Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Pantai Pulau Merah Banyuwangi

KOMPAS.com - Pantai Pulau Merah merupakan salah satu pantai yang berada di Kabupaten Banyuwangi bagian selatan, Jawa Timur. Daya tarik pantai ini adalah keberadaan bukit kecil di lepas pantai yang bernama Pulau Merah. 

Sekretaris Pokmas Wisata Pulau Merah Ali Mabrur menerangkan, dinamakan Pulau Merah lantaran tanah di bukit setinggi 200 meter tersebut berwarna merah bata. Selanjutnya, nama Pantai Pulau Merah diambil dari nama bukit tersebut.

“Dinamakan Pulau Merah karena tanahnya berwarna merah seperti batu bata, beda dari pulau-pulau di sekitarnya,” jelasnya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (24/5/2022). 

Pulau yang tidak berpenghuni itu terletak sekitar 50-100 meter dari bibir pantai. Saat air laut surut, wisatawan bisa berjalan kaki ke Pulau Merah. 

Pada musim hujan, Pulau Merah ditutupi vegetasi hijau. Namun, pada musim kemarau, daun-daun tersebut akan kering dan berguguran sehingga tampaklah tanah berwarna merah bata di Pulau Merah. 

“Kalau musim kemarau, daunnya rontok baru kelihatan merah tanahnya, kalau tidak mendekat memang tidak begitu kelihatan, nah kalau naik perahu baru kelihatan,” terangnya. 

Keunikan Pantai Pulau Merah lainnya adalah panorama matahari terbenam (sunset) dengan cahaya kemerahan. Fenomena itu tidak lepas dari keberadaan Pulau Merah. 

Untuk mendapatkan pemandangan tersebut, Ali menyarankan wisatawan untuk berkunjung pada periode November hingga Februari. 

“Kalau sunset November sampai Februari matahari berada di sebelah selatan, jadi waktu matahari tenggelam biasanya cahayanya bisa lebih merah di Pantai Pulau Merah,” terangnya. 

  • Itinerary Wisata Seharian di Banyuwangi, Eksotisnya Djawatan Sampai Pesona Sunset Pulau Merah
  • Menikmati Sunset di Pantai Pulau Merah Banyuwangi yang Sudah Buka

Harga tiket masuk dan jam buka Pantai Pulau Merah

Harga tiket masuk Pantai Pulau Merah cukup ramah di kantong, yakni mulai dari Rp 10.000 per orang.

Selain tiket masuk, pengunjung yang membawa kendaraan harus membayar parkir, yaitu Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua, Rp 5.000 untuk roda empat, dan Rp 10.000 untuk roda enam. 

“Harga tiket weekdays (hari biasa) dan weekend (akhir pekan) sama saja Rp 10.000 per orang,” kata Ali. 

Dengan tarif tersebut, wisatawan bisa menggunakan semua fasilitas umum yang tersedia di Pantai Pulau Merah, seperti toilet, musala, dan area parkir. 

Namun, bagi pengunjung yang ingin berkeliling pulau menggunakan perahu akan dikenai tarif sebesar Rp 20.000 per orang. 

Ali menuturkan, tidak tersedia fasilitas snorkeling atau diving di Pantai Pulau Merah, lantaran ombaknya cukup tinggi. Namun, para peselancar bisa menikmati ombak besar di Pantai Pulau Merah untuk olahraga surfing. 

“Kalau untuk snorkeling dan diving tidak bisa karena ombaknya besar, biasanya kalau pengunjung ingin snorkeling atau diving, kami arahkan ke Pantai Wedi Ireng karena di sana teluk jadi ombaknya lebih kecil,” tuturnya. 

Ali mengatakan, obyek wisata ini buka selama setiap hari selama 24 jam. Ada petugas keamanan yang bergiliran jaga. 

“Kami tidak pernah tutup, meskipun tidak ada petugas loket tapi petugas keamanan stand by,” katanya.  

Wisatawan juga bisa bermalam atau camping di Pantai Pulau Merah. Ali menuturkan pihak pengelola telah menyediakan lokasi khusus untuk camping yang aman dari terjangan ombak, serta dekat dengan fasilitas toilet. 

  • Lomba Surfing di Pantai Pulau Merah, Pelajar Wawancarai Wisman
  • Di Pulau Merah Banyuwangi, Sampah Plastik Bisa Ditukar Emas

Rute menuju Pantai Pulau Merah 

Pantai Pulau Merah berada di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Jaraknya dari Kota Banyuwangi sekitar 70 kilometer dengan waktu tempuh kira-kira dua jam. 

Dari Kota Banyuwangi, pengunjung bisa melalui Jalan Nasional III. Patokan terdekat lokasi Pantai Pulau Merah adalah Pasar Pesanggaran. 

Setelah menemukan Kantor Kecamatan Pesanggaran, wisatawan bisa belok kiri menuju Jalan Pancer. Ikuti jalan utama hingga menemukan Coconut Island Homestay. 

Kemudian, belok kanan menuju Jalan Pelabuhan Pancer, ikuti jalan hingga menemukan pintu masuk ke Pantai Pulau Merah. 

Khusus wisatawan dari arah Surabaya, Ali menyarankan agar melalui jalan umum Nasional, bukan jalan pintas lantaran jalannya yang kecil. Utamanya, rombongan wisatawan yang menggunakan bus.  

“Pakai Google Maps agak berbahaya, kalau dari arah Surabaya sampai di Genteng itu biasanya nanti dibelokkan kalau pakai Google Maps, memang itu jalan tercepat tapi sulit dan sempit,” ujarnya. 

Jadi, ia mengimbau pengunjung untuk mengikuti rambu-rambu menuju Pantai Pulau Merah yang terpasang di jalan umum Nasional.  

https://travel.kompas.com/read/2022/05/25/190500027/harga-tiket-masuk-dan-jam-buka-pantai-pulau-merah-banyuwangi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke