Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

30 Wisata Bandung untuk Libur Panjang, Banyak Tempat Asri Bernuansa Alam

KOMPAS.com – Bandung memang terkenal sebagai daerah dengan segudang tempat wisata unik dan menarik.

Tak hanya wisata alamnya saja yang menonjol, ada berbagai hiburan seru yang bisa dinikmati wisatawan saat berada di Kota Kembang tersebut.

Sejumlah tempat wisata di Bandung juga tak hanya mengasyikan tapi juga terjanglau bagi masyarakat. 

  • 19 Vila Instagramable di Bandung, Ada yang Bergaya Jepang
  • 8 Aktivitas Liburan Sekolah di Bandung, Bisa Kemah dan Naik Kuda

Berikut adalah rekomendasi tempat wisata di Bandung yang bisa dikunjungi bagi kamu yang ingin mencari tempat refreshing asyik.

Pilihan tempat wisata Bandung untuk libur panjang

1. Puncak Ciumbuleuit

Puncak Ciumbuleuit atau yang populer dengan nama Punclut adalah tempat wisata yang ada di dataran tinggi Bandung.

Tempat ini cukup populer sebagai destinasi wisata malam di Bandung karena menyuguhkan pemandangan kota yang indah dari ketinggian.

Terdapat berbagai kafe dan tempat makan cantik dengan konsep tradisional dan modern desain modern yang dapat dipilih sesuai selera.

Di sini, pengunjung bisa menemukan berbagai macam makanan Sunda seperti karedok, nasi timbel dan lainnya. 

Lokasinya ada di Jalan Punclut, Ciumbuleuit, Cidadap, Bandung, Jawa Barat.

2. Dago Bakery

Setiap harinya, restoran ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari dalam maupun luar kota karena tempatnya yang unik dan memiliki sky walk dengan panorama pegunungan yang indah.

Dago Bakery juga memiliki sudut dengan miniatur kastel bergaya Eropa dengan warna gelap yang cantik untuk dijadikan latar belakang foto.

Selain roti, pengunjung juga bisa mencicipi berbagai makanan berat di Dago Bakery. Lokasinya di Jalan Pagermaneuh Nomor 57, Pagerwangi, Punclut, Bandung Barat, Jawa Barat.

3. Dago Tea House

Tempat ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda, dan dulu dikenal dengan nama Dago Thee Huis, merupakan salah satu destinasi wisata di Bandung yang memiliki panorama indah.

Selain bisa menikmati pemandangan dari ketinggian sekitar 600 meter di atas permukaan laut, terdapat pula Taman Budaya Jawa Barat, di mana sering diadakan pagelaran seni. 

Pengunjung yang datang tak hanya bisa bersantai di tempat ini sekaligus mencoba berbagai kuliner lezat. 

Alamatnya ada di Jalan Bukit Dago Utara III Nomor 9, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.

4. Braga

Braga adalah salah satu destinasi wisata paling populer di Kota Bandung, termasuk di kalangan wisatawan.

Ada berbagai aktivitas yang bisa kita lakukan di Braga, termasuk berfoto di sudut-sudut bangunan dengan arsitektur Belanda yang instagramable, mencicipi kuliner jadul, dan ngopi santai.

Tersedia pula pusat perbelanjaan Braga City Walk yang bisa menjadi pilihan destinasi berbelanja dan hotel-hotel untuk bermalam. Braga juga bisa menjadi pilihan ketika mencari tempat wisata malam di Bandung.

Di sekitar Braga juga terdapat destinasi wisata lain, seperti Museum Asia Afrika dan Bandung City Hall Park yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki. 

Harga tiket masuk per orangnya di Lembang Wonderland ini sekitar Rp 35.000 dan gratis bagi anak dengan tinggi di bawah 80 sentimeter.

6. Kiara Artha Park

Merasakan suasana seperti di Korea Selatan tak harus pergi jauh-jauh ke Negeri Ginseng. Kita juga bisa berkunjung ke Kiara Artha Park. 

Tempat ini punya sudut dengan desain arsitektur khas tradisional Korea Selatan yang kental dan bisa dijadikan spot foto yang menarik.

Tak hanya itu, pengunjung yang datang di sore dan malam hari berkesempatan menyaksikan pertunjukan air mancur atau dancing fountain sambil bersantai di pinggir danau buatan.

Dengan membayar tiket masuk Rp 10.000, pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas tersebut, termasuk berolahraga di jalur lari yang ada di sana. Lokasinya ada di Jalan Banten, Kebonwaru, Kec. Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat.

7. La Breeze

Tempat wisata yang satu ini bisa dijadikan tempat nongkrong sekaligus berburu foto keren yang estetik.

La Breeze adalah sebuah kafe di Bandung yang didominasi warna putih hangat dengan nuansa tepi pantai.

Banyak yang mengira bahwa konsep kafe ini ala Timur tengah, padahal kafe ini sebetulnya lebih menonjolkan tema pantai.  

Terdapat area outdoor yang cantik dengan sudut-sudut menarik dan kolam kecil yang indah. Alamatnya terletak di Jalan Dr. Cipto Nomor 22, Pasir Kaliki, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat.

8. Kawah Putih Ciwidey

Selanjutnya adalah tempat wisata alam yang sangat terkenal di Bandung, yakni Kawah Putih Ciwidey.

Tempat wisata alam yang memesona ini merupakan kawah yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. 

Keunikan dari Kawah Putih Ciwidey adalah warnanya yang putih bercampur kehijauan yang tampak seperti berada di planet lain. 

Sebagai wisata terkenal akses jalannya sudah baik, berlokasi di Sugihmukti, Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat. 

Selain untuk nongkrong, salah satu kafe instagramable di Bandung ini juga bisa dijadikan lokasi piknik keluarga karena menyediakan area outdoor dengan hamparan rumput hijau yang luas. 

Alamat lengkap Nara Park ada di Jalan Rancabentang Nomor 28, Ciumbuleuit,Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat.

10. D’Pakar Bandung

Buat orang-orang yang ingin menenangkan diri, berkunjung ke D’Pakar Bandung bisa menjadi pilihan yang bagus.

Nuansa alam dengan bangunan-bangunan unik serta taman-taman bunga yang subur bisa dinikmati oleh pengujung yang datang. 

Terdapat berbagai spot foto menarik di D’Pakar seperti bangunan dengan detail kincir angin, ayunan berhiaskan ranting pohon, dan foto bersama kelinci. 

Alamat lengkapnya ada di Jalan Dago Pakar Utara, Sekejolang, Ciburial, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat.

11. Situ Patenggang

Situ Patenggang adalah tempat glamping atau camping mewah di kawasan Bandung, Jawa Bara, dengan berbagai tipe penginapan yang bisa dipilih.

Biasanya, setiap kamar bisa disi lebih dari dua orang, sehingga aman jika ingin liburan bersama keluarga. 

Selama menginap di Situ Patenggang, panorama yang bisa dinikmati sangat indah. Ada kebun teh dan danau. Satu ikon yang terkenal di tempat ini adalah restoran dengan bentuk kapal pinisi.

Buat yang ingin liburan ke tempat ini bisa datang ke Kampung Patengan Baru, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

12. Sanghyang Heuleut

Berniat bermain air di tempat yang cantik dan asri, bisa mencoba mampir ke Sanghyang Heuleut yang terletak di Rajamandala Kulon, Cipatat, Bandung Barat, Jawa Barat. 

Danau di tempat ini memiliki keindahan yang tiada tara karena berada di antara tebing dengan air berwarna biru kehijauan yang jernih. Meski airnya tampak tenang, disarankan yang ingin berenang untuk menggunakan pelampung demi keamaanan. 

Dekat dengan Sanghyang Heuleut, ada dua buah goa yang bisa dikunjungi bernama Goa Sanghyang Poek dan Goa Sanghyang Tikoro.

13. De’Ranch Lembang

Kawasan Lembang, Bandung memang tak pernah kehabisan tempat wisata menarik. Salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi adalah De’Ranch Lembang. 

Di De’Ranch Lembang, wisatawan bisa melihat hewan-hewan seperi kuda dan sapi perah di lahan seluas lima hektar. 

Konsepnya seperti perkampungan koboi dengan berbagai fasilitas. Ada tempat pemancingan, lokasi panahan, taman bermain, dan restoran untuk mengisi perut. 


14. The Lodge Maribaya

Jika sedang mencari tempat menghabiskan malam sambil camping ceria bersama teman-teman, tak ada salahnya memilih datang ke The Lodge Maribaya. 

Tersedia banyak pilihan penginapan. Tak hanya glamping saja, ada vila kayu yang punya desain estetik. 

Fasilitasnya sangat lengkap. Bahkan untuk tipe Fun Camp, sudah tersedia tenda dengan single bed atau double bed berukuran queen size. 

Toilet juga dekat dengan aliran listrik yang tersedia, sehingga tak perlu khawatir gelap-gelapan saat malam hari ketika berkemah di The Lodge Maribaya.

Bagi yang tertaril liburan di tempat ini, biaya menginap dibandrol dari harga sekitar Rp 650.00 per malam.

Lokasinya berada di Jalan Maribaya Nomor 149/252 Babakan, Gentong, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

15. Mandala Wangsit Siliwangi Museum

Mandala Wangsit Siliwangi Museum menyimpan benda-benda dari masa lalu yang pernah digunakan pasukan dari Kodam Siliwangi.

Nama museum ini diambil dari nama pendiri Kerajaan Pajajaran yang dulu dipercaya sebagai raja yang bijaksana dan arif. 

Mengutip situs Asosiasi Museum Indonesia, koleksi di museum ini ada senjata-senjata kuno seperti keris, tombak, hingga senjata modern, seperti panser rel (buatan Indonesia), meriam, dan kendaraan lapis baja.

Lokasinya ada di Jalan Lembong Nomor 38, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat. 


16. Glamping Legok Kondang

Di kawasan Ciwidey, Bandung terdapat tempat glamping dengan desain yang Instagramable, yaitu Glamping Legok Kondang. 

Adapun desain tempat glamping di tempat ini mirip seperti pondok di tepi pantai. Beberapa lokasi glamping juga langsung menghadap ke kolam renang. 

Beberapa fasilitas yang disediakan, antara lain kamar mandi pribadi, WiFi, televisi, balkon, dan tempat api unggun. 

Harga menginap di Glamping Legok Kondang bervariasi tergantung dari tipe glamping yang dipilih, mulai dari Rp 1 jutaan per malam. Lokasinya ada di Jalan Kurunangan Lebak Muncang, Lebakmuncang, Ciwidey, Bandung.

Museum ini menyimpan berbagai koleksi foto dari masa lalu saat konferensi yang digelar yang setelah Indonesia merdeka ini.

Ada pula ruang pameran, diorama, dan ruang audio visual yang bisa dikunjungi wisatawan. Museum ini berada di Jalan Asia Afrika Nomor 65, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.

18. Gedung Sate

Gedung Sate adalah sebuah bangunan ikonik dan bersejarah di Kota Bandung. Wisatawan yang datang ke tempat ini bisa menjelajahi gedung sekaligus belajar sejarah Indonesia. Meski bangunannya sudah berdiri sejak ratusan tahun lalu, Gedung Sate masih kokoh.

Berjarak sekitar 1,7 km dari pusat kota, Gedung Sate beralamat di Jalan Diponegoro Nomor 22, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. 

19. Puspa Iptek Sundial

Museum sains ini beralamat di Jalan Raya Padalarang Nomor 427, Kertajaya, Padalarang, Bandung Barat, Jawa Barat. 

Diketahui bahwa museum ini diresmikan pada 11 Mei 2022, bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional. 

Puspa Iptek Sundial dibuat untuk memberikan edukasi kepada masyarakat soal pentingnya kepedulian mereka terhadap sains dan teknologi. 

Bangunannya sangat unik karena berbentuk jam matahari yang bisa digunakan untuk melihat waktu. Ada ratusan alat peraga yang berhubungan dengan sains dan teknologi yang bisa dilihat, mulai ukuran besar hingga kecil.


20. Taman Foto Bandung

Bandung memiliki sebuah taman untuk berswafoto yang terletak di Jalan Kemuning Nomor 4, Merdeka, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.

Taman Foto Bandung ini, cocok juga sebagai tempat untuk berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

Anak-anak maupun orang dewasa bisa datang ke tempat ini karena ada banyak fasilitas yang bisa dicoba, mulai dari taman bermain anak hingga tempat untuk nongkrong dengan akses WiFi.

Alamatnya ada di Jalan Kemuning Nomor 4, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat dan buka selama 24 jam. 

21. Centrum Million Balls

Centrum Million Balls merupakan tempat foto yang memiliki kolam bola yang besar. Lokasinya yang dekat dari pusat kota, hanya berjarak kurang dari satu km, membuat tempat ini wajib dikunjungi wisatawan yang gemar berburu foto instagramable.

Selain kolam bola raksasa, ada berbagai lokasi foto unik dan warna-warni yang bisa dipilih pengunjung untuk selfie. Tiket masuknya gratis dan dibuka mulai pukul 10.00 WIB sampai 20.00 WIB setiap harinya.

Bagi yang tertarik mampir, alamatnya ada di Jalan Belitung Nomor 10, Merdeka, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat. 

22. Sarae Hills

Berniat berkeliling dunia tapi tak ingin pergi jauh-jauh ke luar negeri karena biayanya bisa sangat mahal, ada alternatif wisata terjangkau di Bandung bernama Sarae Hills. 

Wisatawan yang datang bisa foto di miniatur Patung Liberty, Spinx, Menara Eiffel, Piramida Giza, dan tempat ikonik lainnya. 

Sarae Hills beralamat di Jalan Pagermaneuh, RT.05/RW./07, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

23. Fairy Garden by The Lodge

Tempat instagramable kali ini, cocok sekali dikujungi oleh anak-anak yang lagi senang-senangnya dengan dunia fantasi. 

Di Fairy Garden by The Lodge, pengujung bisa berfoto di tempat seperti negeri dongeng bersama para peri-peri dengan kostum cantik. 

Selain untuk foto, ada berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan, dari mulai belajar membuat kerajinan tangan hingga memberi makan hewan. 

Wisatawan bisa datang ke Fairy Garden by The Lodge yang berlokasi di Jalan Maribaya Km 3, RW 9, Cibodas, Lembang, Bandung Barat.


24. Farm House Lembang

Tempat wisata ini memang sudah populer sejak pertama kali diresmikan dan hampir selalu dipadati pengunjung saat hari libur. 

Hal menarik yang membuat Farm House Lembang selalu ramai adalah karena suasananya seperti di Eropa. 

Terdapat banyak bangunan ala Eropa yang instagramable. Salah satu yang paling terkenal adalah Rumah Hobbit yang dibuat seperti di film The Lord of The Rings.

Bagi yang ingin berkunjung ke Farm House Lembang, alamatnya ada di Jalan Raya Lembang Nomor 108, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

25. Jungle Milk

Tempat wisata satu ini bersifat private dan punya camping ground sangat luas.

Jungle Milk punya daya tarik yang beda dari tempat wisata alam lainnya, yakni kuda-kuda di tempat ini sengaja dilepas bebas ke area camp. 

Selain untuk camping, Jungle Milk yang terletak di Genteng, Jayagiri, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat, juga bisa digunakan untuk piknik.

Jika berniat camping di tempat ini biaya paling murah sekitar Rp 125.000 dengan membawa peralatan kemah sendiri. 

26. Ranca Upas

Wisata alam yang satu ini menawarkan panorama perbukitan yang indah. Pengunjung bisa melihat hewan-hewan berkeliaran bebas. 

Ranca Upas berlokasi di Jalan Raya Ciwidey-Patengan Nomor Km 11, Patengan, Rancabali, Bandung. Tempat ini cocok dijadikan tujuan wisata untuk rombongan keluarga. 

Aktivitas yang bisa dilakukan adalah berkemah, outbound, mandi di kolam air panas, dan melihat rusa-rusa yang ada di penangkaran. 

Sambil melihat para rusa, wisatawan bisa memberi makan berupa sayuran atau rumput yang bisa menjadikan pengalaman ini sangat menyenangkan, khususnya bagi anak-anak. 

27. Tahura Ir H Djuanda

Mencari tempat wisata alam yang masih asli dan asri, kamu bisa mencoba datang ke Taman Hutan Raya Ir H Djuanda atau Tahura Djuanda.

Taman yang berlokasi di Kompleks Tahura, Jalan Ir H Juanda Nomor 99, Ciburial, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat ini merupakan kawasan konservasi yang dilindungi. 

Luasnya sekitar 526,98 hektar dengan menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah berupa hutan pinus, sungai dan juga air terjun, dikutip dari situs resminya. 

Tempat ini merupakan bagian dari daerah Cekungan Bandung yang punya latar belakang sejarah erat dengan zaman purba.

28. Taman Langit Pangalengan

Singgah sejenak di Taman Langit Pangalengan 360 bisa menjadi pilihan ketika sedang berada di Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Jauh dari hiruk pikuk kota dan berada di ketinggian dengan hawa sejuk membuat kita bisa melupakan sejenak beban pikiran dari kesibukan harian.

Lokasinya ada di Kampung Puncak Mulya, Jalan Cukul, Sukaluyu, Pangalengan atau sekitar 58,2 kilometer dari pusat Kota Bandung atau sekitar Jalan Asia Afrika.

Harga tiket masuknya Rp 15.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak.

29. Caringin Tilu

Tempat wisata lainnya yang dapat dikunjungi saat ke Bandung adalah Caringin Tilu (Cartil), yang berlokasi di Padasuka, Cimenyan, Bandung.

Panorama indah dengan lampu-lampu perkotaan di malam hari membuatnya cocok dijadikan pilihan wisata malam di Bandung.

Udaranya yang sejuk membuat minuman hangat seperti kopi dan teh bisa menjadi teman yang pas untuk menemani bersantai.

30. Vila Air Natural Resort

Vila Air Natural Resort berada di Kompleks Vila Istana Bunga, Jalan Kolonel Masturi Km 09, Karyawangi, Parongpong, Bandung, Jawa Barat. 

Vila ini memiliki tiga kamar dengan jendela kaca yang besar. Tamu yang menginap di sini akan merasakan sensasi berada di Negeri Sakura karena eksterior dan interiornya yang mengadopsi gaya khas Jepang.

Taman-taman di vila ini sangat indah dengan banyak tanaman dan kolam-kolam ikan yang tampak alami, cocok buat tempat foto.

https://travel.kompas.com/read/2022/05/15/130100927/30-wisata-bandung-untuk-libur-panjang-banyak-tempat-asri-bernuansa-alam

Terkini Lainnya

Delegasi Dialog Tingkat Tinggi dari China Akan Berwisata ke Pulau Padar Labuan Bajo

Delegasi Dialog Tingkat Tinggi dari China Akan Berwisata ke Pulau Padar Labuan Bajo

Travel Update
The Nice Garden Serpong: Tiket Masuk, Jam Buka, dan Lokasi

The Nice Garden Serpong: Tiket Masuk, Jam Buka, dan Lokasi

Jalan Jalan
Cara ke Sukabumi dari Bandung Naik Kendaraan Umum dan Travel

Cara ke Sukabumi dari Bandung Naik Kendaraan Umum dan Travel

Travel Tips
Pengembangan Bakauheni Harbour City di Lampung, Tempat Wisata Dekat Pelabuhan

Pengembangan Bakauheni Harbour City di Lampung, Tempat Wisata Dekat Pelabuhan

Travel Update
Asita Run 2024 Digelar di Bali Pekan Ini, Terbuka untuk Turis Asing

Asita Run 2024 Digelar di Bali Pekan Ini, Terbuka untuk Turis Asing

Travel Update
13 Telur Komodo Menetas di Pulau Rinca TN Komodo pada Awal 2024

13 Telur Komodo Menetas di Pulau Rinca TN Komodo pada Awal 2024

Travel Update
Tanggapan Kemenparekraf soal Jam Kerja 'Overtime' Sopir Bus Pariwisata

Tanggapan Kemenparekraf soal Jam Kerja "Overtime" Sopir Bus Pariwisata

Travel Update
Tip Jalan-jalan Jenius ke Luar Negeri, Tukar Mata Uang Asing 24/7 Langsung dari Aplikasi

Tip Jalan-jalan Jenius ke Luar Negeri, Tukar Mata Uang Asing 24/7 Langsung dari Aplikasi

BrandzView
Vietnam dan China Siap Bangun Jalur Kereta Cepat Sebelum 2030

Vietnam dan China Siap Bangun Jalur Kereta Cepat Sebelum 2030

Travel Update
Libur Lebaran, Tren Kunjungan Wisatawan di Labuan Bajo Meningkat

Libur Lebaran, Tren Kunjungan Wisatawan di Labuan Bajo Meningkat

Travel Update
ASDP Catat Perbedaan Tren Mudik dan Arus Balik Lebaran 2024 Merak-Bakauheni

ASDP Catat Perbedaan Tren Mudik dan Arus Balik Lebaran 2024 Merak-Bakauheni

Travel Update
5 Tempat Wisata Hits dan Instagramable di Cianjur

5 Tempat Wisata Hits dan Instagramable di Cianjur

Jalan Jalan
10 Bandara Tersibuk di Dunia 2023, Banyak di AS

10 Bandara Tersibuk di Dunia 2023, Banyak di AS

Travel Update
4 Cara Rawat Tenda Setelah Dipakai 'Camping' agar Tidak Cepat Rusak

4 Cara Rawat Tenda Setelah Dipakai "Camping" agar Tidak Cepat Rusak

Travel Tips
5 Tempat Wisata Pantai di Lamongan, Ada Pantai Tanjung Kodok

5 Tempat Wisata Pantai di Lamongan, Ada Pantai Tanjung Kodok

Jalan Jalan
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke