Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alun-alun Bandung Tutup Sementara, akibat Sampah dan Berkerumun

KOMPAS.com - Pemerintah Kota Bandung menutup sementara Taman Alun-alun Kota Bandung, sejak Jumat (06/05/2022).

Seperti diumumkan melalui Instagram @humas_bandung, penutupan dilakukan karena beberapa waktu lalu terjadi kerumunan dan sampah berserakan di area taman.

Hal itu juga dibenarkan oleh Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Pertanahan, dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung, Dadang Darmawan.

"Waktu libur lebaran itu pengunjung banyak, ditambah sampah berserakan. Maka kami tutup sementara," ujar Dadang di sela peresmian ruang terbuka publik di Itenas, Bandung, Rabu (11/05/2022), seperti dikutip Kompas.com dari Tribun Jabar.

Adapun Alun-alun Bandung memang menjadi salah satu destinasi wisata utama bagi masyarakat Bandung dan sekitarnya, terutama jika mencari tempat liburan hemat yang bisa dikunjungi bersama keluarga.

Lokasinya berada di Jalan Asia Afrika, Bandung, dekat dengan sejumlah destinasi populer lain, seperti Jalan Braga, Museum Konferensi Asia Afrika, dan Pendopo Kota Bandung.

  • 15 Kafe Bandung Murah Buat Tempat Ngopi Asyik dan Instagramable
  • 8 Tempat Ngopi Murah di Braga, Asyik Buat Nongkrong

Belum diketahui kapan Alun-alun Bandung dibuka kembali.

Menurut Dadang, secara aturan, baik Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) maupun Keputusan Wali Kota, tempat itu sebetulnya sudah diperbolehkan buka.

"Memang berdasarkan aturan taman itu sudah boleh dibuka, termasuk alun-alun. Catatannya, protokol kesehatan diterapkan dengan ketat, termasuk tidak boleh berkerumun," ucapnya.

Ia menambahkan, pembukaan kembali Alun-alun Bandung bersifat kondisional, tergantung sejumlah faktor seperti salah satunya jika jumlah pengunjung yang datang bisa dikendalikan.

Menurut pihaknya, periode lebaran pada Sabtu dan Minggu pekan lalu menjadi puncak membeludaknya pengunjung Alun-alun Bandung.

"Sekarang sih kondisinya sudah normal karena sudah mulai masuk kerja dan bersiap masuk sekolah," tutur Dadang.

  • 10 Vila Bandung dengan Private Pool yang Instagramable dan Nyaman
  • 19 Vila Instagramable di Bandung, Ada yang Bergaya Jepang

Adapun selama periode libur lebaran, taman di Bandung yang mengalami kerusakan hanya Taman Alun-alun Bandung.

Sehingga, pembatasan yang dilakukan oleh Pemkot Bandung hanya pada akses masuk di depan pendopo dan shelter bus. yang aat ini sedang dilakukan pemeliharaan beberapa fasilitas, termasuk memerbaiki sejumlah fasilitas yang rusak.

"Tidak semua taman yang pengunjungnya membeludak seperti di Taman Alun-alun Bandung. Jadi, taman lainnya relatif aman saat libur lebaran, kecuali masalah sampahnya saja," tambah dia.

https://travel.kompas.com/read/2022/05/11/212311227/alun-alun-bandung-tutup-sementara-akibat-sampah-dan-berkerumun

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke