Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harga Tiket dan Rute ke Kedai Sawah Sembalun NTB, Jangan Sampai Nyasar

KOMPAS.com - Kecamatan Sembalun di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), merupakan surga kecil di kaki Gunung Rinjani. Wilayah tersebut terkenal dengan panorama perbukitan. 

Banyak kegiatan yang dapat dilakukan di Kecamatan Sembalun, di antaranya mendaki bukit, menjajal paralayang, dan ikut wisata petik stroberi.

Jika kamu mencari wisata kuliner bernuansa alam di Kecamatan Sembalun, maka Kedai Sawah Sembalun bisa menjadi alternatif. 

Pemilik Kedai Sawah Sembalun, Purna, mengatakan bahwa konsep yang diusung adalah kombinasi dari wisata kuliner dan agrowisata.

Selain menikmati hidangan di restoran, pengunjung bisa memetik buah stroberi dan aneka sayuran, foto di kebun bunga dan spot Instagramable, atau duduk santai di gazebo. 

“Jadi orang datang, habis makan bisa melihat sawah, petik hasil sayuran, petik stroberi, dan foto,” terang Purna saat dihubungi Kompas.com, Rabu (18/5/2022). 

Keunikan dari Kedai Sawah Sembalun ini adalah kemitraan dengan petani pemilik sawah di area sekitar. Sawah-sawah tersebut ditanami aneka tanaman, seperti bawang merah, bawang putih, wortel, selada, kol, dan kentang. 

Jadi, pengunjung bisa ikut panen sayuran segar langsung dari kebun para petani tersebut. 

“Misalnya, ada panen wortel, kami arahkan pengunjung ke sana untuk memetik dan beli langsung ke petani. Intinya, menyesuaikan petani panen, pengunjung ikut panen,” jelasnya. 

Selain panen sayur dan petik stroberi, ikon dari Kedai Sawah Sembalun adalah kebun bunga. Spot foto favorit pengunjung adalah tanaman hias bayam merah lantaran warnanya kontras dengan pemandangan sekitar yang berwarna hijau. 

“Saya berpikir, bagaimana lahan yang sempit kelihatan luas dan menarik, kalau berwarna hijau semua enggak menarik,” katanya.

Jam buka Kedai Sawah Sembalun 

Fasilitas restoran di Kedai Sawah Sembalun buka setiap hari pukul 07.00 Wita -21.00 Wita. Namun, fasilitas kebun stroberi tutup pada pukul 18.00 Wita. 

Purna mengatakan, wisatawan tak perlu khawatir jika berkunjung pada malam hari, karena penerangan di lokasi ini sudah memadai. 

“Penerangannya sudah ada, kami pakai banyak lampu,” ujarnya. 

Sementara itu, aktivitas panen sayur di sawah menyesuaikan dengan jadwal panen petani. Kendati demikian, ia menuturkan bahwa hampir setiap hari ada petani yang memanen tanamannya. 

Ia menyarankan pengunjung yang ingin menikmati pengalaman panen sayuran tersebut untuk datang pada pagi hari ,yakni pukul 08.00 Wita - 10.00 Wita. 

“Intinya menyesuaikan petani, ada orang panen pengunjung ikut panen. Biasanya panen sayur pukul 08.00-10.00 (Wita), karena habis itu sayuran di-drop ke pasar,” imbuhnya. 

Tiket masuk ke Kedai Sawah Sembalun mulai dari Rp 15.000 per orang. Nantinya, pengunjung bisa berfoto di kebun bunga serta spot Instagramable lainnya. 

Khusus untuk kegiatan petik stroberi, pengunjung harus membayar tiket masuk mulai dari Rp 15.000 per orang. Selanjutnya, hasil panen stroberi akan ditimbang terlebih dahulu dengan harga Rp 50.000 per kilogram (kg). 

Sementara itu, kegiatan panen aneka sayuran di sawah petani tidak dipungut biaya tiket masuk. Pengunjung hanya perlu membayar sejumlah sayuran yang dipetik. 

“Kalau kebun stroberi, pakai tiket masuk Rp 15.000 per orang bisa cicip makan. Kalau dibawa pulang ditimbang dulu, harganya Rp 50.000 per kilogram,” jelasnya. 

Rute menuju Kedai Sawah Sembalun 

Lokasi Kedai Sawah Sembalun berada di Dusun Jorong, Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, NTB. 

Purna menuturkan, patokan lokasinya adalah Masjid Al-Munawarah Dusun Jorong, Desa Sembalun Bumbung. Ia menyarankan wisatawan untuk mengikutip patokan itu karena sejumlah tamu sempat tersasar saat mengikuti arahan dari aplikasi Google Maps. 

“Kalau di Sembalun pakai share lokasi suka nyasar, karena banyak gang tapi enggak ada nama jalannya,” katanya.

  • Itinerary 3 Hari 2 Malam di Lombok, Wisata Budaya hingga Alam bak Surga
  • 5 Tips Berkunjung ke Pantai Mawun Lombok, Pemandangannya Masih Asri

Dari Lombok Timur, ia menyarakan wisatawan untuk lebih dulu mencari Indomaret Sembalun.

Sekitar 100 meter setelah Indomaret Sembalun, wisatawan akan menjumpai Masjid Al-Munawarah Dusun Jorong, Desa Sembalun Bumbung.

“Setelah ketemu Masjid Al-Munawarah Dusun Jorong, Desa Sembalun Bumbung, belok kanan lokasinya sudah dekat,” tuturnya.

Perjalanan dari pusat Kota Lombok Timur menuju Kedai Sawah Sembalun membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit hingga satu jam.

Untuk saat ini, tidak ada angkutan umum yang tersedia, sehingga wisawatan harus menggunakan kendaraan pribadi atau sewa.

Kedai Sawah Sembalun juga berdekatan dengan Desa Wisata Sembalun, Sembalun Lawang, dan Sembalun Bumbung. Jaraknya berkisar antara tujuh hingga sepuluh menit berkendara.

https://travel.kompas.com/read/2022/05/20/170400927/harga-tiket-dan-rute-ke-kedai-sawah-sembalun-ntb-jangan-sampai-nyasar

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke