Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menparekraf Sasar Micro Influencer Atlet untuk Promosi Sport Tourism

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno sasar kalangan atlet sebagai micro influencer untuk mempromosikan sport tourism (wisata olahraga) di Indonesia.

Menurutnya, saat ini wisata berbasis olahraga memiliki daya tarik tersendiri, sehingga menjadi gaya hidup yang patut dikembangkan.

"Menurut saya, olahraga ini menjadi lifestyle (gaya hidup) dan daya tarik, dan pariwisata berbasis olahraga sekarang meningkat," kata Sandiaga, dalam Press Conference bersama Mesut Ozil di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Rabu (25/5/2022).

Sandiaga mencontohkan, ada banyak atlet lari asal Indonesia yang berlaga di kancah internasional dalam 6 World Major Marathons, seperti di New York, Berlin, dan Tokyo.

  • Kemenparekraf Gandeng Mesut Özil, Bidik Pasar Timur Tengah dan Eropa
  • Kuliner dan Sport Tourism Bisa Dorong Peningkatan Jumlah Turis Asing
  • NTB Kembangkan Wisata Olahraga, Bisa Contek Kunci Kesuksesan Perancis

Ia menyampaikan niatnya, untuk membekali para atlet ini dengan produk-produk ekonomi kreatif buatan Indonesia.

"Nah saya melihat salah satu bentuk kerja samanya yang dapat dikembangkan, bahwa mereka bisa kita bekali produk-produk promosi pariwisata Indonesia, sehingga kita bisa tampil di event (acara) internasional itu menggunakan micro influencer," jelasnya. 

Jika ada influencer besar seperti Mesut Ozil, lanjutnya, maka akan ada pula micro influencer.

Sebagai informasi, dilansir dari Kompas.com, Selasa (25/2/2020), micro influencer adalah influencer yang memiliki total pengikut (followers) 10.000 - 100.000 pengikut. 

Sandiaga mengatakan, pihaknya tidak ingin menggunakan cara mahal lagi, seperti yang pernah dilakukan sebelumnya, untuk promosi pariwisata.

"Cara-cara yang 'mahal' seperti dulu misalnya, Indonesia pernah mensponsori Liverpool, tapi itu mahal sekali dan kita tidak mampu lagi melakukannya setelah pandemi Covid-19," ujarnya.

  • 5 Olahraga Tradisional Indonesia yang Bisa Dicoba, Ada Bentengan
  • Balap Bakiak, Olahraga Tradisional Pengasah Kerja Sama Tim dan Ketangkasan
  • Berencana ke Raja Ampat, Ini 4 Jenis Wisata Olahraga yang Bisa Dilakukan Wisatawan

Oleh karena itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) juga ingin melihat kolaborasi dengan pemain sebagai jalan baru untuk memasarkan pariwisata Indonesia.

"Jadi itu yang akan kita kembangkan inovasi-inovasi baru mencari potensi untuk bekerja sama dan sesuai dengan tagline kita Wonderful Indonesia," tutupnya.

https://travel.kompas.com/read/2022/05/25/200000627/menparekraf-sasar-micro-influencer-atlet-untuk-promosi-sport-tourism

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke