Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harga Tiket Candi Prambanan 2022 dan Cara Beli Online 

KOMPAS.com - Candi Prambanan adalah candi bercorak Hindu terbesar di Indonesia. Peninggalan bersejarah ini sudah ditetapkan sebagai sebagai Warisan Budaya Dunia (world heritage) oleh UNESCO, seperti dikutip dari Balai Pelestarian Cagar Budaya DIY. 

Ciri khas Candi Prambanan adalah bangunan candi yang menjulang tinggi. Komplek Candi Prambanan terbagi menjadi tiga halaman yang ditata dengan memusat atau pola konsentris. Setiap halaman dibatasi dengan pagar keliling. 

Pada halaman satu atau pusat, terdapat 16 candi. Termasuk di dalamnya adalah tiga candi utama yakni Candi Brahma, Candi Siwa, Candi Wisnu dan tiga candi wahana yakni Candi Garuda, Candi Nandi, dan Candi Angsa.

Candi paling besar adalah Candi Siwa, dengan ketinggian mencapai 47 meter. Pada sisi kanan dan kiri Candi Siwa, berdiri Candi Brahma dan Candi Wisnu. 

Pada halaman dua terdapat Candi Perwara yang berjumlah 224 dengan. Candi-candi tersebut tidak semuanya dalam kondisi utuh karena sebagian besar telah runtuh. 

Sedangkan, pada halaman ketiga tidak ditemukan candi, hanya terdapat sebagian struktur gapura dan pagar. 

Harga tiket Candi Prambanan 2022

Candi Prambanan merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta dan sekitarnya. Sebab, lokasinya sangat strategis, yakni jalan utama Yogyakarta-Solo. 

Lokasi tepatnya berada di desa Karangasem, Kecamatan Bokoharjo, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Secara administratif, candi bercorak Hindu ini berada di perbatasan antara Kabupaten Klaten (Jawa Tengah) dan Kabupaten Sleman (Yogyakarta). 

Jika kamu ingin mengunjungi Candi Prambanan, sebaiknya cek terlebih dahulu harga tiket Candi Prambanan 2022. Berikut harga tiket Candi Prambanan berdasarkan informasi dari situs pengelola Candi Prambanan, PT Taman Wisata Candi (TWC). 

Wisatawan nusantara

1. Wisatawan usia 10 tahun ke atas, harga tiket Rp 50.000 per orang. 

2. Wisatawan usia 3 hingga 10 tahun, harga tiket Rp 25.000 per orang. 

3. Wisatawan rombongan pelajar dan mahasiswa, harga tiket Rp 25.000 per orang. Rombongan pelajar dan mahasiswa berjumlah minimal 20 orang, serta wajib menyertakan surat pengantar dari sekolah atau universitas.

Wisatawan mancanegara 

1. Wisatawan mancanegara usia 10 tahun ke atas, harga tiket 25 dolar AS, atau Rp 362.500 per orang. 

2. Wisatawan mancanegara usia 3-10 tahun, harga tiket 15 dolar AS, atau Rp 217.500 per orang.

Tiket terusan 

1. Tiket terusan Candi Prambanan-Candi Borobudur, bagi wisatawan nusantara usia 10 tahun ke atas, Rp 75.000 per orang. 

2. Tiket terusan Candi Prambanan-Candi Borobudur, bagi wisatawan nusantara usia 3-10 tahun, Rp 35.000 per orang.

3. Tiket terusan Candi Prambanan-Candi Ratu Boko, bagi wisatawan nusantara usia 10 tahun ke atas, Rp 85.000 per orang.

4. Tiket terusan Candi Prambanan-Candi Ratu Boko, bagi wisatawan nusantara usia 3-10 tahun, Rp 40.000 per orang.

5. Tiket terusan Candi Prambanan-Candi Plaosan-Candi Sojiwan, bagi wisatawan nusantara usia 10 tahun ke atas, Rp 75.000 per orang.

6. Tiket terusan Candi Prambanan-Candi Plaosan-Candi Sojiwan, bagi wisatawan nusantara usia 3-10 tahun, Rp 35.000 per orang.

7. Tiket terusan Candi Prambanan, Candi Plaosan, dan Candi Sojiwan bagi pelajar dan mahasiswa Rp 30.000 per orang. Rombongan pelajar dan mahasiswa berjumlah minimal 20 orang, serta wajib menyertakan surat pengantar dari sekolah atau universitas. 

Harga tiket tersebut, sudah termasuk premi asuransi senilai Rp 500 per orang. 

Sebelum pergi mengunjunginya, pastikan selalu mengecek informasi terbaru Candi Prambanan untuk mengantisipasi adanya perubahan harga, sehingga perjalananmu lebih terencana.

Caranya, wisatawan dapat mengetik "Travelink Taman Wisata Candi" pada laman pencarian Google dan masuk ke situsnya.

Sebelumnya, wisatawan akan diminta untuk membuat akun terlebih dahulu dengan mengisi nama pengguna, email, dan password. 

Selanjutnya, pengunjung diminta melengkapi biodata diri mencakup nama, nomor handphone, kewarganegaraan, nomor identitas, dan alamat. 

Setelah memiliki akun, masuk ke akun tersebut. Kemudian pilih Candi Prambanan dan wisatawan tinggal memilih tanggal kunjungan dan jumlah tiket yang akan dibeli. 

Kemudian, berlanjut ke pembayaran yang dapat dilakukan melalui kartu debit atau kartu kredit, serta akun virtual bank mitra pembayaran. Selain tiket Candi Prambanan 2022, situs tersebut juga melayani pembelian tiket masuk Candi Borobudur dan Candi Ratu Boko.

https://travel.kompas.com/read/2022/05/15/211100427/harga-tiket-candi-prambanan-2022-dan-cara-beli-online-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke