Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pemerintah Kota Yogyakarta Siapkan Jalur Skuter Listrik di Kotabaru

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menyiapkan jalur skuter listrik di sekitar Kotabaru.

Aturan dibuat setelah skuter listrik dilarang beroperasi di kawasan Titik Nol Kilometer Kota Yogyakarta, Malioboro, dan Tugu Pal Putih Kota Yogyakarta.

"Jadi kemarin itu memang draf sudah sampai saya dan memang kita sudah punya aturan tentang skuter listrik, terutama kita arahkan ke seputaran Kotabaru," jelas Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, Kamis (19/5/2022).

Ia menjelaskan, jalur-jalur yang memungkinkan untuk skuter listrik beroperasi, salah satunya di kawasan Gereja Kotabaru.

"Jadi Kotabaru dari sekitar Gereja Kotabaru dan segala macam itu kan masih dimungkinkan untuk bisa dinikmati dengan skuter," ujar dia.

  • Skuter Listrik Resmi Dilarang di 3 Ruas Jalan Yogyakarta, Ada Malioboro
  • 34 Wisata Yogyakarta yang Pas Dikunjungi Saat Libur Panjang
  • Pantai Wediombo Yogyakarta Kini Dilengkapi Internet Gratis

Dia menambahkan, dirinya sudah berbicara dengan beberapa komunitas skuter listrik di Kota Yogyakarta. Dalam pertemuan ini, Heroe memberikan penjelasan bahwa jalur yang sekarang diperbolehkan bersifat darurat.

"Sifatnya darurat artinya tidak terencana, jalurnya jalur yang tidak terencana. Sehingga kami pemerintah berusaha menganggarkan untuk membuat jalurnya," ucapnya.

Menurutnya, anggaran tersebut untuk memberikan tanda pembeda antara jalur skuter listrik dengan jalur kendaraan lainnya. Ia menambahkan, jalur yang sekarang ada diharapkan bisa digunakan.

"Saat libur Lebaran sempat saya bicara tentang komunitas ini untuk bareng-bareng menyiapkan jalur yang baru agar visibel, nyaman, dan semua orang terlindungi dari potensi-potensi kalau sampai bertemu dengan kendaraan yang lain," jelas dia.

Sebelumnya, Surat Edaran (SE) Gubernur terkait larangan beroperasi skuter listrik dan sejenisnya di Jalan Margomulyo, Margo Utomo, dan Malioboro membuat polemik. Pengusaha skuter listrik menilai aturan itu memberatkan dan siap dibina untuk ke depannya.

Ketua Paguyuban Skuter Malioboro Adi Kusuma Putra Surya mengatakan, usaha skuter listrik ini timbul karena pandemi Covid-19. Dengan membuka usaha skuter listrik dapat membantu masyarakat Yogyakarta.

"Jadi banyak dari kami pengusaha maupun ikut kami kerja masyarakat Yogya sendiri yang biasanya ketika pariwisata berkembang kita gigit jari, kita melakukan apa kita enggak tahu. Tapi skutik (skuter listrik) ini sekitar 80 persen masyarakat sekitar (Malioboro) yang diuntungkan," katanya, Senin (11/4/2022).

Ia menyampaikan bahwa dia tidak menyangka dengan perkembangan persewaan skuter listrik di sekitar sumbu filosofis, yakni Jalan Margo Utomo, Malioboro, hingga Margo Mulyo. Dengan adanya persewaan skuter ini menurut dia menjadi daya tarik wisata baru bagi Malioboro dan sekitarnya.

"Skuter daya tarik wisata baru setelah adanya skutik di Kota Yogyakarta ternyata melebihi ekspektasi kami skutik jadi daya tarik baru di Malioboro. Banyak yang terkesan," kata dia.

  • Ditipu Oknum Pelaku Wisata di Yogyakarta, Hubungi Nomor Aduan Ini
  • 20 Oleh-oleh Khas Yogyakarta, Ada Cokelat Monggo hingga Geplak
  • 10 Tempat Wisata Malam di Yogyakarta, Banyak Spot Instagramable

Ia berharap para pengusaha skuter listrik ini bisa dibina kedepannya oleh dinas terkait, seperti oleh Dinas Kebudayaan maupun Dinas Pariwisata.

"Kami berharap kepada Dinas Kebudayaan, Wisata dapat membina kami. Karena dapat menunjang wisata," kata dia.

Dia menambahkan, selain menunjang wisata para pengusaha persewaan skuter listrik ini sekaligus mempromosikan penggunaan kendaraan listrik kepada masyarakat. Mengingat, pemerintah pusat sedang menggencarkan peralihan dari motor atau mobil konvensional ke mobil listrik.

"Skutik jadi salah satu promotor dimana kami dukung program pemerintah ikut promosikan kendaraan listrik, ada program seperti becak listrik, ada mobil listrik, termasuk sekarang Grab dan GoJek motornya juga listrik," kata dia.

https://travel.kompas.com/read/2022/05/19/181000827/pemerintah-kota-yogyakarta-siapkan-jalur-skuter-listrik-di-kotabaru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke