Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Panduan Car Free Day Jakarta, Khusus untuk Olahraga dan Tanpa PKL  

KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membuka kembali kegiatan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) di enam jalan protokol, pada hari Minggu (22/5/2022) pukul 06.00 WIB – 10.00 WIB.

“Dalam rangka meningkatkan kualitas udara di Jakarta, kini Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) akan kembali dilaksanakan mulai Minggu, 22 Mei 2022, pukul 06.00 – 10.00 WIB,” tulis Pemprov DKI Jakarta melalui akun Instagram resmi, @dkijakarta. 

Namun, harap diperhatikan bahwa penyelenggaraan car free day tersebut masih dilakukan secara terbatas.

  • Car Free Day Jakarta Kembali Dibuka 22 Mei, Berikut 6 Lokasinya 
  • Pilihan 5 Tempat Piknik di Jakarta, Cocok untuk Akhir Pekan

Panduan car free day Jakarta 

Setidaknya, ada lima poin aturan car free day Jakarta yang disampaikan oleh Pemprov DKI Jakarta melalui akun Instagram resminya. Masyarakat yang hendak mengikuti car free day sebaiknya mengetahui ketentuan yang berlaku. 

Berikut panduan car free day Jakarta yang digelar secara terbatas:

1. Hanya untuk kegiatan olahraga 

Pemprov DKI Jakarta menyatakan car free day terbatas ini diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin berolahraga. Hal ini ditegaskan oleh Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Lupito.  

“HBKB terbatas boleh dilakukan hanya untuk kegiatan olahraga," katanya dalam keterangan tertulis, dikutip dari Kompas.com, Jumat (20/5/2022). 

2. Tanpa PKL 

Karena sifatnya masih terbatas untuk kegiatan olahraga, maka pedagang kaki lima (PKL) belum dapat berjulan di car free day Jakarta. 

“Tanpa kegiatan atau partisipasi PKL,” tulis Pemprov DKI melalui akun Instagram resminya. 

Hal ini tentunya berbeda dengan penyelenggaraan car free day sebelum pandemi Covid-19. Selain masyarakat yang berolahraga, para pedagang memadati area car free day untuk menjajakan aneka produk mulai dari makanan, minuman, baju, hingga pernak-pernik. 

Pemprov DKI Jakarta tidak mencantumkan informasi batas waktu absennya PKL dari kegiatan car free day. 

Pemprov DKI juga mewajibkan peserta car free day untuk memindai kode QR menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Alternatif lainnya adalah dengan menunjukkan sertifikat vaksinasi Covid-19 dosis kedua. 

Syafrin mengingatkan, meski peraturan sudah mulai melonggar, masyarakat harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Namun demikian, Pemprov DKI belum merincikan mekanisme pemindaian aplikasi PeduliLindungi dan pengecekan sertifikat vaksin Covid-19. 

Jika kamu hendak berolahraga di car free day akhir pekan ini, maka jangan lupa siapkan aplikasi PeduliLindungi atau sertifikat vaksin Covid-19. 

4. Pakai masker jika suasana ramai 

Pemprov DKI Jakarta juga mengimbau masyarakat yang beraktivitas di car free day untuk tetap membawa masker. Hal ini untuk mengantisipasi potensi keramaian selama car free day berlangsung. 

Jika suasana car free day ramai atau padat orang, Syafrin mengimbau masyarakat tetap menggunakan masker. 

“Kami imbau untuk tetap membawa masker untuk digunakan saat suasana sangat ramai," ucap dia.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memperbolehkan masyarakat untuk melepas masker saat beraktivitas di luar ruangan. 

Dengan syarat, area terbuka tersebut tidak padat orang. Selain itu, masyarakat masih wajib menggunakan masker untuk kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik. 

5. Tetap menjaga jarak 

Selain menggunakan masker jika ramai, masyarakat yang datang ke car free day juga diimbau untuk tetap menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Syafrin meminta semua pengunjung car free day untuk mematuhi ketentuan tersebut sehingga penyelenggarannya berlangsung kondusif, serta mencegah penularan Covid-19. 

"Seluruh masyarakat pengunjung HBKB yang akan beraktivitas di lokasi pelaksanaan HBKB terbatas agar memenuhi ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan untuk kebaikan bersama," tegasnya. 

  • Kembali Beroperasi, Ini Jadwal dan Rute Bus Wisata Gratis Transjakarta
  • Tak Hanya JPO Phinisi, Ini 9 JPO Instagramable di Jakarta

https://travel.kompas.com/read/2022/05/20/213300627/panduan-car-free-day-jakarta-khusus-untuk-olahraga-dan-tanpa-pkl-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke