai dari Rp 15.000. Sedangkan, untuk hidangan kotokan yang mirip gulai ikan asap, dikenakan harga mulai dari Rp 25.000 seporsinya.

Sebelum pulang, kamu bisa membeli oleh-oleh aneka kerupuk olahan hasil laut yang ada di lantai dasar Sentra Ikan Bulak ini.

Salah satu kerupuk unik yang harus kamu coba adalah olahan dari timun laut, atau teripang. Teksturnya garing, dengan rasa yang hampir serupa kerupuk rambak.

Dibanderol seharga mulai Rp 25.000 per 100 gram, kerupuk ini melalui proses pengolahan yang cukup kompleks dari masyarakat Kenjeran, sehingga menghasilkan kudapan renyah dalam kemasan.

"Teripangnya dibersihkan isinya sama pasirnya pakai alat keruk, terus dikeringkan, digoreng pakai pasir, digoreng lagi pakai minyak," jelas pedagang oleh-oleh Alfarizi Surabaya, Laily, kepada Kompas.com, Rabu.

Terakhir, bila tertarik dengan ikan hias, kamu bisa mampir ke penjual aneka ikan hias yang masih satu lokasi dengan pedagang kerupuk olahan hasil laut.

Tak hanya ikan air laut, kamu juga bisa menemukan berbagai jenis ikan air tawar, seperti lele putih, koi, ikan cupang, ikan layar, dan guppy.

Harganya pun beragam. Ikan cupang, misalnya, dibanderol mulai Rp 15.000 sampai Rp 60.000 per ekornya.

  • Masjid Sunan Ampel di Surabaya, Wisata Religi yang Pikat Turis Asing 
  • Tarif Terbaru Tol Jakarta-Surabaya untuk Mudik dan Balik 2022

https://travel.kompas.com/read/2022/05/06/140500227/5-aktivitas-seru-di-taman-suroboyo-jawa-timur-dan-sekitarnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke