Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wisata di Desa Wisata Golo Loni NTT, Bisa Trekking hingga Panen Padi

BORONG, KOMPAS.com - Desa Wisata Golo Loni, Kecamatan Ranamese, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) menawarkan beragam aktivitas wisata untuk dieksplorasi.

Lokasi desa yang dinilai strategis membuat mereka percaya diri mampu memikat tak hanya wisatawan nusantara, tetapi juga wisatawan mancanegara.

Adapun Desa Wisata Golo Loni berlokasi di pinggir jalan Trans Flores Labuan Bajo-Ruteng-Borong sampai ke bagian Timur, dan sebaliknya.

Salah satu aktivitas wisata yang ada di Golo Loni adalah agrowisata, di mana wisatawan akan diajak melihat dan terlibat dalam banyak aktivitas bertani bersama warga desa.

Ada pula aktivitas trekking di Sungai Wae Dingin dan river tubing yang dapat dijajal.

Ini salah satunya dilakukan oleh sejumlah wisatawan asal Jerman yang belum lama ini mengunjungi desa tersebut.

"Hari ini wisatawan yang datang menikmati river tubing lalu ikut panen padi di sawah bersama warga dan mereka menginap di homestay milik warga yang sudah kami siapkan. Kunjungan wisatawan ini merupakan kerja sama baik dengan pihak Sunrise Homestay di Kenda, Kabupaten Manggarai. Selain itu, wisatawan juga memancing ikan di kolam milik warga ditengah sawah," kata Kepala Desa Golo Loni, Johan Okalung, kepada Kompas.com, Rabu (08/06/2022).

Kunjungan wisatawan mancanegara tersebut membuka harapan bagi pengelola desa wisata Golo Loni bahwa paket wisata yang dipromosikan selama ini mulai dilirik wisatawan mancanegara.

Johan mengatakan, ke depannya pihak pengelola akan terus meningkatkan kerja sama dengan berbagai pihak, seperti agen perjalanan maupun pemandu tur di Labuan Bajo agar paket wisata di Desa Golo Loni mampu menggaet lebih banyak wisatawan mancanegara.

Dengan semakin beragamnya paket wisata yang ditawarkan diharapkan lama tinggal wisatawan akan lebih lama dan berdampak pada spending money atau uang yang dibelanjakan oleh wisatawan di sana.

"Kunjungan wisatawan asal Jerman di Desa Golo Loni menunjukkan bahwa obyek wisata sangat diminati oleh para petualang yang ingin merasakan suasana baru. Tentu kerja sama lintas Desa Wisata dengan para agen perjalanan dan operator tur wisata di Pulau Flores mau pun di luar Pulau Flores bahkan agen perjalanan internasional dibutuhkan," ungkap Staf Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai Timur, Albertus Jehamin.

Ia menyebutkan, ada beberapa pilihan wisata overland yang tersedia di Pulau Flores. Selain Labuan Bajo sebagai pintu masuk sejumlah obyek wisata, Kabupaten Manggarai dan Manggarai Timur juga memiliki sejumlah destinasi menarik untuk dieksplorasi, termasuk beberapa di antaranya ada di sepanjang Jalan Trans Flores.

https://travel.kompas.com/read/2022/06/09/100500027/wisata-di-desa-wisata-golo-loni-ntt-bisa-trekking-hingga-panen-padi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke