Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

12 Spot Foto Retro di Kampoeng Heritage Kajoetangan Malang

MALANG, KOMPAS.com - Bernostalgia sekaligus mengambil foto dengan latar zaman dahulu dapat dilakukan di Kampoeng Heritage Kajoetangan di Kota Malang, Jawa Timur.

Kampung tematik yang terdiri dari gabungan tiga RW ini dipenuhi rumah era Belanda yang berjajar di gang sempit, serta dilengkapi sejumlah mural dinding dan spot-spot foto ala retro.

Selain menemukan bangunan ratusan tahun, pengunjung dapat berfoto dengan berbagai barang antik bernilai sejarah.

Saat mengunjungi Kampoeng Heritage Kajoetangan, Jumat (06/05/2022), Kompas.com menemukan cukup banyak spot foto dan properti lawas yang Instagramable dan menarik untuk diabadikan. Berikut beberapa rekomendasinya:

Jika kamu masuk dari pintu Jalan Jenderal Basuki Rahmad Gang 6, berjalan sedikit sudah bisa menemukan spot foto yang apik.

Tepat di tengah pertigaan, terdapat murah dinding bergambar mobil lawas dan bangunan khas zaman dahulu.

Selain itu, terdapat hiasan lampu warna hitam di sepanjang dinding, dan jalan yang dihias sehingga mendukung suasana berfoto.

Masih di area yang sama, terdapat rumah bergaya retro dengan warna cerah yakni kuning dan hijau.

Kamu bisa memanfaatkan sudut foto di antara kedua rumah, maupun berfoto di masing-masing rumah secara terpisah. Kamu juga bisa duduk berpose di kursi yang disediakan di depan rumah hijau.

Meski kedua rumah tersebut dihuni, pengunjung diperbolehkan untuk mengambil foto. Namun, sebaiknya bisa izin terlebih dahulu jika memang sang pemilik rumah terlihat sedang berada di sana.

Melanjutkan perjalanan, terdapat Rumah 1870 yang dapat menjadi spot foto selanjutnya.

Dari papan keterangan, diketahui bahwa bangunan berukuran 8 meter x 11 meter ini dibangun sejak tahun 1870 oleh generasi pertama keluarga Bapak Nur Wasil.

Menjadi rumah tertua di wilayah Kayutangan, rumah ini terdiri dari ruang bawah dan loteng beratap perisai, serta mempunyai listplang ornamen Betawi yang masih original hingga saat ini.

Tepat di depan Rumah 1870, kamu juga bisa menemukan mading bergambar denah lokasi Kampoeng Heritage Kajoetangan.

Melewati kali kecil, terdapat spot foto di sebelah kiri jalan, berupa kumpulan pintu dan jendela tua.

Meski sudut ini tidak terlalu luas dan dipisah oleh kali, kamu dapat menuju tempatnya dengan melewati pendopo kayu.

Tidak jauh dari spot pintu dan jendela tua tadi, terdapat area properti sepeda ontel dan kursi zaman dahulu.

Kamu bisa berpose di atas sepeda ontel dengan latar belakang pintu rumah tua, ataupun duduk di kursi kayu di sebelahnya.

Di kursi kayu, ada properti berupa kendi, satu set alat minum, dan beberapa foto bangunan rumah tua yang digantung.

Menuju area sungai atau Kali Sukun, terdapat jembatan yang menyambungkan dua wilayah yang terpisah oleh sungai.

Pada area ini, jalan dan pagarnya sudah ditata dengan apik, sehingga hampir semua sudut bisa dijadikan tempat berfoto. Salah satunya dinding mural bergambar mobil antik dan bangunan bertuliskan De Javasche Bank. 

Kamu bisa berfoto di depan mural jarak dekat, ataupun bersender di pagar hitam dengan latar belakang mural tersebut. 

Tepat di depan mural mobil antik dan bangunan bank tadi, kamu bisa melihat mural apik yang bergambar suasana ala negeri dongeng. 

Mural tersebut menggambarkan kastel, kolam, kuda, tanaman, serta hewan-hewan kecil seperti tikus.

Di sampingnya, terdapat balon kata-kata bertuliskan bahasa Jawa "Ning, aku tresno awakmu," yang juga bisa dijadikan spot berfoto unik. 

Spot foto berikutnya yang tidak kalah menarik adalah sebuah kafe bertema retro. Sesuai dengan namanya, kafe ini pernah dijadikan tempat syuting film Yowis Ben 3 dan Yowis Ben Finale pada tahun 2020 lalu. 

Selain penataan kursi, meja, dan ornamen-ornamen dinding yang antik, kamu bisa melihat beberapa foto dokumentasi saat syuting film Yowis Ben di sana. 

Menurut pemilik kafe bernama Epic, yang telah tinggal puluhan tahun di rumah tersebut, Kafe Yowis sering dijadikan tempat nongkrong sambil kulineran maupun untuk berburu foto estetik. 

Persis di area rumah sekaligus kafe, kamu dapat memanfaatkan properti antik seperti radio, televisi, telpon, mesin ketik, hingga timbangan lawas yang juga dijual untuk umum. 

Berjalan lurus dari Kafe Yowis, menuju pintu masuk utama Jalan AR Hakim 2, terdapat lorong yang dihiasi beberapa properti foto. 

Mulai dari yang pertama adalah tulisan Kampoeng Kajoetangan Heritage berwarna hitam, yang kontras tergambar pada dinding bata berwarna putih. 

Masih di area yang sama, terdapat properti sepeda berwarna putih yang bisa dinaiki oleh pengunjung jika ingin berfoto.

Sepeda itu disenderkan pada pajangan hitam yang dipenuhi tanaman menjalar, sehingga terlihat ciamik sebagai spot foto. Ada juga hiasan jendela berwarna hijau yang bisa dimanfaatkansebagai latar foto. 

Berjalan lurus, kamu akan melihat area spot foto yang cukup panjang dan dilengkapi berbagai properti. 

Sesuai namanya, yakni Rumah Foto dan Galeri Antik, rumah di area ini memang menjadi salah satu tempat berfoto utama, yang juga menawarkan jual-beli barang tua.

Kamu bisa berfoto dengan barang-barang retro seperti teko, lampu, stoples, sangkar burung, topeng, foto, pajangan dinding, radio, telpon, dan lain-lain di sini. 

Seperti tertera pada peta, spot foto selfie merupakan tempat pertama yang ditemui pengunjung jika masuk melalui pintu Jalan AR Hakim 2. 

Sepanjang spot foto selfie ini, terdapat aneka properti menarik bergaya retro. Di antaranya pintu dan jendela kayu, lemari berisi barang antik, dan hiasan jendela berwarna-warni. 

Sebagai informasi, Kampoeng Heritage Kajoetangan memiliki kurang lebih 30 spot foto yang tertera pada denah.

Oleh karena itu, kamu bisa mencoba menyusuri satu per satu bangunan maupun spot yang terlihat menarik, meski tidak semua bangunan berisi keterangan atau informasi khusus. 

Adapun pengunjung tidak akan dikenakan biaya tambahan saat berfoto, kecuali tiket masuk sebesar Rp 10.000. Namun, kamu bisa memberikan insentif secara sukarela di beberapa tempat yang menyediakan kotak tip. 

Wisata bangunan kuno ini dapat dikunjungi di Jalan Arif Rahman Hakim gg II, Kauman, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur, pukul 08.00 - 18.00 WIB setiap hari. 

https://travel.kompas.com/read/2022/05/08/150300327/12-spot-foto-retro-di-kampoeng-heritage-kajoetangan-malang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke