Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Arus Balik, KA Daop 1 Jakarta Prediksi Jumlah Penumpang Naik sampai 10 Mei 2022

KOMPAS.com - Setelah Idul Fitri 2022 berakhir, terjadi peningkatan angka kedatangan penumpang kereta api (KA) di Daop 1 Jakarta yang sudah berlangsung sejak Rabu (4/5/2022).

Adapun peningkatan kedatangan penumpang ini diperkirakan masih terus terjadi hingga 10 Mei 2022.

Dengan demikian, tak hanya volume keberangkatan yang masih tinggi. Jumat (6/5/2022), sejumlah stasiun di area Daop 1 Jakarta juga menerima kedatangan penumpang dengan volume cukup tinggi.

"Pada Jumat (6/5/2022), terdapat sekitar 39.300 penumpang yang datang di area Daop 1 Jakarta," kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangan tertulis resmi.

Berdasarkan data kedatangan pada masa Angkutan Lebaran untuk Daop 1 Jakarta, volume penumpang datang mengalami kenaikan tertinggi pada tanggal 5 hingga 6 Mei 2022.

Adapun sejak tanggal 4-6 Mei 2022, terdapat total 111.700 penumpang yang tiba di Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jatinegara, Jakarta Kota, Bekasi, dan Cikampek.

Kebanyakan penumpang tiba setelah merayakan Idul Fitri 2022 di kampung halaman mereka masing-masing.

Jumlah penumpang diperkirakan masih terus meningkat

Sebagai informasi, Masa Angkutan Lebaran untuk perjalanan Kereta Api (KA) ditetapkan H-10 sampai dengan H+10 Lebaran, atau 22 April hingga 13 Mei 2022.

Pada periode tersebut, dari area Daop 1 Jakarta terdapat sekitar 64 perjalanan KA Jarak Jauh per hari dengan kapasitas tempat duduk yang disediakan rata-rata 37.400 per hari.

Sesuai aturan dari pemerintah, kapasitas yang ditetapkan untuk KA Jarak Jauh yaitu 100 persen.

Pada kurun waktu 22 April sampai dengan 6 Mei 2022, total sebanyak 485.200 tiket telah terjual untuk keberangkatan dari Daop 1 Jakarta.

Adapun relasi yang banyak dipilih pengguna di antaranya adalah tujuan Yogyakarta, Solo, Kutoarjo, Purwokerto, Kebumen, Tegal, Semarang, Surabaya, Malang, Cirebon, dan Bandung.

Sementara, volume penumpang berangkat dari area Daop 1 Jakarta saat ini juga terbilang masih cukup tinggi.

Pada Jumat (6/5/2022), di Stasiun Gambir terdapat 36 KA beroperasi. Dari jumlah tersebut, delapan di antaranya merupakan KA Tambahan, dengan volume penumpang berangkat sebanyak 10.000 orang.

Sementara, untuk Stasiun Pasar Senen terdapat 29 KA beroperasi, dua KA di antaranya merupakan KA Tambahan, dengan volume penumpang berangkat 15.400 orang.

Jika ditambah dengan penumpang yang naik juga dari Bekasi, Karawang, Cikarang, Cikampek, dan Jakarta Kota, maka totalnya terdapat 25.400 penumpang yang berangkat dari Daop 1 Jakarta pada hari ini.

Imbauan KAI bagi penumpang kereta api

Untuk memperlancar arus penumpang turun di stasiun, Daop 1 Jakarta menempatkan sejumlah petugas di area peron dan hall.

Gunanya untuk membantu mengarahkan penumpang yang tiba agar tidak berkerumun di satu lokasi tertentu saat akan menunggu penjemputan.

Sejumlah petugas juga akan melakukan pemeriksaan ulang pada KA yang tiba untuk memeriksa dan memastikan tidak ada barang penumpang yang tertinggal.

Daop 1 Jakarta mengimbau kepada seluruh pengguna jasa yang datang, agar memeriksa kembali seluruh barang bawaannya sebelum turun dari kereta untuk menghindari risiko barang tertinggal.

Kemudian agar lebih mudah, bagi calon pengguna yang baru akan memesan tiket dapat melakukan pengecekan ketersediaan tempat duduk dan relasi yang dipilih, serta melakukan transaksi tiket melalui aplikasi KAI Access.

https://travel.kompas.com/read/2022/05/06/183100327/arus-balik-ka-daop-1-jakarta-prediksi-jumlah-penumpang-naik-sampai-10-mei

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke