Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jumlah Wisatawan di Gunungkidul Saat Libur Lebaran 2022 Lampaui Target

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Kunjungan wisata ke Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), sudah melebihi target pada periode libur Lebaran 2022.

“Alhamdulillah jumlah kunjungan wisatawan hingga hari Jumat (6/5/2022) sudah melampaui target dari yang kita tetapkan sebanyak 154.403 orang, “kata Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Muhammad Arif Aldian dalam keteranga tertulis Sabtu (7/5/2022).

Adapun jumlah kunjungan mencapai 176.982 orang dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 1,3 Miliar.

Jumlah pengunjung selama libur lebaran, adalah sebagai berikut; Jumat 29 April 2022: 1.016 orang, Sabtu 30 April: 2.019 orang.

Kemudian, pada Minggu 1 Mei 2022: 2.605 orang, Senin 2 Mei: 5.138 orang. Selasa 3 Mei 21.736 orang, Rabu 4 Mei: 48.364 orang, Kamis 5 Mei: 59.244 orang, dan Jumat 6 Mei: 36.860 orang.

Kebanyakan wisatawan berkunjung ke pantai

Sebagian wisatawan di Gunungkidul mengunjungi kawasan pantai, disusul kawasan lain, seperti Goa Pindul dan Gunung Api Purba Nglanggeran.

"Sudah mulai ada peningkatan arus balik libur lebaran yang memang sudah diperkirakan akan terjadi dihari Jumat hingga akhir libur lebaran," kata Arif.

Arif mengatakan, banyaknya wisatawan di Gunungkidul kepadatan arus lalu lintas juga meningkat. Namun, berkat kerj asama dengan berbagai pihak, di antaranya Polres Gunungkidul, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Senkom, kemacetan dapat diurai.

Untuk mengantisipasi atau mencegah risiko kecelakaan di laut dan penerapan protokol kesehatan, Dinas Pariwisata sudah berkoordinasi dengan Sarlinmas, BPBD, serta dukungan layanan kesehatan dari Dinas Kesehatan dan PMI.

"Untuk menjaga protokol kesehatan Dispar juga menyediakan fasilitas masker gratis untuk pengunjung yang tidak mengenakan masker di pos TPR dan informasi terkait obyek wisata pantai di Gunungkidul," kata Arif.

Sementara itu, Koordinator SAR Satlinmas Wilayah I Gunungkidul Sunu Handaka Bayu Sagara mengatakan bahwa selama libur Lebaran 2022, diketahui pengunjung cukup padat di kawasan pantai. Namun, cukup banyak pengunjung yang tidak memakai masker.

"Jika ada pengunjung di seputaran pantai tanpa masker, langsung kami berikan masker gratis," kata Sunu.

Dikatakannya untuk imbauan dilakukan dengan pengeras suara supaya menjaga jarak, terutama yang beda rombongan.

"Tapi pengunjung padat, ya ada yang masih berdekatan. Selain itu karena jumlah kami hanya 35 orang, menjaga beberapa kawasan pantai masih kekurangan. Apalagi dibagi untuk pencarian nelayan yang hilang itu," tutur Sunu.

https://travel.kompas.com/read/2022/05/07/200800627/jumlah-wisatawan-di-gunungkidul-saat-libur-lebaran-2022-lampaui-target

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke