Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Pulau Terbesar di Dunia, Ada Pulau di Indonesia

KOMPAS.com – Bumi terdiri dari banyak pulau besar maupun kecil yang tersebar, bahkan ada yang menjadi suatu negara. 

Sebagai informasi, secara teknis, Australia merupakan sebuah pulau kerena wilayahnya tidak terhubung dengan daratan manapun. Australia bisa menjadi pulau terbesar di dunia dengan luas 7.692.202 kilometer (km) persegi. 

Namun, nyatanya wilayah Australia lebih sering disebut sebagai daratan kontinental (continental landmass), alhasil tidak termasuk dalam daftar pulau terbesar di dunia, dikutip dari Britannica, Kamis (2/6/2022). 

Jika ingin mengetahui mana saja pulau terbesar di dunia, tanpa ada Australia di dalamnya, berikut Kompas.com telah merangkumnya dari World Atlas. 

1. Greenland

Pulau terbesar di dunia jatuh pada Greenland yang luas daratannya mencapai 2,16 juta km persegi. Luas tersebut juga mencangkup sejumlah pulau kecil lainnya yang ada di lepas pantai wilayah Greenland. 

Greenland terletak di ujung utara, tepatnya di sisi timur Teluk Baffin, dan dekat dengan wilayah Kanada bagian utara. 

Wilayah Greenland cukup besar, sampai-sampai melewati Samudra Atlantik Utara dan Samudra Arktik. 

Meskipun sangat luas, sekitar 1,8 juta km persegi wilayah Greenland dilapisi es, sehingga suhu udaranya cukup dingin. 

Jumlah penduduk Greenland juga terhitung kecil, populasinya hanya sekitar 57.000 orang, dan sebagian besar adalah bangsa inuit. 

Pulau ini diketahui masih berada di bawah kedaulatan Denmark, walaupun memiliki otonomi dalam mengatur urusan dalam negerinya. 

2. Papua Nugini

Pulau terbesar kedua di dunia adalah Papua Nugini dengan luas area sekitar 785.753 km persegi. 

Lokasinya juga masih dekat dengan Indonesia. Pulau ini terletak di kawasan Samudra Pasifik, tepatnya di sebelah utara Australia dan Laut Koral, serta di sebelah barat Kepulauan Solomon. 

Wilayah Papua Nugini cukup besar, bahkan berada di dua benua, yakni Asia dan Oseania. 

Di sisi timur Papua Nugini dianggap bagian dari Oseania, sedangkan di sisi baratnya adalah bagian dari wilayah Indonesia, jadi dianggap sebagai bagian dari Asia. 

Papua Nugini memiliki banyak bahasa dan masuk ke dalam negara paling beragam bahasanya di dunia, kurang lebih ada 700 bahasa yang dipakai. 

Di peringkat ketiga ada Pulau Kalimantan yang berada di wilayah Indonesia. 

Meski tidak menduduki peringkat pertama sebagai pulau terbesar di dunia, Kalimantan termasuk sebagai pulau terbesar di Asia Tenggara. 

Saking besarnya ada tiga negara yang saling berbagi pulau, salah satunya Indonesia yang menguasai sekitar 73 persen wilayahnya. 

Kemudian, ada Malaysia yang menguasai 24 persen sisi utara pulau, termasuk sebagian besar pantai utara Kalimantan yang menghadap Laut Cina Selatan. 

Sisanyam sekitar 1 persen, dikuasai oleh Brunei Darussalam, yang juga berlokasi di pantai utara Kalimantan. 

Kalimantan sendiri punya luas daratan sekitar 743.330 km persegi.  Setidaknya ada 50 kelompok etnis dan sekitar 140 bahasa serta dialek yang berbeda di Kalimantan. 

4. Madagaskar

Selanjutnya ada Madagaskar yang bersisian dengan Samudra Hindia. Pantai barat Madagaskar menghadap Selat Mozambik, sekaligus daratan Benua Afrika. 

Luas Madagaskar kurang lebih mencapai 587.713 km persegi, serta termasuk ke dalam pulau terbesar di Afrika dan Samudra Hindia. 

Jumlah penduduknya sekitar 28 juta jiwa. Pulau ini memiliki banyak spesies tumbuhan dan hewan, sekitar 0,5 pesen dari jumlah yang ada di dunia. 

5. Pulau Baffin

Pulau Baffin berada di sebelah utara Kanada dan masih termasuk dalam wilayah Nunavut, Kanada. Ibu kota dari Pulau Baffin adalah Iqaluit. 

Diketahui bahwa Iqaluit adalah rumah bagi setidaknya setengah jumlah populasi di Pulau Baffin, sebanyak kira-kira 11.000 jiwa. 

Pulau Baffin memiliki luas daratan mencapai 507.451 km persegi, sehingga menjadi pulau terbesar di Kanada. 

Di pulau ini terdapat beragam satwa liar, di antaranya burung hantu salju (snowy owl), beruang kutub, dan paus beluga. Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan fenomena alam aurora borealis di pulau ini. 

https://travel.kompas.com/read/2022/06/03/070400627/5-pulau-terbesar-di-dunia-ada-pulau-di-indonesia-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke