Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Wisata Tangerang dan Tangerang Selatan untuk Hindari Cuaca Panas 

KOMPAS.com - Sebagian wilayah di Indonesia tengah dilanda cuaca panas pada beberapa hari terakhir. Data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat ,suhu tertinggi mencapai 36,1 derajat celsius terjadi di wilayah Tangerang, Banten. 

Selain Tangerang, wilayah di Indonesia dengan suhu paling tinggi adalah Kalimarau, Kalimantan Utara. Data itu dihimpun BMKG selama periode 1-7 Mei 2022.

Saat cuaca panas, sebagian masyarakat mempunyai kecenderungan enggan beraktivitas di luar rumah, termasuk berlibur di ruang terbuka yang terkena paparan sinar matahari langsung. 

Sebagai gantinya, kamu bisa mencari tempat wisata di dalam ruangan (indoor) maupun tempat wisata yang teduh, sehingga liburan kamu tidak terganggu dengan cuaca ekstrem. 

Berikut 10 rekomendasi tempat wisata Tangerang untuk hindari cuaca panas. 

1. The Breeze

The Breeze merupakan perpaduan antara pusat perbelanjaan, tempat wisata kuliner, beragam fasilitas gaya hidup (lifestyle), dan hiburan. Mengutip situs resminya, tempat ini mengusung konsep open air lifestyle & entertainment center (pusat hiburan dan gaya hidup di udara terbuka).

Pengunjung bisa menikmati sejumlah fasilitas di The Breeze, antara lain mal, supermarket, aneka kuliner nusantara dan mancanegara, arena basket, kolam ikan, dan taman bermain anak.

Bahkan, ada jalur sepeda dan lari yang disediakan pihak pengelola. Namun, jangan khawatir terhadap cuaca terik karena jalur sepeda dan lari itu dikelilingi pepohonan.

Lokasinya berada di kawasan BSD Green Office Park, Jalan BSD Grand Boulevard, BSD City, Kabupaten Tangerang. 

Sesuai namanya, tempat wisata ini mengusung konsep jalanan Broadway yang populer di kawasan Manhattan, New York, Amerika Serikat (AS).

Dikutip dari Kompas.com, Senin (2/5/2022), pengunjung dapat menemukan banyak spot foto Instagramable bak jalanan Broadway yang terkenal sebagai pusat industri teater. 

Broadway Alam Sutera dilengkapi dengan kafe-kafe kekinian sepanjang jalan. Pengunjung tak perlu takut cuaca terik karena bisa berteduh sembari menyantap hidangan di kafe.

Lokasinya berada di area barat The Flavor Bliss Alam Sutera, tepatnya di Jalan Alam Sutera Boulevard, Serpong Utara, Tangerang Selatan. 

Bersantai di taman yang teduh bisa menjadi alternatif berwisata saat cuaca terik. Salah satunya adalah Taman Potret. 

Taman ini diberi naman Taman Potret karena memiliki beberapa spot foto yang menarik, seperti dikutip dari Tribun Travel, Jumat (17/5/2019)

Masyarakat yang datang ke taman ini umumnya bersantai sambil berfoto di spot tersebut. Ikon spot foto di taman ini adalah replika perahu dan tulisan Taman Potret dengan patung penari.

Jangan takut kepanasan, sebab taman ini dikelilingi pohon rimbun. Lokasinya berada di Jalan Jenderal Sudirman, Babakan, Kecamatan Tangerang, bersebelahan dengan Tangerang City Mall. 

4. Taman Menteng Bintaro 

Taman lainnya yang bisa menjadi alternatif wisata di tengah cuaca terik adalah Taman Menteng. Lokasinya berada di Bintaro Sektor 7, Tangerang Selatan. 

Dilansir dari Tribun Travel, Jumat, Taman Menteng merupakan area terbuka hijau di Tangerang Selatan. 

Taman ini ditumbuhi pepohonan. Pengunjung pun bisa duduk-duduk santai di taman.

Selain itu, masyarakat bisa berolahraga di area taman. Taman Menteng juga ramah anak-anak, karena terdapat area bermain. 

Taman Kota 2 merupakan wisata murah meriah yang berada di Serpong, Tangerang Selatan.   Mengutip Kompas.com (06/05/2022), Taman Kota 2 mempunyai banyak fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung.

Warga yang bermain di Taman Kota 2 bisa berjalan-jalan santai di tepi aliran sungai buatan.   Selain itu, ada deretan pohon pinus yang menyejukkan saat cuaca terik seperti sekarang ini. 

Selain pohon pinus yang sejuk, pengunjung juga dimanjakan dengan danau buatan yang indah.

Adapula aneka wahana untuk anak seperti trampolin, mobil-mobilan, sepeda motor anak, sepeda anak, delman dan ATV.

Jadi, Taman Kota 2 ini cocok untuk dikunjungi rombongan keluarga yang membawa serta anak-anak. 

Museum adalah pilihan wisata indoor yang tepat di tengah cuaca panas. Selain melepas penat, kamu juga bisa mempelajari sejarah. 

Salah satu museum di Tangerang adalah Museum Benteng Heritage, yang merupakan hasil restorasi sebuah bangunan berasitektur tradisional Tionghoa. 

Menurut situs web Museum Benteng Heritage, bangunan ini diperkirakan didirikan pada pertengahan abad 17, sehingga merupakan salah satu bangunan tertua di Kota Tangerang. 

Saat memasuki museum, pengunjung dapat mengetahui sejarah kehidupan etnis Tionghoa. Terdapat sejumlah artefak yang menjadi saksi sejarah kedatangan rombongan armada Laksamana Cheng Ho di Teluk Naga, Tangerang pada tahun 1407.

Lokasi Museum Benteng Heritage berada di Jalan Cilame Nomor 20, Pasar Lama, Tangerang. 

7. Kawasan hutan jati di Kecamatan Sindang Jaya

Hutan Jati Raya Sindang Asih menawarkan suasana alam pepohonan jati bagi pengunjung. Lokasinya berada di Kecamatan Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang. 

Berdasarkan informasi dari Web Terpadu Kabupaten Tangerang, tempat wisata ini juga menawarkan wahana permainan untuk anak-anak maupun dewasa. 

Adapula spot foto Instagramable, salah satunya hammock warna warni yang tergantung di antara pohon jati.

Kamu bisa menghabiskan waktu libur sembari menikmati suasana alam hutan jati di obyek wisata ini.

8. Aeon Mall BSD 

Mal menjadi tempat wisata favorit di tengah cuaca panas karena pengunjung bisa terlindungi dari sinar matahari langsung. 

Tangerang sendiri mempunyai sejumlah mal besar dan lengkap, salah satunya Aeon Mall yang berlokasi di kawasan BSD. Pusat perbelanjaan ini dipenuhi tenant baik lokal maupun internasional, area kuliner, taman, supermarket, area parkir, musala, dan spot foto Instagramable. 

Selain Aeon Mall BSD, kamu juga bisa mengunjungi sejumlah pusat perbelanjaan besar lainnya di Tangerang. Di antaranya Bintaro Jaya Xchange Mall, Summarecon Mall Serpong, Supermall Karawaci, Living World, dan Mall Alam Sutera. 

9. Kampung Konservasi RIMBUN

Kampung Konservasi RIMBUN menawarkan wisata edukasi alam. Dikutip dari Tribun News, Selasa (16/2/2016), pengunjung dapat belajar cara menanam, merawat, dan membeli bibit tanaman dan sayur-sayuran.

Kawasan wisata ini dikelilingi pepohonan, sehingga pengunjung dapat terlindungi dari cuaca terik. Selain itu, ada sejumlah gazebo di area Kampung Konservasi RIMBUN. 

Obyek wisata edukasi ini dulunya adalah kebun cabai, yang dikembangkan menjadi tempat wisata alam. Lokasinya berada di Jalan Haji Jamat, Ciater, Serpong, Tangerang Selatan.

Scientia Square Park merupakan obyek wisata keluarga yang menghadirkan berbagai aktivitas. Meskipun mengusung konsep outdoor, namun area Scientia Square Park dikelilingi pohon sehingga wisatawan dapat berteduh. 

Berdasarkan informasi dari Web Terpadu Kabupaten Tangerang, pengunjung bisa menikmati beragam wahana, seperti berkuda, memberi makan ikan dan kelinci, panjat tebing, belajar menanam padi, memancing, dan berfoto bersama burung. Jadi tempat wisata yang satu ini cocok didatangi bersama anak kecil.

Scientia Square Park juga menyediakan beragam pilihan restoran, sehingga wisatawan bisa menyantap makanan sembari berteduh.

Adapula sejumlah wahana indoor yang tersedia Scientia Square Park, salah satunya Sweet Treats. Pengunjung bisa mengabadikan foto Instagramable di wahana ini dengan latar belakang warna-warna cerah.

Lokasi Scientia Square Park berada di Scientia Boulevard, Curug Sangereng, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang. 

https://travel.kompas.com/read/2022/05/11/140800527/10-wisata-tangerang-dan-tangerang-selatan-untuk-hindari-cuaca-panas

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+