Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Waspadai Rip Current yang Mematikan Saat Liburan ke Pantai

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, tiga orang wisatawan dilaporkan terseret ombak saat bermain air di Pantai Soge, Pacitan, Jawa Timur.

Melansir Antara, Rabu (4/5/2022) peristiwa terseret ombak ini menyebabkan satu di antara korban meninggal dunia.

Sebagaimana diberitakan Kompas.com sebelumnya, Selasa (15/2/2022), arus laut yang sering menyeret korban ke tengah laut disebut sebagai rip current.

Lalu, seperti apa penjelasan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terkait rip current dan bagaimana mengantisipasinya?

Apa itu rip current dan gejalanya

"Secara ilmiah, rip current merupakan arus balik yang terkonsentrasi pada sebuah jalur sempit, yang memecah zona empasan gelombang hingga melewati batas zona gelombang pecah," kata Koordinator Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono, kepada Kompas.com, Selasa (10/5/2022).

Secara fisis, rip current terbentuk jika gelombang laut datang dan mengempas garis pantai yang berbentuk teluk atau cekungan.

"Adanya banyak pantulan muka gelombang yang mengenai "busur teluk", akan memunculkan sejumlah arus susur pantai yang bertemu dan memusat di tengah-tengah "busur teluk," sambung dia.

Arus susur yang saling bertemu di pusat busur teluk ini selanjutnya bergabung, menimbulkan sebuah arus balik menuju ke tengah laut yang mengumpul pada suatu jalur arus yang sempit hingga melewati batas zona gelombang pecah.

Selanjutnya, arus ini bergerak dalam energi sangat kuat dengan kecepatan tinggi.

"Inilah rip current yang menjadi biang keladi dari sederet daftar korban meninggal dan orang hilang terseret arus di pantai," tutur Daryono.

Waspada rip current di pantai berbentuk teluk

Guna meminimalkan kejadian terseret rip current, Daryono mengimbau wisatawan untuk berhati-hati saat bermain di perairan dengan garis pantai berbentuk teluk, atau cekungan.

"Rip current ini terbentuk jika gelombang laut datang dan mengempas garis pantai yang berbentuk teluk atau cekungan," tutur dia.

Wisatawan pun diimbau untuk berhati-hati dan menjauh dari bibir pantai saat ombak datang. Lebih aman lagi jika wisatawan tidak terlalu ke tengah laut dan hanya bermain di area pasir.

https://travel.kompas.com/read/2022/05/10/213100327/waspadai-rip-current-yang-mematikan-saat-liburan-ke-pantai

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke