Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Panduan Wisata Bali Safari & Marine Park yang Dikunjungi Jokowi

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama keluarga menghabiskan libur Lebaran di Bali, usai merayakan Idul Fitri di Yogyakarta. 

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (6/5/2022), presiden dan ibu negara mengajak anak beserta cucu berwisata di Bali Safari & Marine Park, Kabupaten Gianyar.

Rombongan keluarga orang nomor satu di Indonesia itu tiba di Bali Safari & Marine Park pukul 12.32 WITA. 

Bali Safari & Marine Park merupakan salah satu kebun binatang di Bali, selain Bali Zoo, Bali Bird Park, Pulau Penyu (Turtle Island), Bali Butterfly Park, dan lainnya. 

Mengutip laman Bali Safari & Marine Park, atau dikenal sebagai Taman Safari Bali, merupakan rumah bagi lebih dari seribu satwa. Selain itu, obyek wisata ini adalah tempat konservasi satwa liar, langka, dan terancam punah di Indonesia.

Terdapat sekitar 120 spesies hewan, termasuk spesies langka dan terancam punah seperti komodo, orangutan, dan burung jalak Bali. Lokasinya berada di Jalan Bypass Prof Dr Ida Bagus Mantra, Kilometer 19,8. Gianyar, Bali. 

Jika kamu ingin berkunjung ke Bali Safari & Marine Park atau Taman Safari Bali, berikut panduan lengkapnya:


Aktivitas di Bali Safari & Marine Park

Mengutip situs Bali Safari & Marine Park, kebun binatang ini menawarkan sejumlah wahana kepada pengunjung. Meliputi, Jungle Hopper, Elephant Back Safari, dan The Night Safari Package. 

1. Jungle Hopper

Pada wahana ini, wisatawan akan diajak berkeliling Taman Safari Bali menggunakan gerbong atau trem yang didesain khusus.

Pengunjung dapat menikmati sensasi berpetualang serta berinteraksi lebih dekat dengan satwa di alam bebas, seperti harimau, gajah, zebra, dan lainnya. 

Pengunjung juga bisa menikmati sejumlah pertunjukkan satwa yang dikombinasikan dengan budaya Bali pada wahana Jungle Hopper. 

2. Elephant Back Safari

Sesuai namanya, wahana ini menawarkan interaksi lebih dekat dengan gajah. Wisatawan dapat berinteraksi langsung dengan gajah maupun menunggangi gajah di Taman Safari Bali. 

Pengunjung juga bisa mempelajari mengenai perilaku, keterampilan, kecerdasan, dan habitat alami mamalia terbesar ini. Wahana edukasi ini dipandu oleh seorang pawang. 

3. The Night Safari Package

Taman Safari Bali juga menyediakan pengalaman safari pada malam hari, yakni The Night Safari Package. Pengunjung bisa menyaksikan atraksi aneka hewan seperti harimau, zebra, gajah, jerapah, dan lainnya di malam hari. 

Ada pertunjukkan unik dari para penari seperti tari api. Namun, paket ini hanya tersedia pada Sabtu, Minggu, hari libur nasional. 

4. Breakfast with the Lions

Sesuai namanya, wahana ini memberikan pengalaman sarapan sembari melihat singa di habitat aslinya di Tsavo Lion Restaurant. Restoran ini merupakan restoran bertema Afrika pertama di Asia. 

Pengunjung restoran dipisahkan dengan panel kaca yang aman dari para raja hutan tersebut. Untuk menikmati pengalaman sarapan unik ini, pengunjung harus menginap di Mara River Safari Lodge yang berada di kompleks Taman Safari Bali. 


5. 4x4 Safari Package 

Wisatawan dapat melihat satwa liar dari dekat menggunakan jeep ukuran 4x4. Jangan khawatir, sebab kendaraan ini sudah dilengkapi dengan perlengkapan khusus sehingga aman bagi pengunjung. 

Melalui wahana ini, wisatawan bisa merasakan sensasi berinteraksi langsung dengan satwa di alam bebas. 

6. The Bali Agung Show

Taman Safari Bali juga menyajikan pertunjukkan seni yakni The Bali Agung Show. Pertunjukan ini merupakan perpaduan seni teater tradisional dan modern yang menampilkan lebih dari 150 penari dan pemusik Bali.

The Bali Agung Show digelar pada sebuah auditorium yang dilengkapi dengan teknologi multimedia, suara, dan pencahayaan yang canggih. Aula ini dapat menampung hingga 1.200 orang. 

Seni teater ini menceritakan legenda Bali lewat koreografi tari yang meriah, kostum yang semarak, komposisi musik yang dramatis, serta tata cahaya dan tata suara modern.

7. Menginap di Mara River Safari Lodge

Wisatawan juga dapat menikmati pengalaman menginap di komplek Taman Safari Bali, tepatnya di Mara River Safari Lodge. 

Bermalam di Mara River Safari Lodge tentunya memberikan pengalaman unik bagi wisatawan, karena dapat melihat pemandangan aneka satwa di alam bebas. Termasuk, pengalaman sarapan sembari melihat singa.


Harga tiket Bali Safari & Marine Park dan cara pesannya

Pengunjung dapat membeli tiket Taman Safari Bali secara online melalui laman https://booking.balisafarimarinepark.com/#/home

Terdapat perbedaan harga bagi wisatawan domestik dan mancanegara. Tarif yang berlaku untuk masing-masing wahana berbeda-beda. 

Pengunjung domestik diminta untuk membawa identitas seperti KTP,SIM, kartu pelajar, atau KITAS untuk ditunjukkan kepada petugas. Bagi anak di bawah usia tiga tahun tidak dipungut biaya alias gratis.

Harga tiket Bali Safari & Marine Park, atau Taman Safari Bali bagi wisatawan domestik, sebagai berikut:

1. Safari Explorer, harga tiket mulai dari Rp 135.000 per orang

2. Safari Legend, harga tiket mulai dari Rp 235.000 per orang

3. Safari Explorer dan makan siang, harga tiket mulai dari Rp 220.000 per orang

4. Safari Legend dan makan siang, harga tiket mulai dari Rp 350.000 per orang

4. The Night Safari, harga tiket mulai Rp 400.000 per orang. 

5. Elephant Back Safari, harga tiket mulai Rp 420.000 per orang 

Harga tiket Bali Safari & Marine Park, atau Taman Safari Bali bagi wisatawan mancanegara, sebagai berikut: 

1. Jungle Hopper, harga tiket mulai dari Rp 1 juta per orang 

2. The Night Safari, harga tiket mulai Rp 800.000 per orang

3. Safari komodo plus makan siang,  harga tiket mulai Rp 880.000 per orang

4. Elephant Back Safari, harga tiket mulai Rp 1 juta per orang

5. Macan tutul dengan menggunakan jeep, harga tiket mulai Rp 1,7 juta per orang

6. Badak dengan menggunakan jeep, harga tiket mulai Rp 2,1 juta per orang

7. Paket safari macan tutul, harga tiket mulai Rp 1,2 juta per orang

8. Paket safari badak, harga tiket mulai Rp 1,68 juta per orang

https://travel.kompas.com/read/2022/05/06/210100827/panduan-wisata-bali-safari-marine-park-yang-dikunjungi-jokowi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke