Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Liburan Dekat dan Mudah, Ini 6 Negara di Asia Tenggara yang Bebas PCR

KOMPAS.com - Aturan pembatasan masuk di sejumlah negara di dunia mulai mengalami pelonggaran, tak terkecuali negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Jika ingin berlibur ke luar negeri dan mencari destinasi yang cukup mudah dijangkau, kamu bisa mengunjungi beberapa tetangga seperti Malaysia, Singapura, atau Thailand.

Pemerintahan sejumlah negara tersebut sudah membebaskan tes PCR sebagai aturan masuk, dengan syarat tertentu seperti orang yang bersangkutan sudah vaksin dua dosis atau tiga dosis (booster). 

Lantas, negara di Asia Tenggara mana saja yang sudah bebas dari syarat masuk dengan tes PCR?

Mulai 1 Juni 2022, pemerintah Thailand melonggarkan syarat untuk kedatangan internasional dengan Thailand Pass, untuk efektivitas pendaftaran bagi Warga Negara Asing (WNA) yang hendak memasuki negara tersebut.

Mengutip Kompas.com (21/05/2022), untuk mengajukan Thailand Pass, WNA hanya perlu memberikan detail paspor, vaksinasi Covid-19, dan polis asuransi kesehatan dengan nilai pertanggungan hingga 10.000 dollar AS (sekitar Rp 145 juta). 

Namun, apabila seseorang belum atau tidak divaksinasi sepenuhnya, mereka tetap harus mengunggah bukti RT-PCR negatif atau tes ATK profesional dalam waktu 72 jam perjalanan melalui sistem Thailand Pass.

Pemerintah Negeri Jiran telah melonggarkan sejumlah aturan masuk mulai Minggu (1/5/2022) lalu. 

Pelonggaran itu termasuk pembebasan tes Covid-19 sebelum keberangkatan dan saat kedatangan untuk pelaku perjalanan yang telah divaksinasi dosis penuh. Namun, Malaysia memiliki ketentuan tersendiri mengenai status vaksinasi bagi pendatang, untuk lengkapnya bisa dilihat di sini. 

Sedangkan mereka yang belum divaksinasi dosis penuh, atau belum divaksinasi sama sekali, tetap diperbolehkan masuk ke Malaysia dengan syarat harus tes PCR dua hari sebelum keberangkatan.

Setibanya di Malaysia, dilanjutkan dengan tes antigen dalam waktu 24 jam dan karantina lima hari, dilansir dari Kompas.com (21/05/2022). 

3. Singapura

Negara Asia Tenggara selanjutnya yang sudah bebas dari tes PCR adalah Singapura. Mulai Selasa (26/04/2022), aturan bebas PCR ini berlaku bagi siapapun yang telah vaksin dua dosis dan ingin berkunjung ke Negeri Singa. 

Sementara, bagi pelancong berusia 13 tahun ke atas yang belum vaksinasi lengkap harus mengikuti beberapa persyaratan masuk, dikutip Kompas.com (28/04/2022). 

Di antaranya melakukan tes pra-keberangkatan dalam waktu dua hari sebelum pergi ke Singapura, menjalani aturan karantina di rumah selama tujuh hari, dan mengikuti tes PCR setelah masa karantina tujuh hari berakhir.

Dikutip Kompas.com dari situs berita Timor Leste Tatoli, Jumat (27/05/2022), mulai 21 Maret 2022, pendatang Indonesia yang ingin mengunjungi Timor Leste dibebaskan dari syarat masuk apapun. 

Asalkan telah memenuhi syarat membawa paspor yang masih berlaku dan sertifikat bukti vaksinasi tiga dosis. 

Mulai 1 April 2022, Biro Imigrasi Filipina melonggarkan aturan masuk untuk semua warga negara asing (WNA) yang telah divaksinasi Covid-19 penuh atau dua dosis.

Pelancong yang datang setelah 1 April 2022 hanya akan diminta menunjukkan hasil tes antigen negatif yang diambil dalam waktu 24 jam dari keberangkatan, mengutip Kompas.com (19/03/2022). 

Sementara, bagi warga negara asing berusia di atas 12 tahun yang belum divaksinasi harus melakukan tes rapid antigen dalam waktu 48 jam sebelum keberangkatan, serta menunjukkan buktinya saat tiba di Laos.

Selain itu, orang yang bersangkutan wajib membayar sendiri biaya pengobatannya jika positif Covid-19, mengutip Kompas.com (10/05/2022).

  • Laos Sambut Turis Asing karena Covid-19 Melandai
  • Princess Cruises Luncurkan Pelayaran untuk Jelajahi Asia Tenggara

Hingga saat ini, baru enam negara di atas yang sudah membebaskan syarat masuk dengan tes PCR, jika pelancong memenuhi syarat tertentu.

Sementara, empat negara sisanya seperti Kamboja, Vietnam, Brunei, dan Myanmar, hingga saat ini masih mewajibkan pendatang asing untuk melakukan tes PCR sebelum masuk ke negaranya, meski sudah bebas karantina. 

Untuk informasi lebih lanjut dan terbaru mengenai aturan masuk masing-masing negara, bisa mengecek ke laman resmi pemerintah mereka.

https://travel.kompas.com/read/2022/05/27/181800527/liburan-dekat-dan-mudah-ini-6-negara-di-asia-tenggara-yang-bebas-pcr

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke