Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

34 Wisata Bogor yang Asri dan Instagramable, Pas buat Libur Panjang

KOMPAS.com – Bogor bisa dibilang sebagai destinasi wisata yang banyak dikunjungi  warga Jakarta dan sekitarnya sebagai tempat liburan. 

Di kawasan Bogor diketahui banyak menawarkan tempat wisata bagi keluarga, anak muda, hingga anak-anak yang asyik. 

Bagi yang ingin menghabiskan waktu liburannya di Bogor, Kompas.com telah merangkum sejumlah tempat wisata menarik dan instagramable yang pas dikunjungi.

Tempat wisata Bogor untuk libur sekolah

1. Highland Park Resort

Lokasi Highland Park Resort berada di kaki Gunung Salak dan termasuk dalam bagian Taman Nasional Halimun. 

Tempat wisata ini mengusung konsep bernuansa Barat dan Timur, ada berbagai jenis glamping yang bisa disewa, ada tenda bangsa Mongolia dan Indian.

Kemudian di sana pengujung juga bisa menikmati berbagai fasilitas seperti kolam renang, tempat meeting, teman makan, flying fox, paintball, zip bike dan masih banyak lainnya. 

Highland Park Resort berlokasi di Jalan Curug Nangka Sinarwangi, Sukajadi, Bogor, Jawa Barat, serta dibuka selama 24 jam.

2. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas berada di ketinggian 1.300 sampai 1.425 meter di atas permukaan laut (mdpl) dengan luas 84,99 hektar, seperti dilansir dari laman Kebun Raya Cibodas. 

Tempat wisata ini asri dan sejuk. Sangat cocok untuk tempat menghabiskan liburan dengan bersantai dan menikmati pemandangan di tempat ini, termasuk jika ingin datang bersama keluarga dan anak.

Banyak spot menarik yang bisa digunakan untuk foto. Jika ingin berkeliling, pengunjung juga bisa juga menyewa sepeda atau menaiki shuttle bus. 

Kebun Raya Cibodas berlokasi di Kompleks Hutan Gunung Gede dan Gunung Pangrango, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, buka pukul 08.00 WIB sampai 18.00 WIB. 

3. Curug Barong

Lokasi Curug Barong ada di Kampung Wangun, Leuwikaret, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat.

Untuk sampai di lokasi, wisatawan bisa berjalan dari hulu Sungai Ciliwung selama kurang lebih 40 menit. 

Sampai di tempat ini, wisatawan langsung disambut dengan curug dengan ketinggian tujuh meter, sekaligus bebatuan indah yang mengitari air terjun.  

4. Telaga Warna Bogor

Letak Telaga Warna cukup tersembunyi, yakni berada di balik perkebunan teh. Wisata ini pertama kali dibuka pada 2018. 

Selain menyuguhkan pemandangan gunung dan hamparan kebun teh yang luas, air di telaga ini juga sangat jernih dan menyegarkan mata.

Suasananya yang asri dan udara segar membuat pengujung betah untuk bersantai dan berlama-lama di tempat ini.

Telaga Warna berlokasi di Jalan Raya Puncak km 90, Telaga Warna, Desa Utara, Bogor, Jawa Barat dan bisa dikunjungi setiap saat karena buka 24 jam. 

5. Titik Kumpul

Titik Kumpul adalah tempat ngopi yang terbilang baru dan cocok digunakan untuk nongkrong bersama kerabat.

Salah satu kafe di Puncak ini menawarkan konsep seperti beach club Bali dengan dilengkapi fasilitas kolam renang di tengah kafe. 

Jam bukanya untuk Senin sampai Kamis adalah pukul 13.00-22.00 WIB. Namun pada Hari Jumat, kamu bisa mengunjunginya mulai pukul 12.00-23.00 WIB. Adapun untuk hari Sabtu dan Minggu, pengunjung bisa datang pukul 12.00-22.00 WIB. 

Alamat Titik Kumpul ada di Jalan Cikopo Selatan Nomor 14, Sukagalih, Megamendung, Bogor, Jawa Barat. 

Lokasi Kopi Tubing terletak di pinggir Sungai Cikuluwung dan punya desain sederhana tapi tampak nyaman.

Ada wahana rafting dengan ban dan pelampung bagi pengujung yang ingin merasakan derasnya arus Sungai Cikuluwung. Alamat lengkapnya ada di Gn. Menir, Ciasihan, Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

7. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara merupakan tempat yang memiliki banyak sekali koleksi berbagai jenis bunga dari berbagai dunia yang disusun dengan indah. 

Dikutip dari situs resminya, taman ini adalah sebuah taman yang memiliki standar internasional dan sudah disiapkan sejak 1992.

Ada berbagai taman dengan tema-tema menarik di dalamnya, seperti Taman Bali, Taman Perancis, Taman Mediterania, dan Taman Gaya Jepang.

Taman Bunga Nusantara berlokasi di Jalan Mariwati km 7, Kawungluwuk, Cianjur, Jawa Barat. Setiap hari buka pada pukul 09.00 sampai 17.00 WIB. 

8. Wisata Argo Inkarla

Wisata Agro Inkarla menawarkan banyak sekali aktivitas menarik bagi pengunjungnya dari taman bunga, rumah pohon, area outbound, hingga lapangan bermain.

Tempat ini juga bisa digunakan sebagai tempat istirahat dan bersantai dan dilengkapi dengan villa, lalu bisa juga untuk menggelar acara karena juga ada aula yang ukurannya cukup luas.

Jika menginap di sini, pengunjung dapat menikmati taman bunga sekaligus merasakan sensasi tidur dengan nuansa alam yang kental. 

Wisata Argo Inkarla berlokasi di Jalan Singabarong, Cipanas, Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.


9. Roofpark Cafe & Restaurant

Salah satu pilihan kafe di Puncak yang dapat dikunjungi adalah Roofpark Cafe & Restaurant, berlokasi di Istana Raja Fo, Jalan Raya Puncak-Cianjur, Palasari, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. 

Roofpark Cafe & Restaurant cocok dijadikan tempat ngopi sambil bersantai, apalagi pada hari Minggu hingga Jumat akan tersaji live music. 

Selain kopi, tersedia juga makanan berat seperti nasi bebek, nasi goreng, sate kambing hingga paket liwet yang bisa dinikmati. 

Jam bukanya mulai dari pukul 10.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB, bisa dikunjungi setiap hari tanpa libur. 

10. Taman Sempur

Tempat wisata lainnya yang lokasinya sangat dekat dengan Stasiun Bogor adalah Taman Sempur.

Pengunjung yang datang ke tempat ini bisa menikmati pemandangan sekaligus menjajal kuliner lezat dan nikmat. 

Biasanya pada hari libur, taman ini sangat ramai karena orang-orang datang untuk berolahraga dan merupakan salah satu gelanggang olahraga masyakarat Bogor. 

11. Taman Safari Indonesia

Jika berniat berlibur bersama keluarga dan anak, direkomendasikan untuk berkujung ke Taman Safari Indonesia. 

Kebun binatang yang dinobatkan sebagai situs konservasi terbaik di oleh Kemterian Kehutanan Indonesia ini memiliki beragam fasilitas hiburan yang sangat menarik. 

Selain melihat berbagai jenis bintang, ada banyak wahana yang cocok untuk anak-anak dari mulai pertunjukan satwa, bermain di theme park, serta tersedia pula water park dan juga jalur treking. 

Taman Safari Indonesia berlokasi di Desa Cibeureum, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Saat weekend buka pukul 08.30 WIB sampai 17.00 WIB. Sementara itu  di hari biasa Senin hingga Jumat buka pukul 09.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB. 

12. Museum PETA Bogor

Mengetahui sejarah mengenai Indonesia merupakan hal yang penting. Oleh karena itu, berkujung ke Museum PETA (Pembela Tanah Air) adalah pilihan yang tepat. 

Bangunan museum tersebut sudah didirikan dari tahun 1745, sebelumnya adalah bekas tempat tentara KNIL. 

Bila datang ke Museum Peta, banyak sekali peninggalan sejarah yang bisa dilihat, berikut dengan kisah lengkapnya. 

Jika ingin berkunjung alamatnya ada di Jalan Jendral Sudirman Nomor 35, RT 01/RW 05, Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. 

Adapun jadwal bukanya dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB Senin sampai Jumat. Sedangkan Sabtu buka pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB. Sementara Hari Minggu bisa dikunjungi mulai pukul 10.00 sampai 17.00 WIB. 


13. Kopi Tepian Sentul

Kopi Tepian Sentul adalah tempat ngopi yang berada di pinggir sungai, jadi suasana yang ditawarkan masih sangat asri.

Lokasinya di Kampung Babakan Ngantay RT 02/RW 08 Karang Tengah, Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Mengusung konsep "Back To Nature", kafe ini menghadirkan sentuhan alam lewat ornamen-ornamen kayu pada furniturnya.

Pengunjung yang datang diharapkan bisa melepas stres sambil menikmati kopi dan pemandangan alamnya.

Selain kopi dan menu pendamping, seperti omelete dan roti bakar, Kopi Tepian juga menyediakan makanan berat tradisional khas Indonesia.

Kopi Tepian buka setiap hari, mulai pukul 07.00 hingga 18.00 WIB, kecuali Jumat buka dua sesi pada pukul 08.00 WIB hingga 11.30 dan mulai buka lagi di pukul 13.00 WIB sampai 18.00 WIB. 

14. Taman Kencana

Taman Kencana beralamat di Jalan Taman Kencana Nomor 3, RT.03/RW.03, Babakan, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. 

Taman ini sudah berdiri sangat lama. Pembangunannya sudah mulai direncanakan pada 1917 bersamaan dengan pengembangan Kota Bogor.  

Saat pertama sampai di tempat ini, udara segara dan sejuk langsung menyapa. Taman ini juga sangat cantik dengan dikelilingi pohon-pohon besar.

15. Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

Museum Nasional Sejarah Alam (Munasain) terletak di Paledang, Bogor Tengah, Bogor Jawa Barat, adalah satu-satunya museum mengenai sejarah alam yang ada di Indonesia.

Pengujung bisa mendapatkan informasi lengkap dan terkini mengenai berbagai jenis ekosistem serta sumber daya hayati di Nusantara. 

Jam buka museum ini sama setiap harinya, yakni pada pukul 08.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB. Adapun harga tiket masuk ke Munasain adalah Rp 15.000 per orang. 

16. Taman Meksiko

Tempat wisata lain di dekat Stasiun Bogor adalah Taman Meksiko. Lokasinya masih berada di kawasan yang sama dengan Kebun Raya Bogor.

Taman ini memiliki banyak sekali koleksi kaktus beragam jenis. Ada lebih dari 100 spesies, seperti agave, yucca, dan tanaman sukulen lainnya. 

Sebagian besar koleksi didatangkan dari Amerika Tengah dan Selatan. Taman Meksiko sangat cocok untuk berswafoto bersama keluarga dan kerabat.

Ada banyak sekali miniature bangunan dari berbagai negara Eropa dan juga banyak taman yang indah.  

Jadwal bukanya setiap hari pada pukul 09.00 WIB sampai 18.00 WIB. Untuk biaya masuknya adalah Rp 30.000 untuk weekdays dan Rp 40.000 untuk weekend.

Lokasinya ada di kawasan Nirwana Residence, Jalan Indigo Raya, Mulyaharja, Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat.

18. Edensor Hills Cafe & Resto

Tempat wisata ini yang berlokasi di Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat ini terinspirasi dari pedesaan subur yang indah di pedalaman Inggris, Edensor.

Ini tercermin dari pemilihan desain eksterior dan interiornya yang punya nuansa pedesaan yang begitu kental.

Tak hanya menyediakan makanan dan minuman, Edensor Hills juga menyediakan penginapan dengan konsep serupa yang nyaman serta indah dipandang. 

Pengujung yang nongkrong di tempat ini bisa melihat panorama Gunung Salak serta Air Terjun Bidadari yang mempesona. 

19. Nirvana Valley Resort

Jika mencari penginapan yang instagramable sekaligus memiliki beragam fasilitas untuk liburan bersama keluarga, Nirvana Valley Resort bisa menjadi pilihan.

Pengunjung bisa memilih menginap di vila dengan bentuk unik dan juga berkemah di area dengan pemandangan indah. 

Kolam renang dan taman bermain anak juga tersedia di sini. Tentunya, anak tak akan kehabisan pilihan tempat bermain jika menginap di sini. Nirvana Valley Resort berlokasi di Jalan Puncak Dua, Wargajaya, Bogor, Jawa Barat.

20. Richie The Farmer

Richie The Farmer adalah sebuah penginapan berkonsep alam dengan menawarkan bangunan berdesain ala Eropa klasik. 

Ada enam rumah gaya Eropa dan tiga halls yang bisa disewa pengujung. Semuanya memiliki halaman dengan rumput hijau yang cantik dan tumbuh subur.

Tempat ini pun pas untuk foto seperti berada di Eropa. Jika ingin berkunjung alamatnya ada di derah Cijayanti, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. 

21. Curug Seribu

Jika niat pergi ke Bogor adalah bertualang ke wisata alam, Curug Seribu bisa menjadi pilihan yang tepat.

Medan dan akses jalan ke curug ini tergolong masih sulit dilalui. Jalanan masih licin dan diketahui ada sejumlah wisatawan yang sering tersesat karena jalannya masih minim petunjuk. 

Tinggi air terjun ini sekitar 100 meter dengan debit air yang deras. Namun, curug ini tetap terlihat indah dan nyaman untuk bersantai.

Buat yang ingin main ke curug ini, bisa datang ke daerah Gunung Sari, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat. Jam buka Curug Seribu dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB setiap harinya. 

22. Kampung Salaka Bogor

Kampung Salaka menyuguhkan pemandangan luar biasa karena di dataran tinggi tepatnya ada di kaki Gunung Salak.

Jaraknya dari Kota Bogor juga tak terlalu jauh sekitar 14 km lebih dan bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua ataupun empat. 

Terdapat berbagai spot foto yang dihiasi lampu warna-warni saat malam. Harga tiket masuknya sekitar Rp 10.000 saja per orang. 

23. Breeve Hills Resto & Cafe

Breeve Hills Resto & Café juga bisa menjadi pilihan kafe di Puncak bagi kamu yang mencari tempat ngopi dengan panorama indah.

Restoran dan kafe dengan konsep keluarga ini menawarkan pemandangan indah berupa pegunungan dan pepohonan yang rindang di sekelilingnya. 

Breeve Hills Resto and Cafe menyajikan menu khas sunda, padang, dan western. Alamat lengkapnya ada di Puncak Rd Nomor 81, Leuwimalang, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Jam bukanya adalah pukul 10.00 WIB hingga 21.00 WIB, seriap harinya tanpa libur.

24. Lembah Pinus Camp & Cafe

Tak puas menikmati malam di daerah perkotaan Bogor, datang saja ke Lembah Pinus Camp & Cafe.

Tempat ini menyediakan fasilitas lengkap bagi pengujung yang ingin merasakan kemah di dataran tinggi bogor dengan suasana yang masih alami. 

Selain bisa berkemah, ada berbagai fasilitas seperti kolam renang, api unggun, jelajah alam dan pengalaman melihat matahari terbit di tempat ini.

Lokasinya ada di daerah Wargajaya, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat dan bisa dikunjungi kapan saja selama 24 jam. 

25. Puncak Halimun Camp

Salah satu destinasi wisata alam di Bogor yang dapat dijajal dan cocok untuk menenangkan diri adalah Puncak Halimun Camp. 

Lokasinya berada di kaki Gunung Gede Pangrango dan memiliki cottage cantik yang cocok untuk menginap. 

Selain itu, Puncak Halimun Camp juga menyediakan tempat berkemah asri dan bersih bernama Camp Salak dan Camp Pangrango. 

Buat wisatawan yang berniat berkemah di tempat ini, alamatnya ada di Pancawati, Caringin, Bogor, Jawa Barat. 


26. Museum Zoologi

Museum Zoologi sudah berdiri sejak tahun 1894 berdasarkan ide dari J.C Koningsberger dengan nama Landbow Zoologisch Laboratorium.

Banyak koleksi satwa dan fosil hewan yang diawetkan, pengujung juga bisa mendapat berbagai informasi menarik seputar binatang. 

Jam buka Museum Zoologi yang berlokasi di Jalan Ir H Juanda, Paledang, Bogor Tengah itu adalah pukul 08.00 WIB sampai 15.00 WIB. 

27. Curug Leuwi Hejo

Jika berencana mencari tempat yang tenang dan jauh dari keramaian kota, Curug Leuwi Hejo bisa menjadi pilihan yang menarik.

Pengunjung yang datang bisa merasakan sensasi bermain air curug yang jernih sambil ditemani panorama yang memesona. 

Curug Leuwi Hejo terletak di Kampung Wangan Cileungsi, Karang Tengah, Babakan Madang, Sentul, Kota Bogor.

28. Taman Wisata Matahari

Tempat rekreasi keluarga lainnya yang tak kalah menarik adalah Taman Wisata Matahari. Tempat ini menyediakan sejumlah wahana untuk anak bermain. 

Pengujung bisa mencoba wahana air, berbagai wahana permainan, aktivitas outbound, dan juga spot foto yang unik. 

Tak hanya bersenang-senang, pengujung juga mendapat informasi baru dan bermanfaat seputar lingkungan sekitar. 

Taman Wisata Matahari berlokasi di Jalan Raya Puncak km 77, Cisarua, Puncak, Bogor, Jawa Barat. Bisa dikunjungi mulai pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB. 

29. Cimory Riverside

Cimory Riverside adalah resoran dan tempat wisata yang sudah berdiri sejak 2021. Jam bukanya adalah setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 21.00 WIB. 

Banyak wahana hiburan yang bisa dicoba jika datang ke tempat ini, mulai dari Cimory Forest Walk, Monster Aquarium, dan Museum Lulu. 

Tersedia juga toko-toko yang menyediakan banyak barang menarik, kemudian tempat ini juga sangat cocok untuk anak-anak yang ingin bermain. 

Lokasi Cimory Riverside berada di pinggir Sungai Ciliwung, tepatnya di Puncak Rd Nomor km 77, Leuwimalang, Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

30. Curug Cikuluwung

Curug Cikuluwung juga merupakan \wisata alam di Bogor yang dapat dikunjungi, terutama bagi pelancong yang ingin merasakan sensasi bermain air sekaligua menyaksikan pemandangan yang menyegarkan mata.

Wisata ini memiliki dua air terjun, yakni Curug Cikuluwung 1 dan Curug Cikuluwung 2 yang sama-sama menawarkan keindahan panorama alam

31. The Lake House

The Lake House adalah pilihan kafe di Puncak dengan tiga lantai dan mempunyai area outdoor menarik.

Pengunjung yang datang bisa merasakan sensasi unik dengan duduk di meja dan kursi yang terletak di tengah-tengah kolam besar. 

Alamatnya ada di Jalan Taman Safari Nomor 101. C, Tugu Selatan, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dan dibuka pukul 11.00 WIB sampai 20.00 WIB. 

Selain menyejukkan karena dikelilingi pohon pinus, tempat ini juga estetik dan cocok sekali buat berfoto-foto. 

32. Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Ada banyak fasilitas yang tersedia di Taman Wisata Alam Gunung Pancar. Salah satu fasilitas yang paling diminati adalah area camping ground. 

Kita juga tak perlu ribet jika ingin mencoba sensasi berkemah di tempat ini. Sebab, pengelola sudah menyediakan tenda yang dapat disewa, lengkap dengan perpengkapan lainnya.

Tersedia berbagai aktivitas luar ruang, seperti bermain di outbound camp, paintball, flying fox, hingga arung jeram. 

Alamatnya ada di Jalan Desa, Kampung Ciburial, RT3, RW 3, Karang Tengah, Babakan Madang, Muuuadang, Bogor, Jawa Barat. Buka pukul 07.00 WIB sampai 17.00 WIB. 

34. Curug Leuwi Lieuk

Curug Leuwi Lieuk adalah sebuah tempat wisata alam yang berada di Jalan raya Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. 

Wisawatan yang datang akan disuguhi pemandangan cantik berupa aliran sungai yang jernih dengan dua tebing tinggi. Air mengalir deras ke bawah dari sana. 

Jernihnya air membuat perjalanan yang panjang menuju ke curug seakan terbayar karena keindahnya memang layak untuk dinikmati. 

https://travel.kompas.com/read/2022/05/14/213100827/34-wisata-bogor-yang-asri-dan-instagramable-pas-buat-libur-panjang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke