Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Indonesia Turun ke Level 1 CDC Amerika, Berisiko Rendah Covid-19

KOMPAS.com - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS) telah menurunkan status Indonesia ke level 1 CDC yang artinya berisiko rendah Covid-19, tepatnya sejak Senin (2/5/2022).

"Bagi yang ingin berwisata ke Indonesia, pastikan untuk selalu mendapat informasi terbaru seputar syarat vaksinasi Covid-19," demikian kutipan isi laman CDC, Sabtu (21/5/2022).

Sebelumnya pada pertengahan Februari 2022 lalu, Indonesia sempat masuk level 3 CDC, atau negara dengan tingkat Covid-19 tinggi.

Dilaporkan Kompas.com, Selasa (15/2/2022), keputusan tersebut membuat wisatawan asal AS yang ingin melakukan perjalanan ke Indonesia harus bervaksin Covid-19 dosis penuh.

  • Jokowi Pergi ke Amerika Naik Garuda Indonesia yang Didesain Khusus
  • Mau Coba Tur Keliling Gedung Putih Amerika? Simak Syaratnya
  • Indonesia Masuk Level 3 CDC Amerika, Ini Tanggapan Kemenparekraf

Jika belum divaksinasi, maka wisatawan asal AS dianjurkan untuk menghindari kunjungan ke negara yang ada di level 3, apalagi jika tidak ada keperluan penting.

Saat ini, seiring dengan membaiknya penanganan Covid-19 di Indonesia, pemerintah juga telah mengumumkan sejumlah pelonggaran aturan perjalanan bagi wisatawan mancanegara.

Termasuk pembebasan syarat karantina, serta tes PCR dan antigen saat kedatangan, bagi pelaku perjalanan yang telah divaksinasi Covid-19 dosis kedua, atau dosis ketiga.

Sebagai informasi, saat ini tidak ada negara yang masuk ke level 4 CDC. 

Level-level di CDC 

CDC memiliki beberapa level untuk mengelompokkan destinasi internasional terkait pandemi Covid-19. Level ini pun diperbarui secara berkala, berikut pembagiannya:

https://travel.kompas.com/read/2022/05/21/210700527/indonesia-turun-ke-level-1-cdc-amerika-berisiko-rendah-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke