Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia dengan Sensasi Berjalan di Awan

KOMPAS.com - Jembatan gantung selain berfungsi menghubungkan dua lokasi, kini sudah berkembang menjadi obyek wisata. Bahkan, sejumlah negara berlomba-lomba membangun jembatan gantung terpanjang. 

Secara umum, ada jenis jembatan gantung yang dapat dilalui kendaraan dan jembatan gantung bagi pejalan kaki (pedestrian suspension bridge). 

Biasanya, jembatan gantung yang dapat dilalui kendaraan menghubungkan dua wilayah yang terpisah oleh sungai, selat, dan laut. 

Selanjutnya, jembatan gantung pejalan kaki biasanya berada di pegunungan serta menghubungkan dua gunung atau bukit, melewati lembah dan sungai.  

Contoh jembatan gantung yang dapat dilewati kendaraan adalah 1915 Canakkale Bridge. Mengutip Daily Mail, 1915 Canakkale Bridge merupakan jembatan gantung terpanjang di dunia yang membentang hingga 2.023 meter. 

Jembatan gantung di Turki ini membentang di atas Selat Dardanelles, serta menghubungkan wilayah Eropa yaitu Kota Gelibolu dengan Asia, yaitu Kota Lapseki. 

Sementara itu, jembatan gantung pejalan kaki juga berfungsi sebagai destinasi wisata bagi pencinta tantangan.

Berikut ini adalah jembatan gantung pejalan kaki terpanjang di dunia yang Kompas.com himpun: 

1. Sky Bridge 721, Republik Ceko (721 meter) 

Sky Bridge 721 berada di Dolni Morava, Republik Ceko. Jembatan ini menghubungkan dua gunung di Pegunungan Jeseniky, Republik Ceko. 

Mengutip Travel Awaits, jembatan gantung tersebut membentang sepanjang  721 meter, sesuai namanya, sekaligus berada di ketinggian 95 meter dan lebar 1,2 meter. 

Dengan panjang tersebut, Sky Bridge 721 diyakini akan menggeser rekor jembatan gantung terpanjang versi Guinness World Records yang saat ini dipegang oleh Baglung Parbat Footbridge, Nepal sepanjang 567 meter.

Berada di ketinggian 1.110 - 1.116 meter di atas permukaan laut (mdpl), wisatawan dapat merasakan sensasi berjalan di atas awan saat melintasi Sky Bridge 721. 

Untuk faktor keamanan, jembatan gantung ini memiliki enam tali utama yang masing-masing tali mampu menopang beban hingga 360 ton. Selain enam tali utama, Sky Bridge 721 juga dilengkapi dengan  60 tali pendukung lainnya dengan berbagai diameter.

2. Baglung Parbat Footbridge, Nepal (567 meter) 

Jembatan gantung yang berada di Nepal ini membentang sepanjang 567 meter, berdasarkan informasi dari laman Guinness World Records. Jembatan ini melintasi Sungai Kali Gandaki di Provinsi Gandaki, Nepal.

Jembatan ini dibuka untuk umum pada 30 Juli 2020. Berdasarkan informasi dari Travel Tomorrow, Baglung Parbat Footbridge berada di ketinggian 122 meter. 

Kapasitas jembatan gantung ini mampu menampung hingga 612 orang sekaligus. Lokasinya terletak 280 kilometer sebelah barat Kathmandu, Nepal.

Kehadiran Baglung Parbat Footbridge menggeser rekor jembatan gantung pejalan kaki terpanjang sebelumnya yakni Arouca 516 di Portugal sepanjang 516 meter. 


3. 516 Arouca, Portugal (516 meter)

Jembatan gantung 516 Arouca diresmikan pada Mei 2021. Mengutip Travel Tomorrow, jembatan gantung yang berada di Portugal ini memiliki panjang 516 meter, serta berada di ketinggian 175 meter. 

516 Arouca membentang di atas Sungai Paiva, di Arouca Geopark, Portugal. Struktur jembatan gantung ini berupa kisi-kisi logam yang tembus pandang, sehingga menawarkan pengalaman menantang bagi pengunjung yang melintas.  

Butuh waktu sekitar dua tahun untuk membangun jembatan gantung Arouca 516. Kehadiran jembatan gantung ini sekaligus menyalip jembatan Charles Kuonen di Pegunungan Alpen Swiss sebagai jembatan gantung terpanjang di dunia. 

4. Charles Kuonen, Swiss (494 meter)

Jembatan gantung Charles Kuonen berada di dekat Randa, Swiss. Mengutip laman Guinness World Records, jembatan gantung ini membentang sepanjang 494 meter di atas ketinggian 85 meter, dengan lebar hanya 65 centimeter (cm). 

Jembatan yang melintang di atas jurang Grabengufer ini secara resmi dibuka pada 29 Juli 2017. Terbuat dari baja, kabel jembatan gantung Charles Kuonen mencapai 8 ton. 

Panorama di sekitar Charles Kuonen sangat memesona lantaran berada di rute hiking antara Zermatt dan Grachen di Swiss selatan, dengan pemandangan Gunung Matterhorn.

Saat diresmikan, Charles Kuonen berhasil menyabet predikat jembatan gantung pejalan kaki terpanjang di dunia. Rekor tersebut berhasil dipertahankan hingga akhirnya digeser oleh Arouca 516 di Portugal pada 2021. 


5. Sochi Skybridge, Rusia (439 meter) 

Jembatan gantung pejalan kaki Sochi Skybridge berada di SkyPark Sochi, Rusia. Berdasarkan informasi dari CNN, panjang jembatan gantung ini mencapai 439 meter. Wisatawan bisa melihat pemandangan Laut Hitam saat melintas di atas jembatan gantung ini.

Mengutip dari ABC News, Sochi Skybridge membentang di atas lembah Krasnaya Polyana. Uniknya, wisatawan bisa menjajal aktivitas ekstrem, yakni bungee jump dari ketinggian sekitar 200 meter. 

Sochi Skybridge diklaim mampu menahan gempa berkekuatan 9 skala richter (SR), angin topan, hujan, salju dan es pada satu waktu. Selain itu, jembatan ini mampu menamung hingga 30.000 orang sekaligus. 

6. Highline179, Austria (406 meter)

Jembatan gantung Highline179 berada di Tyrol, Austria. Berdasarkan informasi dari laman Highline179, jembatan gantung ini mempunyai panjang 406 meter di atas ketinggian 114 meter. 

Pada Desember 2014, jembatan gantung ini mendapatkan predikat dari Guinness Book of Records sebagai jembatan terpanjang bergaya Tibet. 

Keunikan Highline179 adalah menggabungkan keindahan alam dengan sejarah dan budaya. Wisatawan yang melintas bisa menikmati panorama latar belakang Pegunungan Alpen, Austria yang menawan. 

Selain itu, jembatan gantung ini menghubungkan dua benteng bersejarah di kawasan itu, yaitu Kastel Ehrenburg dan Benteng Claudia. 

Kastel Ehrenburg yang berada di puncak bukit merupakan bangunan bergaya gotik yang berdiri sejak tahun 1296.


7. Mishima Skywalk, Jepang (400 meter) 

Jembatan gantung Mishima Skywalk berada di Prefektur Shizuoka, Jepang. Mengutip informasi dari Tribun Travel (15/6/2020), jembatan gantung ini mempunyai panjang 400 meter.

Daya tarik jembatan gantung Mishima Skywalk adalah wisatawan yang melintas bisa melihat pemandangan Gunung Fuji saat cuaca cerah. Selain itu, kawasan Mishima Skywalk dilengkapi dengan toko suvenir dan taman. 

8. Kokonoe Yume, Jepang (390 meter)

Selain Mishima Skywalk, Jepang masih memiliki jembatan gantung pejalan kaki terpanjang lainnya yakni Kokonoe Yume. Lokasinya berada di Kota Kokonoe, Distrik Kusu, Prefektur Oita, Jepang.

Mengutip laman Guinness World Records, saat diresmikan pada 30 Oktober 2006, Kokonoe Yume dinobatkan sebagai jembatan  gantung terpanjang untuk pejalan kaki di dunia

Jembatan ini membentang sepanjang 390 meter, di atas ketinggian 173 meter. Saat melintas, pengunjung bisa menyaksikan aliran Sungai Naruko-gawa di bawahnya. 

https://travel.kompas.com/read/2022/05/26/111100327/8-jembatan-gantung-terpanjang-di-dunia-dengan-sensasi-berjalan-di-awan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke