Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Panduan Wisata Karang Potong Ocean View, Ada Penginapan dan Spot Foto

KOMPAS.com - Karang Potong Ocean View merupakan destinasi wisata di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Daya tarik Karang Potong Ocean View yaitu spot foto Instagramable berlatar belakang hamparan laut biru.

Obyek wisata ini sempat viral di media sosial, karena memiliki spot foto yang menyerupai Santorini, Yunani. Sebelum berkunjung, wisatawan perlu mengetahui panduan wisata Karang Potong Ocean View mulai dari jam buka, harga tiket masuk, fasilitas, penginapan, dan rute menuju lokasi. 

25 spot foto Instagramable 

Bagian Pemasaran Online Karang Potong Ocean View, Aldi mengatakan, destinasi wisata ini menawarkan sekitar 25 spot foto Instagramable. Mayoritas spot foto itu mempunyai pemandangan langsung ke laut selatan. 

Sejumlah spot foto Instagramable itu meliputi bangunan ala Santorini Yunani, balon udara, ayunan, jaring-jaring, rumah kaca, dan sebagainya. 

“Kami lebih fokus ke view (pemandangan) laut selatan, karena memang pada intinya kami menawarkan spot foto dengan latar belakang laut eksotis,” jelasnya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (10/6/2022). 

Ia mengklaim, Karang Potong Ocean View merupakan tempat wisata yang pertama kali mengusung konsep unik tersebut. Selama ini, lanjutnya, wisatawan lebih familiar dengan deretan pantai di Kabupaten Garut, Jawa Barat seperti Pantai Rancabuaya dan Pantai Santolo.

Oleh sebab itu, pihak pengelola ingin mengusung konsep yang berbeda guna mengenalkan Pantai Karang Potong. Wisatawan tak perlu khawatir terkendala ombak besar laut selatan karena lokasinya berada di bukit pada tepi Pantai Karang Potong. 

“Kalau pantai ini bergantung ombak, tidak bisa setiap saat main air di pantai, seperti sekarang ini ombak sedang besar jadi tutup dulu,” jelasnya. 

Jam buka Karang Potong Ocean View

Karang Potong Ocean View buka setiap hari mulai pukul 06.00 sampai dengan 18.00 WIB. Namun, Aldi mengatakan jam operasional bisa diperpanjang jika pengunjung masih ramai. 

“Kami fleksibel. Kalau pengunjung masih banyak bisa tutup pukul 20.00 atau 21.00, maksimal pukul 21.00, tapi paling sering pukul 18.00 karena pengunjung sore hari mulai landai,” terangnya.

Menurutnya, waktu berkunjung terbaik adalah sore hari, sehingga wisatawan bisa menikmati panorama matahari terbenam. Selain itu, perjalanan menuju lokasi lebih teduh karena terik matahari sudah berkurang. 

Harga tiket masuk Karang Potong Ocean View

Harga tiket masuk Karang Potong Ocean View tergolong ramah di kantong. Wisatawan hanya perlu merogoh kocek Rp 20.000 per orang untuk membeli tiket masuk pada Senin-Jumat (weekday). 

Sedangkan, harga tiket masuk pada akhir pekan (weekend) adalah Rp 25.000 per orang. Tarif tiket tersebut sudah termasuk foto pada semua lokasi Karang Potong Ocean View. 

“Ada sekitar 25 spot foto. Kalau sudah masuk beli tiket itu bebas mau foto selama apapun, selama gelang tiket tidak hilang,” terang Aldi. 

“Untuk penginapan, kami ada dua tipe yaitu resort dan cabin box,” ujar Aldi. 

Karang Potong Ocean View Resort, lanjutnya, terdiri dari lima unit. Semua resort tersebut dilengkapi dengan private pool, area santai, serta pemandangan langsung ke laut. 

“Jadi, buka pintu kamar pemandangannya langsung laut,” tuturnya. 

Selain private pool, Karang Potong Ocean View Resort memiliki fasilitas dengan AC, wifi, TV , kamar mandi dalam dengan air panas dan dingin, pemanas air minum, peralatan mandi, dan sebagainya. 

Para tamu juga mendapatkan dua paket sarapan dan air mineral, kopi, serta teh. Kapasitas Karang Potong Ocean View Resort maksimal dua orang, namun tersedia kasur tambahan (extra bed). 

“Kapasitas resort dua orang, tapi bisa extra beda, jadi di atas empat orang wajib extra bed,” tuturnya. 

Adapun, harga Karang Potong Ocean View Resort adalah Rp 1,2 juta pada Minggu-Kamis dan Rp 1,5 juta pada Jumat-Sabtu. Aldi mengatakan, tarif tersebut sudah termasuk tiket masuk semua spot foto Karang Potong Ocean View untuk dua orang. 

Sementara itu, Karang Potong Ocean View Cabin Box terdiri dari 15 unit. Kapasitasnya hanya dua orang, tanpa extra beda. 

Aldi mengatakan, terdapat tiga jenis Karang Potong Ocean View Cabin Box. 

“Tipenya berbeda, ada Ocean, Tropical, dan Atlantik. Bedanya di bentuk bangunan, ada yang kotak, ada yang seperti rumah biasa, ada yang bentuk atapnya segitiga siku. Kalau fasilitas di dalam sama saja,” terangnya. 

Fasilitas Karang Potong Ocean View Cabin Box meliputi AC, wifi, kamar mandi luar, pemanas air minum, peralatan mandi, dan sebagainya. 

“Bedanya dengan resort, kamar mandi di luar tapi masih di area cabin box, khusus pengunjung cabin box, bukan toilet umum bersama dengan pengunjung,” tuturnya. 

Adapun, harga Karang Potong Ocean View Cabin Box adalah Rp 550.000 pada Minggu-Kamis dan Rp 650.00 pada Jumat-Sabtu. 

Serupa, tarif tersebut sudah termasuk tiket masuk semua spot foto Karang Potong Ocean View serta paket sarapan untuk dua orang.

Jika kamu ingin bermalam di  Karang Potong Ocean View, maka harus melakukan reservasi terlebih dahulu. Aldi menuturkan, saat ini reservasi baru bisa dilakukan melalui nomor resepsionis yang tertera pada Instagram resmi Karang Potong Ocean View, @karangpotongoceanview. 

“Untuk penginapan, saat ini kami belum ada kerja sama dengan aplikasi pemesanan tiket online. Jadi, untuk reservasi dan booking melalui nomor resepsionis,” jelasnya. 

Lokasi Karang Potong Ocean View

Karang Potong Ocean View berada di Kampung Sedekan, Desa Saganten, Kecamatan Sindangbarang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Jaraknya dari Kota Bandung, Jawa Barat cukup jauh yakni 125 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar empat jam. 

Aldi mengatakan, ada dua alternatif rute dari Bandung ke Karang Potong Ocean View, yakni melalui Ciwidey dan Pangalengan. 

Apabila melalui jalur Ciwidey, maka jarak tempuhnya lebih dekat. Namun, kondisi jalan agak sempit, berkelok, dan terjal. 

“Kalau lewat Pangalengan lebih jauh, tapi kontur jalan agak baik dari jalur Ciwidey, lebih luas, untuk kelokan dan turunan tidak begitu terjal seperti Ciwidey,” terangnya. 

https://travel.kompas.com/read/2022/06/11/222033627/panduan-wisata-karang-potong-ocean-view-ada-penginapan-dan-spot-foto

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke