Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pantai Grajangan Banyuwangi, Punya Ombak Sempurna bagi Para Peselancar

KOMPAS.com - Pantai Grajangan di Kota Banyuwangi menjadi salah satu incaran para peselancar karena gulungan ombaknya yang apik. Pantai ini berjarak sekitar 50 kilometer (km) dari Kota Banyuwangi.

Meski tak begitu terkenal seperti Pantai Plengkung atau G-Land, namun ombak sepanjang 1 km di pantai ini tidak kalah memesonanya bagi para pemburu ombak kanan atau right hander.

“Banyak yang bilang bahwa ombak di Pantai Grajagan menjadi salah satu tempat rahasia atau secret spot yang belum banyak diketahui oleh para peselancar,” demikian kata Komang Ari, peselancar asal Bali yang pertama kali ke Pantai Grajagan pada 2011, dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu (04/06/2022).

Titik terbaik untuk berselancar ada di Plawangan, yang berjarak 300 meter dari bibir pantai. Untuk mencapai titik ini, para peselancar dapat berenang menggunakan papan.

Namun, untuk menuju ke sana, wisatawan harus menyusuri garis pantai bebatuan dari depan pintu masuk Pantai Grajagan.

Spot Plawangan memiliki karakter ombak yang cepat dengan tinggi, bisa mencapai 4 meter di waktu tertentu. Sehingga para peselancar bisa masuk ke dalam gulungan ombak atau barrel (gulungan ombak), dan memberikan sensasi yang luar biasa.

“Ombak di Grajagan bisa diperuntukan bagi peselancar profesional namun buat para pemula yang ingin mencoba sensasi baru juga bisa datang ke sana,” ujar Komang

Menurut Komang, sensasi berselancar di Plawangan merupakan petualangan yang seru untuk menemukan ombak bagus. Sebab, lokasinya berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, sehingga ombak yang dihasilkan pun sempurna.

  • 10 Pantai dengan Ombak Tertinggi di Dunia, Incaran Para Peselancar
  • Berwisata ke Pantai Tanjung Aan Lombok, Bisa Berselancar dan Berenang

Ia bahkan menyebut, tidak ada ombak di Bali yang sebagus ombak Pantai Grajagan.

“Barrel-nya panjang sekali, bisa mencapai 200-300 meter. Ombak sempurna seperti itu tidak ada di Bali. Di sana cuma ada Reef Break, Point Break, Beach Break. Namun beach break di Bali tidak sebagus seperti di Grajagan,” jelas Komang.

Diharapkan ikuti popularitas G-Land

Potensi ombak di pantai Grajangan lantas diharapkan bisa terkenal seperti di G-Land yang kini menjadi tempat diselenggarakannya liga selancar internasional World Surfing League (WSL) Championship Tour (CT) G-Land Pro 2022.

“Mereka (masyarakat) ingin banyak wisatawan yang datang. Dengan banyaknya wisatawan, pasar-pasar ikan di sana bisa maju, desa-desa bisa maju, karena di sana kampung kelayan,” pungkasnya.

  • 10 Pantai dengan Ombak Tertinggi di Dunia, Incaran Para Peselancar
  • Bukan di Atas Ombak Laut Lepas, Begini Keseruan Bono Surfing di Sungai Kampar Riau

Sejalan dengan ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, Indonesia patut bersyukur dikaruniai banyak pantai dengan ombak untuk berselancar yang tersebar di sepanjang pesisir pantai bagian Barat dan Selatan Samudra Hindia.

“Ombak di pantai Indonesia banyak diminati surfer dunia, ini menjadi potensi yang besar dalam mendukung kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat," demikian ujar Menparekraf Sandiaga.

https://travel.kompas.com/read/2022/06/05/120700927/pantai-grajangan-banyuwangi-punya-ombak-sempurna-bagi-para-peselancar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke