Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kali Pepe Land, Tempat Wisata Baru Boyolali yang Cocok untuk Keluarga

KOMPAS.com – Wilayah Boyolali, Jawa Tengah, punya tempat wisata baru bernama Kali Pepe Land yang telah melakukan soft opening (pembukaan) pada Selasa (31/5/2022). 

Letaknya di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, dan kini tengah populer, sehingga banyak dikunjungi oleh para wisatawan. 

Dulunya kawasan ini merupakan sebuah area kuliner yang tida terlalu terawat, tapi kini disulap menjadi tempat yang nyaman untuk nongkrong. 

Memasuki kawasan wisata, pengunjung akan disambut pemandangan Kali Pepe beserta jembatan penyeberangan di atas sungai yang tak terlalu besar, namun masih cukup untuk dilewati satu kendaraan roda empat.

Jembatan tersebut menghubungkan tempat parkir utama atau depan dengan deretan food stall (penjualan makanan) serta area makan. 

Sampai di area kuliner dan area makan, tersedia banyak tempat untuk nongkrong, mulai dari area outdoor (luar ruangan) di tengah tempat wisata tanpa atap hingga saung berbentuk segitiga. 

Kemudian, di bagian tepi sungainya juga ada tempat duduk dari kayu dengan atap rumbai-rumbai untuk makan dan minum, sambil menikmati pemandangan sungai. 

Tim Marketing Kali Pepe Land, Fatma, menjelaskan bahwa konsep yang diusung Kali Pepe Land adalah restoran keluarga dengan wahana hiburan menarik. 

“Konsepnya itu restoran keluarga, tapi ada wahana hiburan buat anak-anak serta orangtua,” kata Fatma kepada Kompas.com, Selasa (7/6/2022). 

“Untuk saat ini karena masih soft opening belum grand opening, jadi belum terlalu lengkap wahananya,” tambahnya. 

Wahana yang tersedia saat ini ada kendaraan ATV dan motor mini untuk anak-anak, serta area olahraga untuk orang dewasa, seperti trek jogging dan sepeda. Ada juga hiburan live music. 

Trek jogging dan sepeda di Kali Pepe Land cukup panjang dan alurnya memutar. Selama berolahraga, pengunjung bisa melawati terowongan yang di bagian atasnya dapat dijadikan tempat menikmati pemandangan sungai. 

Tepat di sebelah terowongan juga ada Taman Varigata yang berisi pohon-pohon raksasa yang kemudian ditanam menggunakan metode setek dengan tanaman berjenis varigata. 

“Di Kali Pepe Land, totalnya ada tiga panggung yang bisa digunakan untuk menggelar acara atau gathering,” ucap Fatma. 

Selain panggung, ada juga pendopo yang bisa dipakai sebagai ruang pertemuan. Desain pendoponya dihiasi dengan lampu-lampu berwarna natural. 

Saat malam hari, Kali Pepe Land tampak lebih indah, karena lampu-lampunya mulai menyala. Banyak sekali lampu yang dipasang, dari batang pohon hingga di bagian bangunan.

Jika ingin berkunjung ke Kali Pepe Land Boyolali, jam bukanya mulai pukul 06.00 WIB hingga 22.00 WIB setiap harinya, tanpa libur. 

Kebanyakan pengunjung datang mulai sore hari hingga malam, karena udaranya tak panas dan cenderung sejuk. 

Adapun waktu paling ramai adalah saat malam tiba, karena ada live music yang bisa dinikmati. Bahkan, pengunjung yang ingin membeli minum juga sampai antre cukup panjang. 

  • D’Garden Cafe Selo Boyolali, Kafe di Tengah Taman Bunga Berlatar Gunung Merapi
  • 6 Rekomendasi Wisata di Selo Boyolali, Nikmati Panorama Gunung Merapi

Harga tiket masuk Kali Pepe Land Boyolali

Selama soft opening ini, Kali Pepe Land masih menggratiskan tiket masuknya untuk para pengunjung. 

“Sebenarnya belum mau dibuka, tapi karena melihat antusias para pengunjung diputuskan untuk menggelar soft opening,” tutur Fatma. 

Adapun menu makanan dan minuman di Kali Pepe Land juga beragam, harganya dipatok mulai dari Rp 10.000-an. 

“Makanan yang dijual di Kali Pepe itu ada perbedaan untuk di pagi dan malam hari,” kata Fatma.

“Kalau pagi itu ada bubur, sedangkan malam itu ada bakso, mi, gorengan, ayam goreng, serta minuman mulai es teh hingga kopi,” tambahnya. 

https://travel.kompas.com/read/2022/06/08/193400327/kali-pepe-land-tempat-wisata-baru-boyolali-yang-cocok-untuk-keluarga

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke