Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

20 Wisata Lembang untuk Libur Panjang, Bisa Ajak Anak-anak

KOMPAS.com - Bagi wisatawan yang suka berlibur ke Bandung, Jawa Barat, tentunya tidak asing dengan kawasan Lembang. Kota ini berada di dataran tinggi kawasan utara Bandung sehingga mempunyai udara sejuk khas pegunungan. 

Lembang juga mempunyai banyak destinasi wisata yang menjadi favorit wisatawan. Sejumlah wisata di Lembang itu ramah anak-anak sehingga bisa menjadi destinasi libur panjang bersama keluarga. 

Berikut Kompas.com rekomendasikan 20 wisata Lembang untuk libur panjang, serta bisa mengajak anak-anak:

1. Lembang Park & Zoo

Lembang Park & Zoo adalah kebun binatang yang dipadukan dengan konsep taman bermain. Luasnya mencapai 20 hektar. 

Terdapat sekitar 370 ekor satwa di Lembang Park & Zoo, lengkap dari berbagai jenis herbivora, karnivora, dan omnivora.

Dengan memadukan konsep kebun binatang dan taman bermain, obyek wisata ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak. 

Lembang Park & Zoo mempunyai banyak spot foto instagramable. Pengunjung sebaiknya jangan melewatkan untuk berfoto di Bird Aviary atau sangkar burung raksasa dan Restoran Mari Makan.

Setelah lelah berkeliling, kamu dan keluarga bisa duduk santai menikmati kuliner di Neko Cat Cafe dan Quagga Green Cafe. Lokasinya berada di Jalan Kolonel Masturi Nomor 171, Sukajaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. 

2. Fairy Garden by The Lodge

Anak-anak pastinya menyukai suasana negeri dongeng. Nah, wisata Fairy Garden by The Lodge ini sangat cocok bagi anak-anak. 

Fairy Garden mengusung konsep negeri dongeng, sehingga  didesain menyerupai negeri para peri, mulai dari kostum petugas, bangunan kastel, properti, dan taman. 

Mengutip laman Fairy Garden by The Lodge, wisata mengajak anak belajar mengeksplorasi indera mereka dan menuangkan kreativitasnya dengan berbagai aktivitas. 

Fairy Garden mempunyai empat tema utama yang mengusung berbagai kegiatan yang berbeda-beda. Meliputi, seni dan kriya, belajar dan menghias tanaman, membaca buku dan mendengarkan dongeng, serta belajar memberi makan pada hewan. 

Lokasinya berada di Jalan Maribaya km 3, RW 9, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. 

3. Farm House Lembang

Destinasi wisata yang satu ini tentunya sangat familier di kalangan wisatawan. Farm House Lembang menyediakan paket komplet untuk wisata bersama keluarga termasuk anak-anak kecil. 

Mengutip Kompas.com, Senin (24/09/2018), Farm House Lembang menawarkan wisata edukasi dan bermain bersama satwa. Bagi yang suka berfoto, ada sejumlah spot Instagramable. 

Sebut saja, bangunan-bangunan bergaya Eropa dan rumah hobbit seperti di film The Lord of the Rings. Lokasinya berada di Jalan Raya Lembang Nomor 108, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

4. Floating Market

Floating Market merupakan ikon wisata Lembang yang menyajikan pengalaman berbelanja di pasar terapung. 

Seperti namanya, dilansir Kompas.com, wisatawan dapat berbelanja berbagai sajian makanan yang dijajakan dari atas perahu. Selain itu, ada juga beragam fasilitas dan wahana yang dapat menghibur keluarga.

Floating Market ini menyediakan wahana kota mini, taman angsa, taman kelinci, rainbow garden, sepeda dan sampan air, hingga miniatur kereta api.

Jadi, wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi saat libur panjang bersama anak-anak kecil. Lokasinya berada Jalan Grand Hotel nomor 33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

5. De’Ranch Lembang

De’Ranch Lembang mengusung konsep tempat wisata keluarga, sehingga cocok untuk dikunjungi bersama anak-anak. De’Ranch Lembang menawarkan liburan dengan suasana perkampungan koboi di negara bagian barat. 

Mengutip laman resminya, De’Ranch Lembang awalanya adalah  tempat pemeliharaan kuda tunggang dan ekor sapi perah. Tempat seluas 5 hektar ini akhirnya dikembangkan menjadi obyek wisata. 

Jika kamu mengajak si kecil, maka mereka bisa menunggangi kuda lengkap dengan kostum dan topi khas koboi.

De’Ranch Lembang juga memiliki berbagai wahana permainan dan rekreasi lain, seperti kolam pancing, panahan, dan restoran. Lokasinya berada di Jalan Maribaya nomor 17, Kayuambon, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.


6. The Great Asia Afrika

The Great Asia Afrika mengajak pengunjung untuk ‘berkeliling’ ke tujuh negara tanpa harus harus keluar negeri. 

Mengutip Kompas.com, Minggu (19/07/2020), terdapat miniatur destinasi wisata terkenal dari tujuh negara di The Great Asia Afrika

Adapun negara-negara yang ditampilkan berasal dari benua Asia dan Afrika. Sesuai namanya, pengunjung bisa melihat beberapa ikon terkenal dari Indonesia, Thailand, Korea Selatan, Jepang, India, serta negara dari benua Afrika dan kawasan Timur Tengah.

Selain itu, pengunjung bisa mencoba pakaian tradisional negara tersebut. Jadi selain melepas penat, kamu bisa mengajarkan kebudayaan berbagai negara di The Great Asia Afrika.

Lokasinya berada di Jalan Raya Lembang-Bandung Nomor 71, Gudangkahuripan, Kecamatan Lembang

7. Orchid Forest

Orchid Forest menawarkan pengalaman berlibur di tengah hutan pinus yang berjajar rapi. Sembari berwisata, kamu bisa mengenalkan anak-anak dengan alam. 

Mengutip Kompas.com (20/1/2022), sda sejumlah aktivitas yang bisa dilakukan di Orchid Forest yang bisa dilakukan bersama buah hati.

Misalnya, mini golf, bermain bersama kelinci, dan menunggang kuda. Lokasinya berada di Genteng, Cikole, Kecamatan Lembang.

8. Lembang Wonderland

Lembang Wonderland menawarkan pengalaman bermain yang seru kepada anak-anak. Mengutip Kompas.com (11/8/2020), ada banyak wahana yang dapat dinikmati wisata. 

Misalnya, Snow Village yang didesain sedemikian rupa sehingga wisatawan bisa merasakan seperti berada di Kutub Utara. Selain itu, wahana tak kalah uniknya adalah Sweet Field, Magic Forest, dan Taman Ice Cream. 

Tak hanya ramah anak-anak, wahana di Lembang Wonderland ini bisa menjadi latar belakang foto Instagramable. Lokasinya berada di Jalan Raya Lembang nomor 177, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. 

9. The Lodge Maribaya

Jika ingin mendekatkan anak-anak dengan alam, kamu bisa menjajal wisata The Lodge Maribaya. Obyek wisata ini merupakan wisata alam yang menyediakan fasilitas berupa glamorous camping atau glamping. 

Mengutip Kompas.com (27/9/2021), selain glamping, The Lodge Maribaya juga memiliki wahana lain yang menarik untuk dicoba wisatawan.

Ada ayunan tinggi di wahana Valley Swing, Mountain Swing, dan Extreme Swing. Adapula wahana yang menantang adrenalin, yaitu Zip Bike dan Gantole. 

Wisatawan juga bisa menaiki balon udara atau mencoba berjalan di atas jembatan kaca yang tinggi, maupun berfoto di  Sky Tree dan Bamboo Sky. Lokasinya berada di Jalan Maribaya Nomor 149/252, Babakan, Gentong, Cibodas, Lembang. 

10. Jungle Milk Lembang

Jungle Milk Lembang merupakan tempat wisata alam yang menyediakan area camping luas. Kamu bisa mengajak keluarga dan anak-anak untuk bermalam di alam terbuka.

Mengutip Kompas.com (13/1/2022), obyek wisata ini berada di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut (mdpl). Selain camping, Jungle Milk Lembang juga menyediakan fasilitas piknik di tengah hutan pinus. 

Uniknya, piknik di Jungle Milk Lembang akan ditemani kuda dan sapi terlatih yang dilepaskan di alam bebas. Lokasinya berada di Genteng, Jayagiri, Lembang, Bandung Barat. 


11. Dago Bakery Punclut 

Apa kamu ingin merasakan sensasi menyantap makanan dengan suasana Eropa klasik? Tak perlu jauh-jauh ke Benua Biru, kamu bisa mendapatkan pengalaman tersebut di Dago Bakery Punclut. 

Mengutip laman Dago Bakery, restoran ini didesain menyerupai kastel Eropa bergaya klasik bak negeri dongeng. Bangunan kastel didominasi warna abu-abu tua, sehingga menambah kesan megah dan elegan. 

Selain bangunan kastel Eropa klasik, masih banyak spot foto Instagramable lainnya di Dago Bakery Punclut. Pengunjung bisa berfoto di ruang terbuka berlatar pemandangan Kota Bandung. 

Spot foto lainnya adalah dua lampu berbentuk menyerupai Supertree Grove di Gardens By The Bay, Singapura versi kecil dan anjungan kapal lengkap dengan roda kemudinya. Lokasinya berada di Jalan Pagermaneuh nomor 57, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

12. Sarae Hills

Sarae Hills menawarkan pengalaman wisata ‘berkeliling’ dunia di area World of Wonders (WOW). Mengutip Kompas.com (1/3/2022), area  World of Wonders tersebut memiliki berbagai bangunan ikonik dari berbagai belahan dunia. 

Sebut saja, Arc de Triomphe, Menara Eiffel, Patung Liberty, Sphinx, Pyramid Giza, dan Amphitheatrum Flavium. Selain mengenalkan bangunan ikonik itu kepada anak-anak, tentunya wisatawan bisa menjadikannya latar belakang foto Instagramable. 

Jika ingin beristirahat, kamu bisa mampir sejenak ke kafe yang berkonsep ala Santorini. Bangunan kafe didesain menyerupai bangunan di Santorini, yaitu berwarna putih dan biru. Lokasinya berada di Jalan  Pagermaneuh, Pagerwangi, Lembang. 

13. Hutan Menyala 

Hutam Menyala sebetulnya adalah Taman Hutan Raya (Tahura) Djuanda yang bertransformasi menjadi area petualangan fantasi pada malam hari.

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (20/12/2021), Tahura Djuanda merupakan sebuah hutan yang menjadi lokasi konservasi dan kebun raya di Bandung yang membentang dari wilayah Dago Pakar hingga Maribaya di Lembang.

Saat ini, Tahura Djuanda menjadi lokasi program wisata alam Hutan Menyala pada malam hari.

Obyek wisata ini menawarkan pengalaman audio visual di tengah hutan menggunakan hiasan lampu LED dan video mapping untuk menciptakan efek penuh warna.  

Jadi, wisatawan bisa menjelajahi area hutan, sembari mendengar alunan musik. Lokasinya berada di Jalan Maribaya, Cibodas, Lembang. 

14. D'Dieuland

D'Dieuland menawarkan sejumlah fasilitas wisata kepada pengunjung. Mengutip Kompas.com (23/4/2022), ada spot foto Instagramable seperti jembatan hias lampung gantung yang berbentuk unik. 

Pengunjung juga bisa menikmati panorama Kota Bandung dari ketinggian serta hamparan perbukitan. Ada pula fasilitas outbond untuk anak-anak, seperti flying fox. 

Lokasinya berada di kawasan wisata Punclut, Kampung Pageurmanah, Lembang, Kabupaten Bandung

15. Lereng Anteng 

Obyek wisata ini masih berada di kawasan wisata Punclut. Wisatawan yang berkunjung bisa menikamti panorama pepohonan dan perbukitan hijau yang masih asri.

Lereng Anteng juga menyediakan spot-spot Instagramable bagi pengunjung untuk berfoto. Lokasinya berada di Kampung Pageurmaneuh, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.


16. Rumah Belanda

Rumah Belanda merupakan tempat wisata yang menawarkan sensasi pergi ke Belanda. Mengutip Kompas.com (15/11/2020), Rumah Belanda merupakan taman bunga, retoran, sekaligus tempat rekreasi yang mengusung konsep bergaya Negeri Kincir Angin. 

Dekorasi dibuat menyerupai Belanda seperti kincir angin, rumah klompen, dan patung sepatu klompen. Rumah Belanda ini sangat pas untuk dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak. 

Rumah Belanda menyediakan fasilitas seperti restoran, taman bunga, studio foto, toko suvenir Belanda, dan playground. Lokasinya di Jalan Raya Maribaya Sukamaju RT 03, RW 04, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

17. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu, atau lebih dikenal sebagai Tangkuban Perahu merupakan obyek wisata alam yang penuh pesona. Mengutip Kompas.com (27/7/2019), gunung dengan tinggi 2084 mdpl ini tergolong sebagai gunung berapi yang masih aktif. 

Tangkuban Perahu sangat dekat dengan legenda Sunda, yaitu Sangkuriang. Cerita ini mengisahkan terbentuknya Gunung Tangkuban Perahu. 

Salah satu pesona gunung ini adalah memiliki sembilan kawah. Meliputi, Kawah Ratu, Upas, Domas, Baru, Jurig, Badak, Jurian, Siluman dan Pangguyungan Badak. 

Tiga kawah terbesar dengan diameter sekitar 500 meter menjadi tujuan utama wisata, yakni Kawah Ratu, Domas, dan Upas. Namun, terkadang kawah-kawah tersebut mengeluarkan gas beracun. Lokasinya berada di Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

18. Kebun Bunga Begonia 

Kebun Bunga Begonia menyajikan tanaman hias beraneka ragam. Tentunya, bunga begonia merupakan ikon utama obyek wisata ini.

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (31/10/2020), sejumlah aktivitas yang bisa dilakukan di sini antara lain flying fox, berkuda, memetik sayur, dan bermain paint ball.

Kebun Bunga Begonia juga memiliki fasilitas kebun sayur, restoran dan kafe, toko suvenir, area parkir, mushala, toilet, dan lainnya.

Obyek wisata ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak. Lokasinya berada di Jalan Maribaya nomor 120 A, Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. 

19. Dago Dreampark

Dago Dreampark membawa konsep tiga kebudayaan sekaligus yaitu Jawa, Sunda dan Bali. Mengutip Kompas.com, (19/7/2020), obyek wisata seluas 13 hektar ini memiliki ragam fasilitas dan wahana menarik. 

Ada aneka outbond, restoran, dan penginapan. Ada pula spot foto Instagrammable, yakni Jembatan Kupu-kupu, Aladdin Carpet, Kuda Kencana, Sky Tree, Up House, serta Spot Foto Gratis Bunga, Love Seat, Sky Bike, dan Magic Selfie Dago Dreampark. 

Ada pula dua wahana lain yang menawarkan atraksi naik perahu di atas danau kecil, yaitu Battleship dan wahana Hover Kart, semacam sepeda kecil menyerupai mobil go-kart. 

20. Grafika Cikole

Wisata ini dikelilingi hutan pinus serta berada di dataran tinggi. Pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan seru, seperti camping,  kuliner, dan outbound. 

Kawasan ini cocok untuk berlibur bersama keluarga dan anak-anak. Dengan suasana yang tenang dan sejuk, Grafika Cikole juga menjadi destinasi yang cocok untuk bersantai dan menghilangkan penat. 

Lokasinya berada di Jalan Tangkuban Perahu km 8, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.  

https://travel.kompas.com/read/2022/05/15/090448127/20-wisata-lembang-untuk-libur-panjang-bisa-ajak-anak-anak

Terkini Lainnya

Wahana dan Kolam Renang di Kampoeng Kaliboto Waterboom Karanganyar

Wahana dan Kolam Renang di Kampoeng Kaliboto Waterboom Karanganyar

Jalan Jalan
Gunung Ruang Meletus, AirAsia Batalkan Penerbangan ke Kota Kinabalu

Gunung Ruang Meletus, AirAsia Batalkan Penerbangan ke Kota Kinabalu

Travel Update
Kampoeng Kaliboto Waterboom: Daya Tarik, Harga Tiket, dan Jam Buka

Kampoeng Kaliboto Waterboom: Daya Tarik, Harga Tiket, dan Jam Buka

Jalan Jalan
Aktivitas Wisata di The Nice Garden Serpong

Aktivitas Wisata di The Nice Garden Serpong

Jalan Jalan
Delegasi Dialog Tingkat Tinggi dari China Akan Berwisata ke Pulau Padar Labuan Bajo

Delegasi Dialog Tingkat Tinggi dari China Akan Berwisata ke Pulau Padar Labuan Bajo

Travel Update
The Nice Garden Serpong: Tiket Masuk, Jam Buka, dan Lokasi

The Nice Garden Serpong: Tiket Masuk, Jam Buka, dan Lokasi

Jalan Jalan
Cara ke Sukabumi dari Bandung Naik Kendaraan Umum dan Travel

Cara ke Sukabumi dari Bandung Naik Kendaraan Umum dan Travel

Travel Tips
Pengembangan Bakauheni Harbour City di Lampung, Tempat Wisata Dekat Pelabuhan

Pengembangan Bakauheni Harbour City di Lampung, Tempat Wisata Dekat Pelabuhan

Travel Update
Asita Run 2024 Digelar di Bali Pekan Ini, Terbuka untuk Turis Asing

Asita Run 2024 Digelar di Bali Pekan Ini, Terbuka untuk Turis Asing

Travel Update
13 Telur Komodo Menetas di Pulau Rinca TN Komodo pada Awal 2024

13 Telur Komodo Menetas di Pulau Rinca TN Komodo pada Awal 2024

Travel Update
Tanggapan Kemenparekraf soal Jam Kerja 'Overtime' Sopir Bus Pariwisata

Tanggapan Kemenparekraf soal Jam Kerja "Overtime" Sopir Bus Pariwisata

Travel Update
Tip Jalan-jalan Jenius ke Luar Negeri, Tukar Mata Uang Asing 24/7 Langsung dari Aplikasi

Tip Jalan-jalan Jenius ke Luar Negeri, Tukar Mata Uang Asing 24/7 Langsung dari Aplikasi

BrandzView
Vietnam dan China Siap Bangun Jalur Kereta Cepat Sebelum 2030

Vietnam dan China Siap Bangun Jalur Kereta Cepat Sebelum 2030

Travel Update
Libur Lebaran, Tren Kunjungan Wisatawan di Labuan Bajo Meningkat

Libur Lebaran, Tren Kunjungan Wisatawan di Labuan Bajo Meningkat

Travel Update
ASDP Catat Perbedaan Tren Mudik dan Arus Balik Lebaran 2024 Merak-Bakauheni

ASDP Catat Perbedaan Tren Mudik dan Arus Balik Lebaran 2024 Merak-Bakauheni

Travel Update
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke