Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sandiaga Sebut Industri Seni Lokal Bisa Belajar dari K-Pop, Ini Alasannya

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana diadakannya konser musik internasional di Indonesia mulai Mei hingga beberapa bulan, mendapat tanggapan positif dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Ia mengatakan, berlangsungnya konser-konser tersebut patut disyukuri karena menunjukkan penanganan pandemi yang dinilai semakin baik di Indonesia.

Selain itu, masifnya penggemar genre Korean Pop atau K-Pop di tanah air menurutnya juga bisa dijadikan pembelajaran.

"Ramainya K-Pop di Indonesia bisa kita ambil sebagai pelajaran dalam mengembangkan seni pertunjukan di Indonesia agar mendunia," ujar Sandiaga dalam Weekly Press Briefing yang digelar hybrid, Selasa (17/05/2022).

"Industri seni pertunjukan harus dikelola dengan baik dan produknya dikemas sangat menarik, sehingga bisa memiliki banyak penggemar atau fans," tambahnya.

Sandiaga juga menyampaikan, para pelaku industri pertunjukan di Korea melihat K-Pop memiliki market atau pasar yang sangat potensial di Indonesia, sehingga mereka mendatangkan para artisnya.

Diharapkan antusiasme itu bisa ikut meningkatkan mobilitas wisatawan, tak hanya wisatawan domestik tetapi juga wisatawan mancanegara.

Terlebih, ia menambahkan, banyak penggemar K-Pop juga berasal dari negara-negara tetangga, seperti Singapura, Thailand, dan Filipina. 

"Ini tantangan dan peluang kita agar konsep dan kedatangan artis internasional dapat menstimulasi mobilitas wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia," tutur Sandiaga. 

Menurut Sandiaga, konser musik internasional merupakan salah satu faktor pendorong
kebangkitan perekonomian nasional di masa mendatang.

Oleh karena itu, ia berpesan agar momentum seperti ini dapat memberikan manfaat tidak hanya bagi penyelenggara, tetapi juga ekosistem dunia pertunjukan seni secara keseluruhan.

"Ini juga harus menginspirasi agar talenta-talenta kita bisa naik kelas, dan penyelenggaraan konser internasional bisa memotivasi pelaku musik tanah air untuk selalu mengembangkan dan melakukan inovasi, sehingga industri musik Tanah Air turut bergaung secara global," pungkasnya. 

https://travel.kompas.com/read/2022/05/19/130600027/sandiaga-sebut-industri-seni-lokal-bisa-belajar-dari-k-pop-ini-alasannya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke