Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Phuket Targetkan 1 Juta Kunjungan Turis Asing pada Akhir Tahun

KOMPAS.com - Phuket, menargetkan satu juta kedatangan wisatawan asing pada kuartal keempat atau tiga bulan terakhir di tahun ini.

Salah satu destinasi wisata populer di Thailand itu juga menargetkan total 3,5 juta kunjungan wisatawan pada tahun ini. Sebabnya, operator di pulau tersebut melihat adanya tanda-tanda positif dari pelonggaran pembatasan perjalanan belakangan ini.

  • Syarat Lengkap Masuk Thailand, Bebas PCR Mulai 1 Mei 2022
  • Thai Lion Air Layani Rute Jakarta-Bangkok Thailand, Tiket Mulai Rp 1,4 Juta

Presiden Asosiasi Turis Phuket, Bhummikitti Raktaengam mengatakan bahwa kedatangan internasional telah meningkat menjadi 3.000-5.000 per hari sejak 1 Mei 2022.

Angka ini sangat jauh bila dibandingkan dengan 400-500 kunjungan per hari selama periode sandbox dan 2.500 per hari di bawah skema "Test & Go".

Negara yang menjadi pasar potensial wisata Phuket

Sebagai informasi, sekitar 328.004 wisatawan telah mengunjungi Phuket dalam empat bulan pertama tahun ini.

Bhummikitti mengatakan, India merupakan salah satu pasar potensial karena memberikan kontribusi wisatawan asing terbanyak bulan ini, dengan rata-rata 1.000 orang per hari berkat penerbangan langsung ke Phuket.

Kelompok wisatawan asing terbesar kedua berasal dari Australia, dengan sekitar 10.000 orang mengunjungi Phuket pada bulan April.

Angka ini diperkirakan akan meningkat menjadi 15.000 kedatangan per bulan.

  • Thailand Buka Kembali 3 Destinasi Sandbox Selain Phuket, Ada Krabi
  • Apa Itu Festival Songkran di Thailand? Ini 10 Faktanya

Negara yang menjadi pasar utama lainnya untuk mengunjungi Phuket adalah Inggris, Singapura, Malaysia, dan Arab Saudi.

Ia juga mengatakan, tingkat hunian hotel di lokasi strategis seperti Patong yang populer di kalangan wisatawan India dan Australia, diperkirakan mencapai 60-70 persen pada bulan ini.

Asosiasi wisata di Phuket memperkirakan jumlah wisatawan yang terbang langsung ke pulau itu akan tetap pada angka 9.000 hingga 10.000 kunjungan per hari antara Oktober dan Desember, dengan asumsi tidak ada pembatasan ke depannya dan situasi aman terkendali.

"Situasi viral seharusnya tidak lagi menjadi perhatian besar, tetapi indikator ekonomi lainnya selama kuartal terakhir harus diperhitungkan, termasuk inflasi, nilai tukar dan harga minyak, yang mempengaruhi sisi penawaran dan permintaan," kata Bhummikitti, mengutip Bangkok Post, Minggu (15/05/2022).

  • Phuket di Thailand Pikat Turis Asing dengan Rencana 1 Dollar, 1 Malam
  • Mengintip 4 Hotel Halal di Phuket
  • 8 Tempat Wisata Aneh dan Menarik yang Bisa Dikunjungi di Thailand

Menurutnya, aksesibilitas yang lebih besar dari penerbangan langsung ke Phuket juga menjadi kunci untuk membantu meningkatkan angka kedatangan.

“Operator pariwisata harus menunggu dan melihat apakah lebih banyak slot penerbangan langsung diberikan ke Phuket,” kata Bhummikitti.

Sebagai informasi, pada 2019 atau sebelum wabah pandemi melanda, Phuket menerima 10 juta wisatawan asing, dengan tiga juta di antaranya berasal dari China.

Adapun rata-rata lama tinggal setiap wisatawan di Phuket biasanya adalah empat hingga lima hari. Namun, Bhummikitti mengatakan jumlah ini dapat meningkat menjadi enam hari jika pulau Phuket menawarkan lebih banyak aktivitas dan atraksi rekreasi.

https://travel.kompas.com/read/2022/05/15/170900427/phuket-targetkan-1-juta-kunjungan-turis-asing-pada-akhir-tahun

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke