Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kode Rahasia "Tom Cruise" di Pesawat, Ternyata Ini Artinya

KOMPAS.com – Ada sejumlah frasa yang kerap disampaikan para awak kabin untuk berkomunikasi dengan sesama rekan kerja.

Salah satunya adalah kode "Tom Cruise". Meski mengacu pada nama aktor Hollywood, namun arti kode Tom Cruise tak ada kaitannya dengan sang selebritas, seperti dikutip Kompas.com dari The Sun, Minggu (08/05/2022). 

Seorang dokter sekaligus penulis soal dunia penerbangan, Ben McFarlane mengatakan bahwa kata “Tom Cruise” adalah sesuatu yang berbeda dan tidak ada arti yang glamor.

Jika mendengar kalimat “Tom Cruise is on board (Tom Cruise ada di pesawat)”, artinya kru mengikuti posisi T dan C hari itu.

Tom atau tea (teh) ada di teko sebelah kiri kereta dorong. Sementara Cruise atau coffee (kopi) artinya teko ada di sebelah kanan.

"Sederhana saja," ujar Ben McFarlane.

Jadi, jika mendengar "Tom Cruise ada di pesawat", bukan berarti ia memang sedang berada di penerbangan yang sama denganmu.

Namun, perlu diingat bahwa tak semua pramugari atau awak kabin memiliki kode yang sama. Sehingga, kode ini mungkin tak bakal sering kamu dengar.

Selain "Tom Cruise", kamu mungkin juga mendengar kode-kode lain dalam penerbangan. Melansir The Sun, berikut beberapa di antaranya:

  • Bob

Diungkapkan jika awak kabin membicarakan penumpang yang mereka anggap menarik.

Menurut mantan awak kabin sekaligus penulis buku Confessions of a Qantas Flight Attendant,  Owen Beddall, rekan-rekan sesama awak kabin akan menggunakan kata 'Bob' untuk menyebut penumpang yang berpenampilan menarik.

Istilah ini merupakan singkatan dari 'Best on board' dan para awak kabin menggunakannya tanpa membuat penumpang lain tahu.

  • Cheerio

Menurut salah satu senior awak kabin di Australia, "Cheerio game" dimainkan saat penumpang turun dari pesawat.

Hal itu diungkapkan oleh salah satu anggota kru yang menggunakan nama LTN330 di forum Cabin Crew.

"Ketika Anda berdiri di sana mereka akan mengatakan "terima kasih, selamat jalan, hati-hati", dan ketika melihat seseorang yang disukai akan mengatakan "cheerio".

Tapi, kata dia, itu dilakukan dengan sesama awak kabun dan tantangannya, awak kabin tersebut harus tetap menjaga wajahnya tetap lurus ke depan.

  • Hot Coffee (kopi panas)

Jika Anda mendengar pramugari mengatakan "kopi panas" di lorong tapi kita tetapi tidak siapa pun di sekitar yang minum kopi atau minuman panas, kemungkinan itu adalah kode adanya penumpang berpenampilan menarik di dekatnya.

Dalam sebuah wawancara dengan Yahoo, pramugari Emily Witkop mengungkapkan dirinya ingat kode itu digunakan di antara sesama awak kabin selama berdekade.

"Mereka akan berkata, "Saya punya kopi panas di 3B!" Yang berarti ada penumpang yang sangat menarik di kursi itu yang bisa diperiksa oleh awak kabin lainnya," kata dia.

https://travel.kompas.com/read/2022/05/09/115052627/kode-rahasia-tom-cruise-di-pesawat-ternyata-ini-artinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke