Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Panduan Wisata ke Simbar Semeru Lumajang, Nikmati Gagahnya Atap Pulau Jawa

KOMPAS.com – Semeru sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa per Selasa (7/6/2022) masih belum dibuka untuk pendakian.

Meski begitu, selain didaki masih ada cara lain untuk menikmatinya. Salah satunya adalah mengunjungi wisata Simbar Semeru di Lumajang.

Kompas.com sempat berkunjung ke sana pada Senin (16/5/2022). Berikut ini panduan wisata ke Simbar Semeru Lumajang:

Lokasi Simbar Semeru Lumajang

Simbar Semeru tepatnya berada di Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Dari pusat Kabupaten Lumajang, jarak tempuhnya sekitar 38 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang-lebih 1,5 jam sampai area parkir kendaraan.

Transportasi ke Simbar Semeru

Saat ini, wisatawan hanya bisa mengunjungi Simbar Semeru dengan kendaraan pribadi. Itu karena Jembatan Gladak Perak yang utama masih proses pembangunan.

Bus dari Malang ke Lumajang saat ini hanya sampai Terminal Pronojiwo. Sepeda motor adalah pilihan tepat karena bisa melintasi Jembatan Gantung Gladak Perak.

Dari area parkir, wisatawan bisa jalan kaiki sampai spot panorama atau camping selama sekitar 1 jam. Bisa juga gunakan jasa ojek Rp 40.000 untuk naik dan turun.

Jam buka Simbar Semeru Lumajang

Jika ingin langsung berkunjung ke Simbar Semeru, kamu bisa datang pada Sabtu dan Minggu pukul 07.00 WIB sampai 17.00 WIB.

Namun, pengunjung juga bisa datang di luar waktu tersebut dengan konfirmasi terlebih dahulu di nomor +62 812-3458-1789.

“Jika mau datang di luar waktu itu, bisa konfirmasi dulu. Yang jaga tidak ada, sehingga kuncinya harus ambil di penitipan sepeda,” kata pengelola Simbar Semeru bernama Suhariyono kepada Kompas.com, Rabu (18/5/2022).

Fasilitas di Simbar Semeru

Meski berada di bukit dengan ketinggian sekitar 900 sampai 1.000 meter di atas permukaan laut (mdpl), wisatawan tidak perlu khawatir jika hendak buang air.

Itu karena sudah ada fasilitas toilet. Bahkan, ada toilet yang sudah dilengkapi wc duduk, sehingga bisa digunakan untuk buang air besar.

Selan toilet, ada pula fasilitas warung kopi. Pengunjung bisa memesan kopi sampai makanan, seperti lalapan, pecel, sampai lodeh.

Bisa camping di Simbar Semeru

Wisatawan juga bisa berkemah di Simbar Semeru Lumajang. Sebagai info, pemandangan lava pijar Gunung Semeru bahkan bisa disaksikan dari area camping Simbar Semeru.

https://travel.kompas.com/read/2022/06/07/123024527/panduan-wisata-ke-simbar-semeru-lumajang-nikmati-gagahnya-atap-pulau-jawa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke