Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Warga Korea Selatan Tetap Pakai Masker Meski Aturan Dilonggarkan

KOMPAS.com - Pemerintah Korea Selatan telah mengizinkan warganya melepas masker saat berkegiatan di luar ruangan, mulai Senin (02/05/2022). Namun, banyak warganya yang memilih untuk tetap memakai masker.

Dilansir Kompas.com dari Insider, Kamis (05/05/2022), banyak warga lokal memilih untuk tetap mengenakan masker mereka, saat ditemui di kawasan pusat bisnis Seoul dan perkantoran seperti Jongno-gu.

"Saya tidak sakit dalam dua tahun terakhir dan saya tidak melewatkannya. Saya lebih suka memakai masker, terutama ketika ada begitu banyak orang di luar," ujar seorang pekerja di sekuritas keuangan bernama Kim So-young.

"Covid (juga) tidak akan tiba-tiba hilang minggu ini."

Sikap masyarakat Korea Selatan terhadap pelonggaran masker ini terlihat berbeda jika dibandingkan dengan di beberapa negara lain yang relatif berhenti menggunakan masker ketika aturan serupa dicabut.

Alasan penampilan dan etika sosial

Para ahli meyakini bahwa salah satu alasan banyak dari orang Korea Selatan memilih untuk tetap memakai masker adalah alasan penampilan.

Di Korea Selatan, yang sering dijuluki sebagai "ibu kota operasi plastik dunia", banyak orang percaya bahwa berpenampilan menarik dapat membantu mereka berkembang secara sosial dan profesional.

"Kami tidak dapat menyangkal bahwa individu yang menarik diperlakukan lebih baik daripada mereka yang tidak berada di Korea, termasuk di pasar kerja," jelas profesor sosiologi Bae Kyu-han dari Universitas Kookmin.

"Mengenakan masker tidak bisa menjadi solusi fundamental untuk mengatasi masalah terkait penampilan, tetapi seseorang dapat merasa lebih lega dengan menghalangi pandangan orang lain (ke wajah mereka)."

  • Jalan-jalan ke Korea Selatan, Bisa Mampir ke 3 Destinasi Menarik Ini
  • Istana Gyeongbok di Korea Selatan Buka Lagi Tur Malam Mulai April 2022

Sementara, direktur Pusat Penelitian Korea di University of Western Australia Jo Elfving-Hwang meyakini, alasan orang Korea Selatan enggan melepas masker mereka disebabkan oleh faktor etika sosial.

Selama pandemi, menurutnya, memakai masker menjadi tanda penghormatan seseorang terhadap kesehatan orang lain dan tanda kepedulian yang nyata terhadap kesejahteraan orang lain.

"Jadi, tiba-tiba melepas masker saat pandemi dan kemudian berpotensi menyebarkan infeksi, akan menjadi situasi yang menyebabkan seseorang "kehilangan muka" mereka," terang Jo.

Hal ini diakui oleh seorang pria berusia 35 tahun yang bekerja di bidang pemasaran, Kim Sang-yup.

"Meskipun sangat sulit untuk melacak infeksi, saya akan sangat malu jika dikenal sebagai orang yang tertular Covid-19 dan kemudian menyebarkannya ke semua orang di kantor. Jadi saya tetap memakai masker setiap saat," katanya.

Ia mengatakan, jika dirinya nanti melihat banyak warga yang melepas masker, ia mungkin akan merasa lebih terbuka untuk ikut melepasnya. 

"Aku hanya tidak ingin menjadi satu-satunya," pungkas Sang-yup. 

Longgarkan masker karena kasus pandemi melandai

Sebagai informasi, sejak 2 Mei 2022, masyarakat di Korea Selatan tidak lagi diwajibkan memakai masker di luar ruangan, kecuali saat menghadiri acara yang diikuti oleh lebih dari 50 orang, seperti misalnya di konser atau pertandingan olahraga.

Meski demikian, masyarakat tetap diwajibkan memakai masker di dalam ruangan maupun di dalam transportasi umum. 

Negeri Ginseng diketahui melonggarkan pembatasan Covid-19 karena kasus harian turun di bawah angka 50.000, serta terjadi penurunan angka rawat inap. 

Angka kasus infeksi Covid-19 di Korea Selatan terus turun setelah sempat berada di titik puncak yaitu lebih dari 620.000 kasus pada pertengahan Maret.

  • Pulihkan Fisik dan Mental, Intip Itinerari 5 Hari 4 Malam Wisata Wellness di Korea Selatan
  • Jangan Lakukan 8 Hal Ini Saat Wisata ke Korea Selatan

Adapun Korea Selatan telah menghapus banyak pembatasan pandemi sejak awal bulan April, mengutip ABC News (29/04/2022).

Termasuk di antaranya penghapusan pembatasan 10 orang pada pertemuan sosial pribadi, jam malam di restoran, kedai kopi dan bar, serta dicabutnya larangan konsumsi makanan di bioskop, ruang konser, dan olahraga dalam ruangan.

https://travel.kompas.com/read/2022/05/08/110300127/warga-korea-selatan-tetap-pakai-masker-meski-aturan-dilonggarkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke