Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pergi ke Amerika Serikat Kini Tak Perlu Tes Covid-19

KOMPAS.com - Masuk ke Amerika Serikat kini tak perlu menyertakan hasil tes negatif Covid-19, termasuk bagi para pelancong asing.

Aturan ini telah berlaku sejak pukul 12.01 pagi waktu setempat, pada Minggu (12/06/2022).

Pencabutan syarat tes Covid-19 bagi pelancong yang memasuki AS diterapkan setelah aturan tersebut berlaku selama lebih dari setahun.

Keputusan diambil setelah adanya berbagai permintaan dari industri perjalanan, termasuk sejumlah maskapai, yang terus-menerus mendesak pemerintah AS untuk mencabut syarat tes Covid-19.

“Langkah ini terjadi karena kemajuan yang telah kami buat dalam perjuangan melawan Covid-19."

"Saat ini, kami memiliki vaksin penyelamat dan perawatan yang tersedia secara luas, efektif melawan varian yang umum, serta mencegah penyakit serius dan kematian,” ujar Sekretaris U.S. Department of Health & Human Services, Xavier Becerra, dikutip dari laman Departemen Kesehatan & Layanan Kemanusiaan AS (HHS), Senin (13/6/2022).

Hal ini ia sampaikan setelah Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mengumumkan bahwa berdasarkan riset dan data, tes Covid-19 pra-keberangkatan pelancong jalur udara ke AS tidak lagi wajib dilakukan.

“CDC terus merekomendasikan pengujian Covid-19 sebelum perjalanan udara dalam bentuk apa pun dan tidak ragu untuk mengembalikan persyaratan tersebut jika diperlukan nanti. Memastikan keselamatan dan kesejahteraan warga Amerika adalah prioritas utama kami,” imbuhnya.

Aturan masuk Amerika sebelumnya

Dilansir dari Travel and Leisure, Gedung Putih pertama kali memperkenalkan aturan pengujian pada Januari 2021, yang mengharuskan pelancong untuk diuji dalam waktu tiga hari setelah penerbangan internasional.

Aturan tes ini kemudian dipersingkat menjadi satu hari pada bulan Desember, meski di tengah munculnya varian baru omicron.

Sementara, pelancong AS yang tiba melalui darat tidak diminta untuk menunjukkan bukti tes negatif di penyeberangan perbatasan darat untuk masuk.

Adapun keputusan ini akan ditinjau oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) dalam 90 hari.

Sebagai informasi, beberapa negara di seluruh dunia telah mencabut tes pra-keberangkatan dan pembatasan perjalanan terkait Covid-19.

Di antaranya seperti Italia, yang mencabut semua aturan perjalanan terkait Covid-19 pada awal bulan ini.

Lalu, ada Inggris Raya, Swedia, Islandia, Irlandia, dan Kroasia yang juga telah mencabut semua aturan terkait Covid-19.

Presiden dan CEO Asosiasi Perjalanan AS, Roger Dow, mengatakan bahwa sebelumnya, persyaratan pengujian masuk telah menjadi penghalang bagi beberapa pelancong internasional.

"Hari ini menandai langkah maju besar lainnya untuk pemulihan perjalanan udara masuk dan kembalinya perjalanan internasional ke Amerika Serikat," kata Dow.

https://travel.kompas.com/read/2022/06/13/230519127/pergi-ke-amerika-serikat-kini-tak-perlu-tes-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke