Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Panduan Wisata Kali Pepe Land Boyolali, Pas buat Nongkrong hingga Malam

KOMPAS.com – Kali Pepe Land dikenal sebagai tempat wisata baru di Kecamatan Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah. 

Konsepnya adalah tempat wisata keluarga dengan wahana hiburan untuk pengunjung dewasa sampai anak-anak. Daya tarik Kali Pepe Land berasal dari lokasinya yang ada di dekat sungai. 

Sebelum ada tempat wisata ini, pinggir Sungai Kali Pepe pada zaman dahulu hanyalah sebuah area kuliner yang tak terawat.

Memasuki kawasan wisata, pengunjung akan disambut pemandangan sungai beserta jembatan penyeberangan yang tak terlalu besar.

Setelah melewati jembatan, pengunjung akan melihat deretan food stall serta area nongkrong yang cukup luas. Pengunjung bisa memlih ingin duduk di saung-saung pinggir sungai atau di area outdoor-nya (luar ruangan).

Saungnya unik karena ada yang berbentuk segitiga dan ala rumah bambu.  

Setiap pohon di kawasan wisata ini, khususnya yang ada di bagian tengah, sengaja dihiasi lampu warna-warni agar suasananya makin meriah. 

Sebelum berkunjung, alangkah baiknya untuk mengetahui panduan wisata lengkap ke Kali Pepe Land, mulai dari jam buka hingga harga tiketnya, berikut ini:

Jam buka Kali Pepe Land Boyolali

Jika ingin menikmati fasilitas dan wahana di Kali Pepe Land, pengunjung bisa mulai datang dari pukul 09.00 WIB hingga 22.00 WIB. 

Kebanyakan pengunjung datang dari sore hingga malam hari, karena pada saat-saat tersebut cuacanya sudah mulai bersahabat dan tak terlalu panas. 

Tim Marketing Kali Pepe Land, Fatma, mengatakan bahwa Kali Pepe Land mulai ramai saat malam tiba. 

“Ramainya itu mulai malam. Pengunjung banyak yang berdatangan karena tiap hari ada live music di Kali Pepe Land,” ujar Fatma kepada Kompas.com, Selasa (7/6/2022). 

Selain bisa menikmati live music setiap malam di Kali Pepe Land, pengunjung juga bisa bersepeda serta jogging di area wisata. 

Trek olahraganya berbentuk melingkar, serta mengelilingi area outdoor Kali Pepe Land.  

Pengunjung disarankan untuk memakai sepatu saat jogging atau bersepeda karena treknya diisi dengan bebatuan kecil. Jika tanpa alas kaki, ditakutkan bebatuan kecilnya bisa melukai atau menempel ke kaki. 

Kali Pepe Land juga menyediakan tempat pertemuan berupa pendopo kayu yang dihiasi lampu-lampu berkesan natural. 

“Jumlah pendoponya itu ada tiga, di bagian sisi kanan, tengah, dan kiri area wisata,” kata Fatma.

“Bisa juga mengadakan gathering di Kali Pepe Land, untuk biayanya gratis, hanya saja nanti jika menyewa sound system dan tenda ada biayanya,” sambungnya.

Kemudian, untuk anak-anak bisa naik ATV dan motor mini. Sebenarnya ada juga kolam renangnya, tapi untuk saat ini masih dalam proses pengerjaan. 

Jika lapar, pengunjung bisa menyantap aneka menu makanan dan minuman di tempat ini. Menunya cukup beragam, dari bakso, mie goreng, gorengan, kentang goreng, es teh, hingga berbagai jenis kopi.  

Lokasi Kali Pepe Land berada di Boyolali, tapi jaraknya lebih dekat jika dari pusat Kota Solo atau sekitar 12,9 kilometer (km). 

Sementara itu, wisatawan yang dari pusat Kota Boyolali menuju ke Kali Pepe Land harus menempuh perjalanan sejauh 24,6 km. Lebih dekat lagi dari Bandara Adi Soemarmo, jaraknya kurang lebih hanya 3,2 km. 

Sayangnya, moda transportasi umum langsung ke kawasan wisata Kali Pepe Land belum tersedia. 

“Transportasi umum menuju ke Kali Pepe Land kelihatannya belum ada ya. Jadi lebih enak naik kendaraan pribadi saja motor atau mobil,” ucap Fatma. 

Walaupun belum ada moda transportasi umum yang bisa langsung menjangkau Kali Pepe Land, pengunjung bisa memilih alternatif lain dengan naik ojek online (ojol). 

Menuju Kali Pepe Land dari Solo 

Dari pusat Kota Solo, jika ingin menuju ke Kali Pepe Land bisa lewat Jalan Dr. Rajiman, kemudian ambil arah ke Jalan Kebangkitan Nasional.

Lanjutkan perjalanan ke Jalan Dr. Wahidin, kemudian menuju ke Jalan Adi Sucipto. Belok kiri setelah Soto Koe yang ada di sebelah kiri.

Melaju terus sampai melewati Angkringan Mr. Popo di sebelah kanan, ikuti rute ke Banaran, lalu belok kiri setelah Mie Ayam Pak Sulur. Nantinya kamu akan menemukan lokasi Kali Pepe Land di sebelah kiri jalan. 

Menuju Kali Pepe Land dari Boyolali 

Jika dari pusat Kota Boyolali, dari bundaran bisa ambil jalan keluar pertama menuju ke Jalan Semarang – Surakarta. Setelah melewati Soto Pojok, belok ke kiri menuju Jalan Tentara Pelajar.

Kemudian, belok kiri lagi menuju Jalan Adi Sumarmo, terus hingga melewati Wedangan Pak Pong di sebelah kanan. 

Selanjutnya belok kanan ke Jalan Embarkasi H, ikuti jalur hingga menemukan plang Kali Pepe Land. Lokasi yang dituju akan ada di sebelah kanan. 

Harga tiket Kali Pepe Land Boyolali

Fatma menjelaskan jika selama soft opening (pembukaan) pada Selasa (31/5/2022) lalu, tiket masuknya masih digratiskan. 

“Harga tiket masuknya masih gratis sekarang, perkiraan berapa harganya (nanti) masih belum tahu ya,” tuturnya. 

Meski gratis ada biaya parkirnya juga, untuk motor Rp 3.000 sedangkan mobil Rp 5.000 per kendaraan.  

Wahana seperti ATV dan motor mini juga ada biaya sendiri. Sekali naik dikenai biaya Rp 20.000. 

"Untuk menu makanan di Kali Pepe (Land) itu mulai dari harga Rp 10.000 per porsinya,” kata Fatma.

https://travel.kompas.com/read/2022/06/13/070400027/panduan-wisata-kali-pepe-land-boyolali-pas-buat-nongkrong-hingga-malam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke