Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Asal-usul Kota Surabaya, Ada Versi Cerita Pertarungan Sura dan Baya

KOMPAS.com - Surabaya merupakan salah satu kota metropolitan di Indonesia. Ibu kota Jawa Timur ini, merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah DKI Jakarta.

Surabaya memiliki sejarah panjang yang sarat makna, baik bagi penduduk lokal maupun bangsa Indonesia. Adapula asal-usul Kota Surabaya versi dongeng atau cerita yang masyhur di masyarakat. 

Berikut sejarah dan asal-usul Kota Surabaya versi dongeng yang dihimpun oleh Kompas.com. 

Sejarah Kota Surabaya  

Mengutip dari laman resmi Pemerintah Kota Surabaya, sejarah Kota Surabaya kental dengan nilai-nilai kepahlawanan atau heroisme. 

Latar belakang itu yang membentuk arti nama Surabaya secara harfiah. Surabaya terdiri dari kata sura atau suro, yang berarti berani dan baya berarti bahaya.

Secara harfiah, Surabaya berarti berani menghadapi bahaya yang datang. 

Peristiwa bersejarah di Surabaya yang mempunyai nilai heroisme salah satunya adalah pertempuran antara Raden Wijaya dari Kerajaan Majapahit dan pasukan Mongol pimpinan Kubilai Khan. Pertempuran itu terjadi pada 1293. 

Untuk mengenang pertempuran bersejarah itu, maka waktu pertempuran diabadikan menjadi tanggal berdirinya Kota Surabaya, yaitu 31 Mei. Raden Wijaya berhasil memukul mundur pasukan Kubilai Khan. 

Peristiwa heroik lainnya sepanjang sejarah Surabaya adalah pertempuran 10 November 1945. Saat itu, arek-arek Suroboyo dengan berbekal bambu runcing berani melawan pasukan sekutu  yang memiliki persenjataan canggih. 

Puluhan ribu warga meninggal membela tanah air. Peristiwa heroik ini kemudian diabadikan sebagai peringatan Hari Pahlawan. Oleh sebab itu, Kota Surabaya dijuluki sebagai Kota Pahlawan. 

Asal-usul Surabaya versi cerita 

Adapula asal-usul Kota Surabaya versi dongeng atau cerita yang tenar di masyarakat. Berdasarkan informasi dari Kompas.com (4/6/2022), konon terjadi perkelahian sengit antara ikan hiu, yaitu sura atau suro, dengan buaya yaitu baya atau boyo. 

Mereka berkelahi untuk memperebutkan mangsa. Akibat perkelahian itu, air di sekitar keduanya menjadi merah oleh darah. 

Sura menggigit baya di pangkal ekor sebelah kanan, sehingga ekor baya membengkok ke kiri. Sebaliknya, baya juga menggigit ekor sura. 

Pertarungan antara kedua binatang itu sangat berkesan bagi masyarakat Surabaya, sehingga nama Surabaya kerap dikaitkan dengan cerita tersebut. 

Selain itu, lambang Kota Surabaya juga menggunakan gambar ikan hiu dan buaya. Namun, makna lambang tersebut bukanlah pertarungan antara ikan hiu dan buaya. 

Lebih tepatnya adalah simbol ikan sura dan buaya atau baya, sehingga menjadi suro ing baya. Artinya, pemuda Surabaya tidak gentar menghadapi bahaya.

Patung sura dan baya ini dapat kita temui saat mengunjungi Kota Surabaya, tepatnya di depan Kebun Binatang Surabaya. 

https://travel.kompas.com/read/2022/06/07/222940027/asal-usul-kota-surabaya-ada-versi-cerita-pertarungan-sura-dan-baya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke