Salin Artikel

15 Wisata Alam di Semarang, Cocok untuk Libur Panjang 

KOMPAS.com - Semarang, Jawa Tengah mempunyai banyak tempat wisata alam. Saat libur panjang, akhir pekan, dan long weekend, semuanya cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman. 

Wisata alam itu meliputi wisata gunung, dataran tinggi, danau, wisata edukasi bertema alam, air terjun, hingga pantai. Lokasinya tersebar di kota maupun kabupaten Semarang. 

Berikut 15 wisata alam Semarang yang cocok untuk libur panjang.

1. Kampoeng Kopi Banaran

Kampoeng Kopi Banaran merupakan wisata alam terintegrasi di Kabupaten Semarang. Wisatawan bisa menikmati panorama alam, menjelajah kebun kopi, menikmati kegiatan outdoor, makan di restoran, dan camping. 

Mengutip Kompas.com (8/4/2022), tempat wisata ini dikelilingi panorama tujuh gunung. Ada Gunung Merbabu, Sindoro, Sumbing, Andong, Ungaran, Telomoyo, dan Ungaran. 

Selain itu, wisatawan yang berkunjung bisa menikmati pemandangan langsung ke Rawa Pening. 

Kampoeng Kopi Banaran menawarkan fasilitas lengkap, mulai dari kebun kopi, penginapan, restoran, fasilitas pertemuan, camping, arena bermain anak, jogging track, kolam renang, gazebo, musholla, offroad, kereta wisata, dan lainnya.

Kampoeng Kopi Banaran terletak di Area Perkebunan Kopi Kebun Getas Afdeling Assinan. Lokasinya cukup strategis di pinggir Jalan Raya Semarang – Solo Km 35.

Meski terletak di tengah kota, Kampoeng Kopi Banaran berada di ketinggian ketinggian 480 – 600 meter di atas permukaan laut (mdpl) sehingga memiliki suhu udara sejuk antara 23 sampai 27 derajat Celcius. 

2. Rawa Pening

Rawa Pening adalah danau alami yang memiliki luas sekitar 2.670 hektar. Danau ini berada di empat wilayah kecamatan di Kabupaten Semarang, yaitu Kecamatan Bawen, Kecamatan Ambarawa, Kecamatan Tuntang, dan Kecamatan Banyubiru. 

Mengutip Kompas.com (27/12/2021), dari lokasi danau, wisatawan bisa menikmati pemandangan  Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran. 

Selain itu, Rawa Pening memiliki banyak spot foto Instagramable, antara lain jembatan panjang di atas rawa dan patung naga besar.

Patung naga berukuran besar itu, menggambarkan wujud naga dalam legenda asal usul Rawa Pening, yakni Baru Klinthing.

Lokasi Rawa Pening cukup strategis karena berada di pinggir jalan utama, sehingga cocok menghabiskan waktu libur panjang. 

3. Taman Bunga Celosia Bandungan

Sesuai namanya, obyek wisata ini dipenuhi dengan beragam bunga warna-warni, seperti dikutip dari Tribun Travel (23/12/2021). Selain bunga celosia, terdapat jenis bunga lainnya seperti lavender dan krisan.

Taman Bunga Celosia menghadirkan banyak spot foto Instagramable, seperti rumah hobbit, balon udara, Rural Japanese, White Marine Park, New Little Korea, Little Amsterdam, dan taman lampion.

Taman Bunga Celosia juga menyediakan Cafe Garden Celosia yang dapat digunakan wisatawan untuk bersantai sembari menikmati pemandangan dari ketinggian. 

Obyek wisata ini berada di kaki Gunung Ungaran sehingga udaranya masih sejuk. Lokasinya berada di Jalan Wisata Candi Gedong Songo km 0,5, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. 


4. Cimory on The Valley 

Cimory on The Valley merupakan wisata edukasi bertema alam. Wisata satu ini cocok untuk liburan bersama keluarga, khususnya jika ada anak kecil. 

Sembari melepas penat, kamu bisa mengenalkan edukasi tentang alam dan hewan kepada anak-anak. Wahana edukasi itu meliputi menunggang kuda, memerah susu sapi, dan memberi makanan ternak. 

Ada pula beragam spot foto Instagramable di Cimory on The Valley, yakni ikon dari sejumlah negara di dunia.

Lokasinya cukup strategis tepatnya di Jalan Soekarno Hatta, Begojuh, Jatijajar, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang. 

5. Candi Gedong Songo 

Candi Gedong Songo merupakan wisata budaya, sekaligus wisata alam karena menawarkan panorama indah.

Mengutip Kompas.com (18/3/2022), candi bercorak Hindu ini berada di ketinggian 1.200 mdpl, sehingga memiliki pemandangan yang indah. 

Tak sedikit pecinta foto yang mengabadikan panorama matahari terbit dari Candi Gedong Sonong.

Keunikan memotret matahari terbit dari Candi Gedong Songo adalah terdapat gugusan awan, gunung-gunung di Jawa Tengah, dan matahari terbit di antara candi, sehingga terlihat lebih sakral.

Tempat wisata ini juga dilengkapi dengan kolam pemandian air panas yang memiliki kandungan belerang. Lokasinya berada di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

6. Agrowisata Kopeng Gunungsari

Tempat wisata alam selanjutnya adalah Agrowisata Kopeng. Dari tempat ini, pengunjung bisa menikmati keindahan Gunung Telomoyo, Gunung Sumbing, dan Rawa Pening seperti dikutip dari Kompas.com (2/8/2021). 

Obyek wisata ini memadukan keindahan taman bunga, pemandangan pegunungan, dan udara sejuk. Tak jauh dari lokasi Agrowisata Kopeng Gunungsari, terdapat Gardu Panjang Kopeng. 

Dari gardu pandang, wisatawan bisa menikmati pemandangan beberapa gunung, yakni Sindoro, Sumbing, Andong, dan Telomoyo.

Agrowisata Kopeng Gunungsari berlokasi di Jalan Umbul Songo, Kopeng, Kecamatan Getasan, Semarang. 

7. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti berada di lereng Gunung Ungaran, sehingga memiliki pemandangan khas pegunungan dan udara segar. 

Mengutip Tribun Travel, (19/1/2022), ikon wisata ini adalah kolam renang yang bernama Taman Renang Alam. Keunikan dari kolam renang ini adalah pemandangan langsung menghadap ke gunung dan air dari mata air alami pegunungan. 

Fasilitas lainnya yang ada di Umbul Sidomukti adalah penginapan, restoran, kafe, area outbond, dan spot foto Instagramable. 


8. Watu Gunung 

Obyek wisata ini berada di Bandungan, Kabupaten Semarang. Mengutip Tribun Travel (3/4/2021), Watu Gunung merupakan obyek wisata yang mengusung konsep wisata alam, pegunungan, dan budaya.

Pengunjung akan dimanjakan dengan udara sejuk selama berada di Watu Gunung. Selain itu,  terdapat sungai, pepohonan asri,  danau buatan, dan gaezobe yang dapat digunakan pengunjung untuk bersantai.

9. Eling Bening

Eling Bening taman rekreasi bertema alam. Mengutip Kompas.com (17/10/2020), Eling Bening menawarkan pemandangan alam yang indah berupa Gunung Merbabu, Andong, Telomoyo, Danau Rawa Pening, dan hamparan sawah hijau.

Selain panorama alam, obyek wisata ini memiliki sejumlah fasilitas antara lain kolam renang, kafe, restoran, outbound, camping ground, dan ruang pertemuan.

Tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga pada libur panjang. Lokasinya berada di Jalan Sarjono, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang. 

10. Gunung Telomoyo

Bagi pecinta wisata gunung, Gunung Telomoyo merupakan salah satu wisata alam favorit di Kabupaten Semarang. 

Mengutip Kompas.com, Gunung Telomoyo dapat dijangkau dengan mudah oleh wisatawan dengan berkendara. Gunung setinggi 1.894 mdpl ini mempunyai sejumlah wahana bagi pengunjung.  

Ada spot foto dari ketinggian, flying fox, gardu pandang, dan area kemah. Dari puncak Gunung Telomoyo, wisatawan bisa melihat panorama indah Gunung Merbabu, Gunung Andong, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan Rawa Pening.

11. Bukit Gombel 

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (17/10/2020), Bukit Gombel disebut sebagai tanah tertinggi di kota Semarang. Sebab, bukit ini menjadi tempat berdirinya menara pemancar radio, televisi, dan telekomunikasi.

Wisata alam ini menawarkan panorama indah dari ketinggian. Saat berkunjung malam hari, wisatawan bisa melihat hamparan bintang yang berkilau di langit dan cahaya lampu kota.

Pengunjung dapat menikmati udara sejuk dari atas Bukit Gombel. Terdapat sejumlah fasilitas bagi wisatawan seperti penginapan, tempat parkir, dan rumah makan. Lokasinya berada di Ngesrep, Banyumanik, Kota Semarang.


12. Pantai Marina

Mengunjungi Semarang, tak lengkap rasanya tanpa berwisata ke pantai. Salah satu pantai favorit di Kota Atlas adalah Pantai Marina. 

Pengunjung juga bisa menikmati keindahan hutan bakau di sekitar Pantai Marina. Selain itu, wisatawan bisa menyewa kapal untuk menikmati keindahan pantai. 

Sepanjang pantai terdapat beberapa warung kuliner yang menjajakan aneka seafood. Pantai Marina terletak di utara Kota Semarang dekat dengan Bandara Ahmad Yani, tepatnya di Jalan Yos Sudarso, Tawang Sari, Kota Semarang. 

13. Air Terjun Kali Pancur 

Berbicara tentang wisata alam, tak lengkap tanpa membahas air terjun. Salah satu wisata air terjun di Semarang yang terkenal adalah air terjun Kali Pancur. 

Mengutip Kompas.com (17/10/2020), air terjun Kali Pancur merupakan air terjun tertinggi di Semarang dengan ketinggian mencapai 100 meter. Lokasinya berada di lereng Gunung Telomoyo, tepatnya di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. 

Sekeliling air terjun dipenuhi pepohonan hijau sehingga wisatawan dapat menikmati suasana asri, alami, dan sejuk. Selain itu, wisatawan dapat bermain air di kolam, bersantai menikmati pemandangan, dan mengambil foto Instagramable.

13. Pantai Maron 

Pantai Maron terkenal dengan hutan mangrove di area sekitar pantai, seperti dikutip dari Kompas.com (6/5/2022). Pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang hutan yang mangrove maupun berjalan di atas jembatan bambu yang tersedia. 

Dari Pantai Maron, wisatawan bisa melihat berbagai aktivitas nelayan salah satunya mengolah hasil tambak udang untuk dijadikan terasi atau olahan lainnya.

Selain itu, ada sejumlah gazebo yang tersedia bagi wisatawan. Lokasi Pantai Maron berada di Tugu Rejo, Kota Semarang, Jawa Tengah.

14. Curug Lawe

Selain air terjun Kali Pancur, Kabupaten Semarang juga memiliki  Curug Lawe Benowo Kalisidi (CLBK) atau lebih dikenal sebagai Curug Lawe. Lokasinya berada di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. 

Mengutip Kompas.com (4/1/2022), akses menuju Curug Lawe cukup mudah. Dari alun-alun lama Ungaran, wistawan membutuhkan waktu tempuh sekitar 20 menit.

Selain itu, kondisi jalannya terhitung bagus. Selama perjalanan, wistawan akan disuguhi pemandangan hamparan sawah, pepohonan rindang, dan perkebunan cengkeh.

Namun, untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus berjalan kaki kurang lebih satu jam dari tempat parkir. Curug Lawe yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan debit air yang lumayan deras. 

15. Brown Canyon

Obyek wisata satu ini cukup tenar di kalangan pemburu wisata alam Instagramable. Sebab, Brown Canyon menawarkan pesona tebing-tebing yang curam seperti di Grand Canyon, AS. 

Brown Canyon merupakan bekas galian tambang yang dialihfungsikan sebagai tempat wisata. Selain pesona tebing curam, wisatawan juga bisa berfoto di tepi kolam bekas tambang. Lokasinya berada di Rawosari, Tembalang, Kota Semarang. 

https://travel.kompas.com/read/2022/05/14/200800227/15-wisata-alam-di-semarang-cocok-untuk-libur-panjang-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Rute ke Bandara Adi Soemarmo yang Ternyata Bukan di Kota Solo

Rute ke Bandara Adi Soemarmo yang Ternyata Bukan di Kota Solo

Travel Tips
Batik Air Resmikan Rute Medan Kualanamu-Singapura Mulai 1 Juli 2022

Batik Air Resmikan Rute Medan Kualanamu-Singapura Mulai 1 Juli 2022

Travel Update
Candi Plaosan, Saksi Cinta Beda Agama di Desa Wisata Bugisan Jateng

Candi Plaosan, Saksi Cinta Beda Agama di Desa Wisata Bugisan Jateng

Jalan Jalan
Mahalnya Tiket Pesawat Pengaruhi Kunjungan Wisatawan ke Lombok Tengah

Mahalnya Tiket Pesawat Pengaruhi Kunjungan Wisatawan ke Lombok Tengah

Travel Update
Piala Dunia 2026 Digelar di 3 Negara dan 16 Kota, Simak Stadionnya

Piala Dunia 2026 Digelar di 3 Negara dan 16 Kota, Simak Stadionnya

Jalan Jalan
Kapan Waktu Menyampaikan Ucapan Idul Adha? Jangan Sampai Telat

Kapan Waktu Menyampaikan Ucapan Idul Adha? Jangan Sampai Telat

Travel Tips
Mengenal Rumah Paling Terpencil di Dunia di Islandia

Mengenal Rumah Paling Terpencil di Dunia di Islandia

Jalan Jalan
Jangan Bawa Barang Saat Evakuasi Darurat dari Pesawat, Ini Alasannya

Jangan Bawa Barang Saat Evakuasi Darurat dari Pesawat, Ini Alasannya

Travel Tips
Kenapa Idul Adha Disebut Lebaran Haji? Simak Penjelasannya 

Kenapa Idul Adha Disebut Lebaran Haji? Simak Penjelasannya 

Jalan Jalan
147 Desa di Sikka NTT Diimbau Prioritaskan Sektor Pariwisata

147 Desa di Sikka NTT Diimbau Prioritaskan Sektor Pariwisata

Travel Update
10 Wisata Alam Subang, Bisa Dikunjungi Saat Hari Libur

10 Wisata Alam Subang, Bisa Dikunjungi Saat Hari Libur

Jalan Jalan
Wacana Biaya Kontribusi Konservasi TN Komodo Rp 3,75 Juta, Ketahui 10 Hal Ini

Wacana Biaya Kontribusi Konservasi TN Komodo Rp 3,75 Juta, Ketahui 10 Hal Ini

Travel Update
Disneyland Shanghai Buka Lagi Setelah Tutup Sejak 21 Marer 2022

Disneyland Shanghai Buka Lagi Setelah Tutup Sejak 21 Marer 2022

Travel Update
6 Tradisi Idul Adha di Arab Saudi, Bagi Daging Kurban Lintas Negara

6 Tradisi Idul Adha di Arab Saudi, Bagi Daging Kurban Lintas Negara

Jalan Jalan
Pasca-Kecelakaan Kapal Wisata di Labuan Bajo, Nakhoda Diminta Lebih Profesional

Pasca-Kecelakaan Kapal Wisata di Labuan Bajo, Nakhoda Diminta Lebih Profesional

Travel Update
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.